Skip to main content

Puasa Mendekatkan Diri Kita Kepada Allah SWT

Kemenag Kab. Karimun – Salah satu cara untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan berpuasa di bulan ramadhan karena dengan selama berpuasa kita akan melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Demikian penjelasan Kasubbag TU Kemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Jamzuri saat menyampaikan Tausiyah usai shalat Zhuhur berjamaah di Masjid An-Nur-Bukit Senang hari ini, senin (7/7/2014).

Sebelum tausiyah disampaiakan oleh H. Jamzuri, dari Kementerian Agama Kabupaten Karimun menyerahkan bantuan Al-Quran sebanyak 10 buah kepada pengurus Masjid An-Nur yang diserahkan oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Drs. H. Samsudin. 

Dalam uraiannya H. Jamzuri mengutip firman Allah SWT:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183).

“Dalam melaksanakan puasa seorang muslim meninggalkan apa yang Allah larang yaitu makan dan minum meski pun ada keinginan untuk makan dan minum karena lapar atau haus. Namun semua itu ditinggalkan karena ingin mendekatkan diri pada Allah dan mengharap pahala dari-Nya dan ia menyadari bahwa Allah selalu mengawasinya.” lanjut H. Jamzuri.

Selanjutnya H. Jamzuri membacakan surat Al-Baqarah ayat186 yang artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

“Insya Allah, karena di bulan puasa ini kita semakin dekat kepada Allah, maka doa-doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT sebagaimana janji Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 186 yang saya bacakan tadi.”tutupnya.

Comments