Skip to main content

Wibowo, Ama: Allah Meninggikan Derajat Orang-Orang Yang Beriman dan Berilmu.

Tampak Wibowo, A.Ma pegawai Kemenag Kab. Karimun Seksi Pendis saat menyampaikan Tausiyah di Masjid Al-Ikhlas Kecamatan Tebing, Kamis, (3/7/2014)
Kemenag Kab. Karimun - Allah SWT mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat, semakin tinggi keimanan dan ilmu seseorang maka semakin tinggi derajatnya. Allah menyandingkan kata Iman dan Ilmu, hal ini mengandung beberapa konsekuensi, yaitu bahwa orang yang mengaku beriman wajib hukumnya untuk menuntut ilmu, sementara orang yang berilmu namun tidak beriman maka ilmunya hanya akan menimbulkan kerusakan bagi orang lain dan dirinya sendiri.Hal ini diungkapkan oleh Wibowo, A.Ma saat menyampaikan Kultum usai Shalat Zhuhur bersama di Masjid Al-Ikhlas Kecamatan Tebing, Kamis (3/7/2014) dalam rangka kegiatan Safari Zhuhur yang diselenggarakan oleh Kemenag Kab. Karimun.

Sebelum Kultum yang disampaikan oleh Wibowo ada pemberian bantuan Al-Quran sebanyak 10 buah kepada Pengurus Masjid Al-Ikhlas ini yang diserahkan oleh Camat Tebing H. M. Syahruddin, S.Ip.,M.Si  yang saat itu turut hadir dalam kegiatan Safari Zhuhur.

Iman dan Ilmu hendaknya tidak terpisahkan pada diri seseorang, jika hilang salah satunya maka akan membuatnya memiliki derajat yang rendah baik di dunia maupun di akhirat. Selanjutnya Wibowo membacakan firman Allah SWT yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.(QS. Al-Mujaadilah: 11)

“Ayat di atas menunjukkan betapa tingginya derajat orang-orang yang berilmu, beramal shaleh dan berjihad di jalan Allah. Bukan hanya dihargai dan dihormati oleh sesamanya, akan tetapi Allah pun mengangkat derajat orang-orang yang berilmu.” lanjut Wibowo

“Ilmu adalah cahaya. Tanpa ilmu, manusia buta. Tanpa ilmu, manusia pasti binasa. Begitulah ilmu. Ia merupakan kebutuhan pokok manusia. Karena pentingnya ilmu, Allah memerintahkan nabi untuk selalu meminta tambahan ilmu. وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا  (114) [طه/114]  Dan katakanlah, “Wahai Tuhanku! Tambahkanlah padaku ilmu.” Thaha: 114.

Comments