Skip to main content

Drs. Riadul Afkar: OSIS di Madrasah Sebagai Wadah Kreativitas Siswa

Drs. Riadul Afkar berfoto bersama peserta Pembinaan Manajemen OSIS Madrasah (18/7/2014)
Kemenag Kab. Karimun - OSIS merupakan satu-satunya wadah di Madrasah. Untuk itu OSIS di Madrasah diminta mampu menampung dan menyalurkan kreativitas siswa-siswi di Madrasah baik melalui kegiatan kokurikuler maupun ekstrakurikuler.  Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kasi Pendidikan Islam Kemenag Kabupaten Karimun Drs. Riadul Afkar saat menyampaikan materi Pembinaan Manajemen OSIS di Madrasah, selasa (18/7/2014) lalu di Hotel Maximilian.

Lebih lanjut Drs. Riadul Afkar menyampaikan bahwa untuk menunjang tercapainya keberhasilan kegiatan kurikuler dalam OSIS diharapkan pula mampu meningkatkan peran serta inisiatif siswa untuk:
  1. Mempertebal ketaqwaan tehadap Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Menjaga dan menciptakan sekolah sebagai Wiyatamandala (lingkungan pendidikan) agar terhindar dari usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan tujuan pendidikan nasionalsehingga terciptanya suasana kehidupan belajar mengajar yang efektif dan efisien, serta tertanamnya rasa hormat dan cinta terhadap orang tua, guru, dan almamater dikalangan siswa.
  3. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa, agar menjujung tinggi kebudayaan nasional dan mampu menjaring pengaruh kebudayaan yang datang dari luar yang bertentangan dengan kepribadian Indonesia.
  4. Meningkatkan persepsi, apresiasi, dan kreasi seni dalam rangka tercapainya keselarasan,dan keseimbangan antara kehidupan lahiriah dan kepuasan batiniah serta menumbuhkan rasa indah dan halus sebagai dasar pembentukan kepribadian dan budi pekerti luhur.
  5. Menumbuhkan dan membina sikap berbangsa dan bernegara.
  6. Meneruskan dan mengembangkan semangat, serta nilai-nilai 45; dan
  7. Meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi guna tercapainya keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani
"Namun harus kita akui, bahwa harapan diatas masih jauh dari yang diharapkan. Namun kedepan kita harapkan bisa dilaksanakan oleh OSIS di Madrasah kita. Sehingga peran dan fungsi OSIS di Madrasah benar-benar dirasakan manfaatnya oleh semua siswa-siswi di madrasah." tambah Drs. Riadul Afkar.

Comments