Skip to main content

H. Junaidi, M.Pd.I Berbagi Ilmu Tahsinul Qiro'ah Kepada Guru TPQ Karimun




Kabupaten Karimun - H. Junaidi, M.Pd.I Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an Provinsi Kepri, Jumat (1/5/2015) kemarin berbagi ilmu bersama guru TPQ di Kabupaten Karimun dengan mengajarkan materi Tahsinul Qiro'ah.

Banyak hal yang diajarkan oleh H. Junaidi, yakni tentang Ilmu Tajwid Tingkat Dasar, Ilmu Tajwid Tingkat Mahir dan Tilawah Al-Quran.

“Setelah mengikuti bimbingan dan pelatihan ini saya berharap guru-guru TPQ di Kabupaten Karimun mampu memahami ilmu tajwid baik secara teori dan bisa mengaplikasikannya dalam bacaan Al Qur’an.” Harapnya.

Pembelajaran dan pelatihan yang disampaikan oleh  H. Junaidi ini sangat menarik perhatian peserta karena disampaikan secara intraktif dan tidak monoton. Selain menyampaikan materi dengan ceramah pelajaran ada tanya-jawab, diskusi dan simulasi.

Untuk materi Ilmu Tajwid Tingkat Dasar materi yang disampaikan adalah tentang; Definisi Ilmu Tajwid, Dasar Mempelajari Ilmu Tajwid, Tujuan Mempelajari Ilmu Tajwid, Tempo Bacaan Al Qur’an, Kesalahan Jali Dan Khafi, Cara Membaca Ta’awwudz, Basmalah Dan Awal Surah, Cara Membaca Basmalah Diantara Dua Surah, Makharijul Huruf, Sifat Huruf, Nun Sukun Dan Tanwin, Mim Sukun, Mim Dan Nun Bertasydid Dan Al Mad Wa Al Qashr.

Sedangkan untuk materi Tajwid tingkat Mahir, materi yang disampaikan yakni tentang; Bacaan Idgham, Lam Ta’rif dan Lam Jalalah, Fawatihusuwar / Huruf Muqatha’ah, Tafkhim dan Tarqiq, Hamzah Washl, Gharib (Bacaan Musykil), Perbedaan Thariq Asy Syatibiyah dan Thariq Thayyibatunnasyr, dan Penyelesaian bertemunya dua huruf sukun (Takhallush Min Iltiqqis Suakinain)

Dan terakhir, H. Junaidi menyampaikan materi tentang Tilawah Al-Quran.

“Lagu-lagu masyhur di kalangan para Qari’ yang dapat dibawakan secara murattal adalah Bayati, Shaba, Nahawand, Hijaz, Rast, Jiharka, Sika.” paparnya.

Dan sebagai referensi atau contoh bacaan yang dapat kita tiru sebagai acuan dalam mempelajari lagu-lagu murattal menurut H. Junaidi antara lain adalah bacaan oleh para Qari’ masyhur seperti : Asy Syeikh Mahmud Khalil Hushari, Asy Syeikh Shiddiq Al Minsawi, Asy Syeikh Abdul Basith Abdul Shamad, Asy Syeikh DR. Abdurrahman Huzhaifi, Asy Syeikh Muhammad Al Matrud, Asy Syeikh DR. Abdul Rahman As Sudais, Asy Syeikh Misyari Al ‘Afasi, Asy Syeikh Hani Al Rifai’, Asy Syeikh Maher Al Muaiqly.

“Setelah mengikuti pelatihan ini saya sangat mengharapkan agar guru-guru TPQ mampu membaca Al Qur’an secara benar menurut kaidah ilmu Tajwid dengan bacaan berirama (lagu) secara murattal (martabat tartil) serta dapat memberi contoh bacaan secara benar kepada anak-anak didik (santri) di TPQ nantinya.” harapnya..

Comments