Skip to main content

H. Afrizal Buka Kegiatan Bimtek Kurikulum 2013 Bagi Guru Madrasah MTs

Ka. Kankemenag Kab. Karimun, Drs. H. Afrizal
Kabupaten Karimun - Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal, Kamis (11/06/2015) secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 bagi guru Madrasah MTs se-Kabupaten Karimun.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Jamiatul Birri Masjid Agung Kabupaten Karimun ini diikuti sebanyak 50 peserta utusan dari guru MTs se-Kabupaten Karimun, dan akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 11 Juni hingga 14 Juni 2015.

"Peningkatan kompetensi dan profesionalisme Guru memegang peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan." ungkap H. Afrizal saat membuka kegiatan Bimtek.

Guru, lanjut Drs. H. Afrizal, adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

"Untuk menjadi guru yang profesional maka guru harus memiliki kompetensi, yakni Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Personal, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial." lanjutnya.

Drs. H. Afrizal juga menyampaikan bahwa jika guru memiliki kompetensi dan  profesional maka semakin mudah siswa menerima pelajaran.

"Tiga aspek yang juga perlu menjadi perhatian guru adalah kemampuan umum guru, pandangan guru terhadap profesi dan sikap dalam menjalankan tugas," tambahnya.
 
Ia juga mengingatkan bahwa guru adalah wakil orang tua di madrasah jadi harus ada hubungan yang harmonis, harus terjalin komunikasi yang efektif antara guru dan murid.

"Untuk itu bapak dan ibu harus menjadi guru yang menyenangkan dan disayangi bagi murid-murid. Tampillah di Kelas dengan prima, bersikap bijaksana, selalu ceria dalam mengajar, kendalikan emosi, menjawab setiap pertanyaan siswa, tidak sombong dan harus qonaah." pesan H. Afrizal.

"Untuk itu, mengajarlah dengan penuh kesabaran dan kasih sayang," tutupnya.

Comments