Skip to main content

Dinas Kesehatan Karimun Beri Bantuan Logistik Obat Kepada JCH Karimun 1436 H/2015 M

Dinas Kesahatan Karimun saat membagikan bantuan logistik kesehatan haji keapda JCH Karimun 1436 H/2015 M
Karimun (Humas) - Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun memberikan bantuan logistik haji kepada JCH Kabupaten Karimun 1436 H/2015 M yang akan berangkat pada tanggal 7 September 2015 besok.

Penyerahan tersebut dilakukan pada acara kegiatan Pembinaan Jamaah Calon Haji Persiapan Keberangkatan yang diselengarakan oleh Kankemenag Kabupaten Karimun, Minggu (6/9/2015) di Gedung Nasional.

"Biasanya jamaah haji diberi buku kesehatan namun kali ini diberi dalam bentuk lembaran pamflet namun isinya sama. Selanjutnya pada tahun ini dari Dinas Kesehatan memberikan bantuan masker dan obat-obatan," jelas Sugianto perwakilan dari Dinas Kesehatan.

Ia juga menjelaskan bahwa obat-obatan yang diberikan dibagi dalam 2 kelompok yakni yang diberikan langsung kepada jamaah dan yang dititipkan melalui TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia).

"Karena obat-obat yang kami titip melalui TKHI tidak bisa digunakan tanpa pengetahuan dari petugas kesehatan," jelasnya.

Adapun logistik kesehatan yang diberikan langsung kepada jamaah haji Karimun yakni BKJH, Masker, supravit, counterpaint, dextral dan fludant.

Sedangkan obat-obatan yang dititipkan melalui TKHI adalah Amiodipin 10 mg, Amiodipin 5 mg, Renadinac 25 mg Simvastatin 10 mg dan Ventolin Inhaoler.

"Logistik kesehatan untuk jamaah ini kita berikan melalui Ketua Regu," ujarnya.

"Untuk masker itu setiap jamaah dapat 25 masker dan bisa dipakai untuk 2 hari 1 maskernya, untuk Supravit itu diminum 1 kali 1 hari, ada 40 butir isinya dalam 1 botol jadi cukup untuk selama di Arab Saudi," tambahnya.

"Dan bagi bapak-ibu yang pegal-pegal bisa menggunakan counterpaint dengan cara dioles, tapi untuk diketahui counterpaint ini sedikit panas, jadi oleskan secukupnya," terangnya.

"Sedangkan untuk obat batuk, bapak ibu harus mengkonsultasikan dulu dengan dokter kloter yang bertugas agar tidak over dosis dengan obat batuk yang bapak ibu bawa," pungkasnya.

Usai memberikan penjelasan, Sugianto yang didampingi temannya langsung membagikan bantuan logistik kesehatan haji kepada ketua regu JCH Karimun.

Comments