Skip to main content

Pesan H. Nurdin Basirun pada JCH Karimun 1436 H/2015 M

Karimun (Humas) - Bupati Karimun H. Nurdin Basirun, Sabtu (08/8/2015) lalu memberikan kata sambutan, pengarahan sekaligus melepas secara resmi pada acara Halal bi Halal dan Pelepasan JCH Kabupaten Karimun 1436 H/2015 M yang diselenggarakan oleh IPHI Kabupaten Karimun yang berlangsung di Balai Pertemuan Haji Kecamatan Tebing.
 
H. Nurdin diawal penyampaian menilai bahwa Balai Pertemuan Haji yang ada saat ini kedepannya mungkin tidak akan representatif lagi karena  jumlah haji dan hajjah Karimun yang terus bertambah setiap tahunnya, karenanya ia menyampaikan agar Balai Pertemuan Haji Tebing diserahkan ke Kecamatan atau Kabupaten agar dibangun Asrama Haji yang representatif.

Silaturrahmi sebaiknya jangan menunggu acara halal bi halal, pada bulan syawal ,tiap hari, hari apapun wajib kite menjaga silaturrahmi, supaya persatuan terjalin antara kita sesama manusia, juga bagian dari perintah agama, dimana hubungan kita dengan Allah dan manusia jika tidak kita jaga, semua amal ibadah kita akan terganjal.

H. Nurdin Basirun mengapresiasi acara Halal Bi Halal dan Pelepasan Jamah Calon Haji Karimun 1436 H/2015 M yang diselenggarakan oleh IPHI Kabupaten Karimun ini. Dan Pemerintah Kabupaten Karimun bersama masyarakat juga akan mengadakan acara pelepasan kepada JCH Kabupaten Karimun yang berangkat tahun ini.

"Insya Allah, biasanya nanti masyarakat juga akan melepaskan melalui pemerintah Kabupaten Karimun," jelasnya.

H. Nurdin Basirun menjelaskan bahwa Haji yang mabrur itu bisa dilihat dari sikap dan tingkah laku. Ia pun menganalogikan dengan fenomena selama bulan puasa dimana ibadah orang meningkat, masjid dipenuhi dengan orang yang ingin beribadah namun setelah usai bulan puasa terjadi perubahan 360 derajat.

"Seolah-oleh ibadah itu pakai musim-musim, saya juga  khawatir nanti ada terjadi istilahnya haji tomat, waktu berangkat bukan main tobat tapi balik dari haji penyakit lama kumat." katanya.

Ia juga mengamini pernyataan dari Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal, agar tidak terlalu banyak acara pelepasan, khawatir yang wajibnya lupa karena lebih banyak seremonial, belum lagi kelelahan dari JCH yang akan berangkat.

"Saya selalu bertanya apakah pelayanan yang diberikan pemerintah ini sudah maksimal atau belum ?," katanya, dan ia meminta bisa memberikan masukan untuk perbaikan kedepan agar menjadi lebih baik.

"Dan tak kalah penting jalinkan kekeluargaaan antara masyarakat karimun selama di tanah suci, dan jangan tergantung kepada petugas dan jadilah jamaah haji yang mandiri, dan itu kan mempermudah bapak-ibu dalam menjalankan ibadah,"pesannya.

Ia juga berpesan agar berhati-hati, jangan mudah terbujuk rayuan dari orang-orang yang tidak bisa dipertanggungjawabkan seperti adanya jasa membantu mencium hajar aswad. Dan jangan pula sibuk dengan berbelanja sehingga lupa dengan tujuan awal pergi haji untuk beribadah.

"Selamat berangkat, silaturrahmi harus tetap terjalin, mohon doakan Karimun, Kepri dan Indonesia ini bertambah baik," pintanya.

Sebagai penutup H. Nurdin Basirun secara resmi melepaskan JCH Kabupaten Karimun 1436 H/2015 M 

"Bismillah hirrahmanirrahim, jamaah calon haji Kabupaten Karimun tahun 1436 Hijriah bersamaan  2015 masehi sama-sama kita lepas dan doakan, mudah-mudahan Allah swt memberikan kemudahan dan menjadikan mereka haji yang mabrur. Wabillahitaufiq walhidayah wassalamualaikum warohmatullah hiwabarokatuh." tutupnya.atas nama IPHI Kabupaten Karimun. "Bismillah hirrahmanirrahim, jamaah calon haji Kabupaten Karimun tahun 1436 Hijriah bersamaan  2015 masehi sama-sama kita lepas dan doakan, mudah-mudahan Allah swt memberikan kemudahan dan menjadikan mereka haji yang mabrur. Wabillahitaufiq walhidayah wassalamualaikum warohmatullah hiwabarokatuh." tutupnya.

Comments