Skip to main content

BKKBN Provinsi Kepri: Usia Ideal Pernikahan, Perempuan 21 Tahun dan Laki-Laki 25 Tahun

Karimun (Humas) - Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Riau Sugiyono, SPd, MM menyampaikan usia yang ideal untuk menikah itu adalah 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki. Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Kursus Pra Nikah Bagi Remaja Usia Nikah dan Calon Pengantin di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Selasa pagi (3/11/2015).

"BKKBN ini sudah lama bekerjasama dengan Kementerian Agama dalam  upaya mewujudkan keluarga yang harmonis," ungkapnya memulai.

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa saat ini banyak remaja yang harus mengalamai 'Pernikahan Dini'. Dan di BKKBN ada program GenRe dimana remaja diajak untuk melakukan PUP, yaitu singkatan dari Pendewasaan usia Perkawinan. Ini sebagai upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama, sehingga pada saat perkawinan mencapai usia minimal 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki.

"Karena usia yang ideal untuk menikah itu adalah 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki." katanya.

Tujuan dari PUP ini, lanjutnya adalah untuk memberikan pengertian da pemahaman serta kesadaran kepada remaja agar dalam merencanakan keluarga dapat mempertimbangkan berbagai aspek, baik yang berkaitan degan usia juga berkaitan dengan aspek fisik, mental, emosional, pendidikan, sosial, ekonomi serta penentuan jumlah dan jarak kelahiran.

"Dua anak itu hanya anjuran, hanya anjuran ya bapak ibu. Jika terlanjur ya, tidak apa-apa," katanya disambut tawa hadirin.

Ia mengingatkan bahwa anjuran 2 anak itu agar bisa tercipta keluarga yang harmonis karena jika sudah memiliki 3 anak akan mulai terasa berat, 4 anak tambah berat, 5 anak sangat berat. Dengan jumlah anak yang banyak bisa membuat istri sulit mengurus rumah tangga, suami dan anak dengan maksimal dan baik. Termasuk dengan kebutuhan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sebagainya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga tentu semakin berat jika memiliki anak yang banyak.

"Karena itu sebelum menikah perlu dipersiapkan perncanaan keluarga, kesiapan ekonomi dan kematangan psikologis," katanya.

Ia juga menyampaikan tentang pentingnya pentingnya menerapkan 8 Fungsi Keluarga dalam diri remaja karena akan membantu menciptakan remaja yang GenRe (Generasi Berencana). Delapan fungsi keluarga tersebut adalah Fungsi Agama, Fungsi Sosial Budaya, Fungsi Cinta dan Kasih Sayang, Fungsi Perlindungan, Fungsi Reproduksi, Fungsi Sosial dan Pendidikan, Fungsi Ekonomi dan Fungsi Lingkungan.

"Dengan delapan fungsi keluarga ini, jika ditepakan dalam keluarga dan diri remaja maka akan menciptakan remaja yang GenRe, Generasi Berencana dan akan tercipta pula ketahanan keluarga. karena dengan Ketahanan Keluarga maka kita dapat membangun Keluarag yang Harmonis dan terhindar dari narkoba, pernikahan dini, seks bebas, dan sebagainya," ungkapnya.

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…