Skip to main content

Kabid Pendis Abu Sufyan Minta Kepala Madrasah Kelola Madrasah Dengan Profesional

Karimun (Humas) – Kabid Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Kepri Abu Sufyan, S.Ag. M.Ag, Sabtu  (7/11/2015) dalam kegiatan Rakor Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabapaten Karimun meminta agar madrasah dikelola dengan profesional.

“Salah satu indikator profesionalnya sebuah madrasah itu adalah data. Data harus selalu ada, akurat dan tepat dan selalu tersedia kapan saja diminta,” jelasnya.

Ia berkisah bahwa sering kali data yang ada tidak selalu tersedia saat diminta, jika pun ada sering tidak valid dan akurat.

“Pernah ada bantuan dari Kementerian Agama RI untuk madrasah dengan waktu yang terbatas. Namun kita tidak punya data, mana madrasah yang memerlukan bantuan tersebut dan madrasah mana yang lebih diprioritaskan,” terangnya.

Kasus lainnya adalah tentang data BOS yang tidak akurat karena data siswa yang diinput dalam Emis tidak akurat dan valid sehingga berakibat kurangnya dana BOS untuk Madrasah Aliyah tahun ini.

Kepada guru madrasah juga ia meminta untuk tidak terkungkung dengan buku paket yang saat ini memang belum tersedia untuk semua mata pelajaran dan belum semua siswa dan guru memilikinya.

“Guru harus kreatif, jangan terkungkung dengan buku paket, karena itulah yang dikehendaki dalam kurikulum 2013, yakni kreatifitas dari guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Yang penting kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam satu materi itu bisa tercapai, mau menggunakan buku KTSP, buku K-13 atau dari sumber lain silahkan, tidak ada masalah,” ungkapnya.

Comments