Kanwil Kemenag Kepri Gelar Kegiatan Singkronisasi, Verifikasi dan Validasi Data di Karimun

Karimun (Humas) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau melalui Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS), Senin (9/11/2015) mengadakan kegiatan Singkronisasi, Verifikasi dan Validasi Data Pakis di ruang rapat Jamiatul Birri Masjid Agung Kabupaten Karimun.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Drs. H. Lukman dan diikuti sebanyak 20 peserta yang merupakan perwakilan dari Operator Emis Pontren, Operator Emis PAI, Pengawas PAI, MGMP PAI SMK, MGMP PAI SMA, MGMP PAI SMP, KKG PAI SD Pondok Pesantren, FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah) 5 Kecamatan, dan BMPG-TPQ 4 Kecamatan.

Kabid Pakis Kanwil Kemenag Kepri H. Lukman dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya validasi data karena data merupakan segala semua sumber dalam membuat perencanaan dan keputusan.

"Tanpa adanya data mustahil untuk menyusun perencanaan dan pengusulan yang terkait dengan bantuan. Data merupakan dasar dalam menyusun perencanaan agar perencanaan sesuai dengan yang di lapangan dan dengan data juga akan menjadi dasar dalam membuat evaluasi dari hasil kerja akhir. Apakah target sudah tercapai atau belum," ungkapnya.

Selain melakukan singkronisasi, verifikasi dan validasi data Pendidikan Agama dan Keagamaan, panitia pelaksana Ade Novalia, S.E menerangkan ada juga narasumber yang dihadirkan untuk menyampaikan materi, pertama materi Data Sebagai penunjang Kebijakan PAKIS yang disampaikan oleh Kabid Pakis Kanwil Kemenag Kepri, Drs. H. Lukman. Kedua, materi tentang Peran Pemerintah Dalam Mengembangkan Pendidikan Agama dan Keagamaan yang disampaikan oleh Ka. kankemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal dan materi tentang Evaluasi dan Sistem Pendataan Emis 2015/2016 oleh Martanto, S.Sos, M.Si.

Comments