Skip to main content

Moch. Nasrudin: Merawat Cinta Kasih dan Psikologi Perkawinan



Karimun (Humas) - Moch. Nasrudin Konselor BP4 Kabupaten Karimun mengatakan bahwa setiap calon pengantin harus bisa menjawab tujuan perkawinan dan mau dibawa perkawinan yang akan diikat dengan tali pernikahan nantinya. 

Hal ini disampaikannya dihadapan 22 pasang calon pengantin yang sedang mengikuti Kursus Pra Nikah yang dilaksanakan oleh oleh Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kabupaten Karimun, Rabu (4/11/2015) di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Karimun.

“Apa tujuan perkawinan kita? dan mau dibawa kemana perkawinan kita?. Pertanyaan ini harus bisa kita jawab,” ungkapnya.

Selanjutnya ia menjelaskan firman Allah SWT Q.S. Ar-Rum ayat 21 yang artinya “Diantara tanda-tanda kebesaran Allah ialah bahwa dia menciptakan bagi kamu pasangan (istri) dari dirimu sendiri supaya kamu tenang kepadanya.”

“Litaskunu dalam ayat ini mengandung empat pengertian; menentramkan atau tenang, ridha apa adanya, betah di rumah dan butuh dengannya atau merasa kurang tanpa dia.” Terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa keseimbangan tuntutan hak dan kewajiban antara suami dan istri. Karena jika tidak seimbang maka akan terjadi ketidakharmonisan di dalam rumah tangga. 

“Kewajiban suami adalah memenuhi sandang, pangan, papan, pendidikan dan nafkah lahir dan batin. Sedangkan kewajiban istri adalah patuh pada suami, menjaga amanah suami bila pergi, memberikan hak suami yg ada dalam dirinya, tidak boleh memasukkan orang lain dalam rumah tnp izin suami.” Tambahnya.

Adapun ciri-ciri Keluarga Sakinah menurut Moch. Nasrudin  adalah keseimbangan. Keseimbangan itu dengan adanya saling cinta kasih, saling jujur, saling setia, saling pengertian, saling memaafkan, saling melindungi, saling ikhlas dalam pengorbanan.

“Yang harus dipahami juga adalah fungsi dari hubungan badan bukan saja untuk memuaskan hawa nafsu dan menggapai kenikmatan tetapi juga untuk memenuhi hak istri dan menghindari perzinaan, memelihara keturunan dan juga mempunyai nilai ibadah. Selain itu juga bisa mempererat kasih sayang antara suami istri dan menjaga pandangan dan kemaluan.” Tambahnya.

Masih menurut Moch. Nasrudin  ada 6 faktor penyebab runtuhnya rumah tangga, yakni pasangan suami istri yang sama-sama egois; pasangan suami istri yang tidak paham agama; tertutup dalam keuangan dan kepribadian; miskin ilmu namun tidak menyadari dan suka berpura-pura; perbuatan yang bukan atas dasar cinta & tanggung jawab; pernikahan tanpa restu kedua orang tua kedua belah pihak.

“Dan bagaimana cara merawat cinta kasih dalam rumah tangga ? caranya adalah dengan memegang teguh nilai-nilai ketaqwaan; kasih sayang; kesetiaan; komunikasi; keterbukaan; kejujuran; kepercayaan.

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…