Kemenag Karimun Gelar Pembinaan Bagi Siswa Sekolah Minggu Buddha

Karimun (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Penyelenggara Buddha, Senin (7/12/2015) menyelenggarakan kegiatan pembinaan siswa Sekolah Minggu Buddha.

Kegiatan pembinaan siswa Sekolah Minggu Buddha se-Kabupaten Karimun tahun 2015 ini berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dan diikuti sebanyak 35 peserta.

Utusan peserta dari Sekolah Minggu Vihara Sasana Diepa Meral sebanyak 5 siswa, dari sekolah Minggu Cetiya Vidya Sasara Karimun sebanyak 15 siswa dan dari Sekolah Minggu Vihara Dharma Shanti Kundur sebanyak 12 siswa.

“Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan,” jelas Suyanto selaku ketua panitia pelaksana saat menyampaikan laporan panitia.
Maksud dari kegiatan ini jelas Suyanto lagi adalah untuk meningkatkan wawasan para siswa Sekolah Minggu Buddha untuk memahami dan melaksanakan metta (cinta kasih), bhakti dan dhamma buddha.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini pertama untuk memberikan motivasi kepada siswa Sekolah Minggu Buddha agar lebih baik dalam meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa selanjutnya akan berdampak positif bagi diri siswa, keluarga dan masyarakat sekitarnya.” Kata Suyanto.

Suyanto juga menambahkan bahwa narasumber dalam kegiatan ini ada 3, yakni Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Kementerian Agama dalam Pendidikan Keagamaan Buddha. Kedua, Pandita Kasman yang menyampaikan materi tentang Membangun Manusia Susila dan narasumber ketiga adalah dari Penyelenggara Buddha Sudir, S.Pd yang menyampaikan materi tentang Sejarah Perkembangan Agama Buddha di Indonesia.

Comments