Skip to main content

JCH Kabupaten Karimun Ke Pasar Ka’Kiyah Melihat Pelaksanaan ‘Dam’

Karimun (Humas) – Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun, dari rombongan 2 dan 4 Kloter I BTH kemarin, Kamis (10/8/2017) ke Pasar Ka’kiyah untuk  melihat langsung proses pemotongan hewan Dam.

“Kegiatan hari ini (kamis) menyaksikan penyembelihan kambing (dam) di Pasar Ka’kiyah,” jelas Husin Saban salah satu jamaah dari Kabupaten Karimun melalui pesan WA, Kamis (10/8/2017).

Husin Saban menjelaskan bahwa pelaksanaan dam ini dikoordinir oleh Ketua Rombongan. Dam yang dilaksanakan jamaah dari Kabupaten Karimun ini disebut dengan Dam Nusuk, yakni denda dalam bentuk menyembelih hewan (kambing) yang dilakukan pada saat ibadah haji karena melaksanakan haji qiran atau tamattu’ berdasarkan ketentuan syar’i. 

Dam Nusuk wajib dilaksanakan karena merupakan bagian dari ritual ibadah haji sebagaimana ritual lainnya seperti thawaf, melempar jumrah dan hewan harus disembelih di tanah haram.

Untuk diketahui Pasar Ka'kiyah merupakan salah satu tempat pembelian dam dan pemotongan kambingnya. Pasar Ka'kiyah seluas 5.000 meter persegi itu terletak di jalan Umm Al Mua'mineen Umm Salama, Makkah.

Comments