Skip to main content

JCH Kabupaten Karimun Tiba di Masjid Bir Ali Untuk Miqat

Karimun (Humas) – Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun sudah tiba di Masjid Bir Ali yang terletak di perbatasan tanah haram, tepatnya 11 kilometer dari Masjid Nabawi, Madinah. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Endang Sry Wahyu yang menjadi Ketua Kloter I BTH, Selasa (8/8/2017).

“Alhamdulillah, jamaah Kabupaten Karimun sudah tiba di Masjid Bir Ali untuk melaksanakan miqat. Setelah semua jamaah dipastikan sudah berniat ihram dan shalat sunat ihram baru perjalanan akan dilanjutkan menuju Mekkah.” Ungkap Endang melalui pesan singkat . 

Untuk diketahui bahwa Miqat adalah salah satu rukun untuk melaksanakan umrah dan haji. Ada sejumlah tempat untuk melaksanakan miqat, namun khusus jamaah yang datang dari Madinah, diambil di Bir Ali. 

Dan Masjid Bir Ali ini adalah tempat miqat bagi jemaah haji Indonesia gelombang pertama atau melalui Madinah sebelum memasuki Masjidil Haram, Makkah. Jadi dilokasi inilah JCH Kabupaten Karimun memakai pakaian Ihram, berniat ihram dan melaksanakan shalat sunat ihram 2 rakaat dan mulai dikenai larangan ihram. Setelah itu jamaah kembali menaiki bus untuk menuju Mekkah.

Masjid Bir Ali dikenal dengan banyak nama. Disebut Bir Ali (bir berarti kata jamak untuk sumur), karena pada jaman dahulu Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra menggali banyak sumur di tempat ini. 

Comments