Menulis Berita Itu Mudah....!!

Fery Heriyanto dari Litbang Haluan Kepri
Tanjung Pinang - (23/7/2013) Menulis Berita Itu Mudah....!! demikian judul Materi yang disampaikan oleh Fery Heriyanto, dari Koran Haluan Kepri pada acara Workshop Kehumasan  2013 yang diselenggarakan oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepri dari tanggal 22 sampai 24 Juli 2013 di Hotel Aston Tanjung Pinang.

"Menulis berita itu mudah, tidak sesulit seperti yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Yang terpenting bagaimana kita mau memulai menulis,,menulis dan menulis, lalu kirimkan tulisan kita ke redaksi koran. Tentang diterima atau tidak tulisan yang kita kirim oleh redaksi koran, itu urusan belakang." jelas Fery memulai materi. "Berita adalah laporan mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang terbaru (aktual), ada fakta, menarik perhatian, dinilai penting, atau luar biasa." lanjut Fery yang menjabat sebagai Litbang Haluan Kepri.

Dalam pemaparannya selanjutnya Fery menjelaskan bahwa jenis-jenis berita itu sangat banyak, namun untuk tingkat dasar yang harus diketahui adalah jenis berita; Straight News, Indepth News, Investigation News, Interpretative News, dan Opinion News.

"Cara membuat berita secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut, pertama; buatlah judul untuk berita yang hendak dibuat, menarik dan harus sesuai dengan isi berita, kedua; lead/teras berita, yaitu hal sangat penting sebagai intisari sebuah berita. Dan untuk menulis berita yang baik harus mengikuti rumus 5W+1H (What, When, Who, Where, Why dan How)," lanju Fery dalam penjelasannya.
Antusias peserta sangat tinggi dalam mendengarkan paparan dari Fery Heriyanto, karena selain memberi contoh-contoh berita, dialog interaktif dengan peserta juga dilakukan simulasi penulisan berita dari peserta.

Comments