Kemenag Kabupaten Karimun Adakan Pembinaan Keluarga Sakinah Pra Nikah

Kemenag Kabupaten Karimun - Kementerian Agama Kabupaten Karimun hari ini (27/8/2013) menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Keluarga Sakinah bagi usia Pra Nikah se-Kabupaten Karimun di Hotel Aston  Kegiatan ini dilaksanakan oleh bagian seksi Bimbingan Masyarakat Islam.

"Membangun Keluarga Sakinah itu sering dipahami setelah menikah, seharusnya membangun Keluarga Sakinah itu sudah harus dimulai sebelum menikah. Itu artinya sebelum menikah kita harus mempersiapkan diri baik dari segi pengetahuan agama, pengetahuan mengurus rumah tangga dan tidak kalah pentingnya adalah persiapan atau kematangan dalam hal ekonomi dan kesiapan mental, karena kehidupan berumahtangga tidaklah sama sengan kehidupan kita sebelum menikah. Banyak permasalahan dan rintangan yang akan muncul dan itu semua butuh kesiapan mental yang kuat," jelas Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal saat pembukaan.

Peserta kegiatan ini diikuti oleh pasangan calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat sebanyak 35 orang utusan dari KUA Kecamatan se-Kabupaten Karimun.

Drs. Kholif Ihda Rifai, Kasi Bimas Islam saat ditemui menjelaskan bahwa  tujuan dari kegiatan ini adalah pertama; untuk menanamkan nilai-nilai keimanan, ketaqwaan dan akhlaq mulia bagi peserta, kedua; untuk memberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi, dan ketiga; memberikan gambaran permasalahan dan solusi saat muncul permasalahan setelah berkeluarga nantinya.

 "Dengan pembinaan Keluarga Sakinah Pra Nikah ini diharapkan peserta bisa mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah." tambah Drs. Kholif Ihda Rifai.

Yang menjadi narasumber pada kegiatan pembinaan Keluarga Sakinah Pra Nikah ini pertama; Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Kepri Drs. H. Erman Zaruddin dengan materi Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah, kedua; Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun Drs. H, Afrizal dengan materi Persiapan Pra Nikah, dan Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Karimun Hj. Yeli, Am. Keb. dengan materi Kesehatan Reproduksi.

Comments