Kemenag Karimun Laksanakan Kegiatan Pembinaan Bagi Pengurus Masjid di Kundur

Kemenag Kementerian Agama Menteri Agama Kabupaten Karimun
Ka. Kemenag Kab. Karimun saat memberi Kata Sambutan pada Kegiatan Pembinaan Pengurus Masjid di Kecamatan Kundur (29/8/2013)
Kemenag Kabupaten Karimun - Melalui seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun tahun 2013 ini kembali melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pengurus Masjid di Kundur (29/8/2013). Diikuti 30 peserta yang berasal dari Kecamatan Kundur, Kecamatan Kundur Barat dan Kecamatan Kundur Utara merupakan utusan dari Pengurus Masjid.

Dalam kata sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal menyampaikan bahwa tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Pembinaan bagi Pengurus Masjid ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan  Masjid yang selama ini terkesan dikelola sekedarnya oleh Pengurus Masjid.

"Ada kesan selama ini, pengelolaan masjid diurus sekedarnya saja, untuk itu dengan kegiatan pembinaan ini  pengurus masjid bisa meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam hal manajemen kepengurusan, tata kelola organisasi, termasuk pula manajemen keuangan." ujar Drs. H. Afrizal

Pengurus Masjid juga diharapkan dapat membuat perencanaan dalam hal program kegiatan dan pembangunan, sehingga semua kegiatan di Masjid bisa dilakukan evaluasi dan pembangunan masjid terencana dengan baik pula.

"Sehingga sering kita lihat beberapa masjid yang tidak pernah selesai pembangunannya, karena pembangunannya bukan berdasarkan perencanaan tetapi berdasarkan keinginan pengurus masjid. Ganti pengurus masjid ganti pula keramik masjid, ganti pula tempat wudhu masjid bahkan ada yang ganti bangunan masjid." tambah Drs. H. Afrizal

Berdasarkan penjelasan Kepala Seksi Bimas Islam Drs. Kholif Ihda Rifai bahwa kegiatan pembinaan bagi pengurus Masjid ini merupakan kelanjutan dari Kegiatan Pembinaan bagi pengurus masjid yang pernah dilaksanakan di Pulau Karimun sebelumnya.

"Jika di Pulau Karimun peserta pembinaan pengurus masjidnya berasal kecamatan karimun, kecamatan meral dan kecamatan tebing maka di Pulau Kundur ini pesertanya merupakan utusan dari Kecamatan Kundur, Kecamatan Kundur Barat dan Kecamatan Kundur Utara." jelas Drs. Kholif Ihda Rifai.

Demi kelancaran kegiatan pembinaan pengurus masjid ini, Seksi Bimas Islam juga melibatkan kepanitiaan dari pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan.






Comments