Menag Undi Pemondokan Haji, Jarak Terjauh 2.700 Meter

Kemenag Kabupaten Karimun - Menag Undi Pemondokan Haji, Jarak Terjauh 2.700 Meter
Menteri Agama Suryadharma Ali

Kemenag Kabupaten Karimun - Menag Undi Pemondokan Haji, Jarak Terjauh 2.700 Meter 

Jakarta -detik.com- Menteri Agama Suryadharma Ali membuka qur'ah atau pengundian pemondokan calon jamaah haji Indonesia tahun 1434 H/2013 M. Sistem pengundian ini diharapkan menghapus kecemburuan.

Pengundian ini digelar di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2013).

Acara dihadiri Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Anggito Abimanyu, Wamenkes Ali Ghufron Mukti, Wakil Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Edi Basuki, segenap stakeholder haji serta para Kepala Kanwil dan Kepala Bidang Haji Kemenag Provinsi di seluruh Indonesia.

"Hari ini kita melaksanakan qur'ah (pengundian pemondokan haji)," kata Suryadharma.

Ia menjelaskan qur'ah dilakukan setiap tahun secara terbuka.
Qur'ah adalah mengundi tempat hunian supaya tidak terjadi kecemburuan.

"Untuk mengundi kloter mana saja yang menempati tempat di mana saja. Ada yang dekat 1.800 meter dari Masjidil Haram, ada juga yang 2.700 meter. Itu dilakukan secara transparan. Dulu manual, kalau sekarang elektronik," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen PHU Anggito Abimanyu mengatakan maktab (pemondokan) yang dialokasikan untuk calon jamaah haji sebanyak 48 maktab.

"Mulai nomor 1 hingga 48. Kapasitas tiap maktab rata-rata 3.200 jamaah. Meningkat dari tahun lalu sebanyak 2.800 jamaah," kata Anggito yang terbalut setelan jas warna hitam ini.

Menurut dia, khusus untuk kloter gabungan dan kloter-kloter akhir dari masing-masing embarkasi akan ditempatkan pada maktab nomor 47 dan 48 dan tidak akan muncul dalam qur'ah ini.

Pengundian pemondokan haji resmi dibuka oleh Suryadharma dengan memencet tombol. Undian pertama yang keluar adalah maktab nomor 6, kloter JKS, nomor rumah 114 dengan kapasitas 450 jamaah dan wilayah Masbaz Jin.

Kemenag Kabupaten Karimun - Menag Undi Pemondokan Haji, Jarak Terjauh 2.700 Meter 

Comments