Skip to main content

Festival Pekan Muharram 1435 H/2013 M Kabupaten Karimun

Festival Pekan Muharram 1435 H/2013 M Kabupaten Karimun
Festival Pekan Muharram 1435 H/2013 M Kabupaten Karimun di Coastal Area
Kemenag Kab. Karimun - Sejumlah kegiatan dilaksanakan dalam rangka "Festival Pekan Muharram 1435 H" di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau yang berlangsung 5-9 November 2013.
       
Festival Pekan Muharram bertajuk "Muharram Menggugah Nurani Menuju Takwa" dibuka secara resmi oleh Bupati Karimun Nurdin Basirun di Masjid Baiturrahman, Teluk Air, Tanjung Balai Karimun, Selasa lalu (5/11/2013).
       
Ketua panitia Muhammad Yatim, Selasa mengatakan aneka kegiatan festival dimulai dengan menggelar gerak jalan santai di Jalan Lingkar atau "Coastal Area" Tanjung Balai Karimun.
       
Gerak jalan santai dikuti sekitar 2.000 umat Islam itu dilepas Bupati Nurdin Basirun di depan Panggung Rakyat Putri Kemuning menuju Masjid Baiturrahman sebagai pusat kegiatan festival.
       
Rangkaian Kegiatan Festival Pekan Muharram 1435 H/2013 M Kabupaten Karimun yang didukung Pemda Karimun dan Ormas Islam se-Kabupaten Karimun itu terdiri dari  Kegiatan Jalan Sehat  (Jalan Santai) bertempat di Coastal Area,  Bazar dan Festival Rebana pada tanggal 05/11/2013, dilanjutkan dengan Festival Nasyid dan Festival Lagu Islami bertempat di Masjid Baiturrahman pada tanggal 06/11/2013, dan pada hari berikutnya 07/11/2013 dilaksanakan kegiatan Kids of Fashion Show dan Lomba mewarnai dan pada tanggal 09/11/2013 diadakan kegiatan Festival Drum Band dengan lokasi kegiatan di Coastal Area.
       
Festival tersebut, menurut dia, tidak hanya dilaksanakan di Pulau Karimun Besar, tetapi juga digelar di Pulau Kundur untuk lima kecamatan yaitu, Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat, Belat dan Kecamatan Ungar.
       
"Kegiatan ini akan ditutup pada 10 November dengan menggelar pawai 1 Muharram," kata dia.
       
Menurut Muhammad Yatim, Festival Pekan Muharram itu digagas tidak hanya untuk menyemarakkan pergantian Tahun Baru 1435 Hijriyah, tetapi bertujuan untuk menggugah warga masyarakat agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
       
"Kegiatan ini juga untuk menanamkan kecintaan terhadap ajaran Islam kepada anak-anak dan generasi muda," kata dia.
       
Sementara itu sebagaimana dilansir kepri.antaranews Bupati Nurdin Basirun mengapresiasi kegiatan yang digelar panitia penyelenggara. Menurut dia, aneka kegiatan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap ajaran agama selaras dengan satu dari empat azam Kabupaten Karimun, yaitu peningkatan kualitas iman dan takwa.
       
"Berbagai kegiatan yang dilaksanakan diharapkan tidak hanya untuk meriahan pergantian Tahun Baru Hijriyah, tetapi sebagai wahana menumbuhkan kecintaan terhadap ajaran agama untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.
       
Menurut Nurdin, umat Islam dan masyarakat Karimun pada umumnya, harus hidup lebih baik pada tahun yang baru sehingga turut mendorong pembangunan daerah.
       
"Hari esok harus lebih baik dari kemarin. Inilah makna yang terkandung dalam peringatan Tahun Baru Hijriyah yang kita rayakan dengan berbagai kegiatan setiap tahun," tambahnya Nurdin.

Comments