Skip to main content

Kegiatan Evaluasi dan Pengendalian Program Kemenag Kab. Karimun

Ka. Kankemenag Kab. Karimun Drs. H. Afrizal saat menyampaikan  Materi pada Kegiatan Evaluasi Program T.A 2013
Ka. Kankemenag Kab. Karimun Drs. H. Afrizal saat menyampaikan  Materi pada Kegiatan Evaluasi Program T.A 2013
Kemenag Kab. Karimun - Kementerian Agama Kabupaten Karimun menggelar kegiatan Evaluasi dan Pengendalian Program selama 2 hari (27-28 November 2013) bertempat di Hotel Aston Karimun. Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 peserta yang terdiri dari Kepala Seksi dan Penyelenggara beserta Staf dan Kepala KUA Se-Kabupaten Karimun.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun Drs. H, Afrizal dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Evaluasi Program ini sangat penting. "Selain sebagai bahan evaluasi program kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2013 lalu, kegiatan ini diharapkan menjadi acuan dalam menyusun perencanaan program dan kegiatan untuk tahun 2014 nanti."

Drs. H. Afrizal juga menambahkan bahwa kedepan harus diupayakan dalam penyusunan program dan kegiatan yang efektif dan efesien sehingga realisasi penyerapan anggaran bisa lebih maksimal. "Karena realisasi anggaran di tingkat Kankemenag berpengaruh pada realisasi di tingkat Kanwil dan di tingkat Kemenag Pusat. Jika realisasi di Kankemenag Kabupaten/Kota rendah maka akan berpengaruh pada realisasi anggaran di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi dan secara nasional tentunya juga akan berengaruh pada realisasi anggara Kementerian Agama secara nasional."

Sampai tanggal 25 November 2013 realisasi anggaran di Kankemenag Kabupaten Karimun baru sebesar 73.19 % namun diprediksikan realisasi hingga akhir tahun akan mencapai 90 % keatas. "Insya Allah anggaran di Kemenag Kabupaten Karimun akan terealisasi hingga 90% keatas karena beberapa anggaran belum dicairkan seperti Tunjangan Sertifikasi Guru." tambah Drs. H. Afrizal.

Sementara itu Ka. Subbag TU Kankemenag Kabupaten Karimun, Drs. H. Jamzuri saat ditemui menjelaskan beberapa catatan evaluasi dalam pelaksanaan anggaran Kemenag Kab. Karimun tahun 2013, yakni:
  1. Rescedule jadwal kegiatan akibat DIPA dibintang hingga pertengahan tahun,
  2. Tidak efektifnya kegiatan akibat waktu yang ada sangat singkat dibandingkan dengan jumlah kegiatan yang harus dilaksanakan,
  3. Adanya benturan jadwal kegiatan yang dilaksanakan di Kanwil Kemenag Provinsi  Kepri
  4. Kurangnya Kuantitas dan Kualitas SDM pada Kankemenag Kabupaten Karimun,
  5. Prubahan-perubahan kebijakan dalam bidang keuangan yang berdampak pada lambatnya realisasi anggaran.
"Sebagai solusi dari permasalahan realisasi anggaran di Kemenag Kabupaten Karimun maka diharapkan pertama; pada tahun 2014 nantinya anggaran tidak lagi dibintang atau diblokir hingga pertengahan tahun, perlunya, kedua; kedepan perlunya koordinasi antara Kanwil dan Kemenag Kabupaten/Kota terkait dengan jadwal kegiatan dan ketiga: memang dibutuhkan penambahan jumlah pegawai di Kemenag Kabupaten Karimun." jelas Drs. H. Jamzuri.

Comments