Skip to main content

Kemenag Banten : KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LEBAK MENGADAKAN PEMBINAAN PENENTUAN ARAH KIBLAT TAHUN 2013

Kemenag Banten : KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LEBAK MENGADAKAN PEMBINAAN PENENTUAN ARAH KIBLAT TAHUN 2013. Rangkasbitung-Kemenag Lebak, Hari Senin tanggal 23 Desember 2013 bertempat di Aula Koperasi Bangkit Rangkasbitung Kabupaten Lebak telah di laksanakan kegiatan Pembinaan Arah Kiblat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak, dengan Tema Pembinaan Penentuan Arah Kiblat  Upaya Pencapaian Persamaan Persepsi dan Kekhusuan Ibadah
Beberapa media di Indonesia baru-baru ini memberitakan ketidaktepatan arah kiblat di beberapa masjid di Indonesia. Untung saja, solusinya tidak perlu dengan membongkar masjid, tapi cukup dengan mengubah arah shaf sehingga sesuai dengan hasil pengukuran terbaru.
Kemenag Banten : KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LEBAK MENGADAKAN PEMBINAAN PENENTUAN ARAH KIBLAT TAHUN 2013. Perkembangan teknologi telah memungkinkan masyarakat awam untuk mengetahui seberapa tepat arah kiblat di masjid mereka. Orang dengan mudah mengevaluasi arah kiblat masjid di lingkungannya.  Qibla Locator mampu menampilkan tampak atas dari sebuah masjid (yang didapatkan dari pengamatan satelit) disertai dengan garis arah kiblat sebenarnya. Dengan membandingkah arah bangunan masjid dengan garis tadi, evaluasi ketepatan arah kiblat dapat dilakukan. Teknik memanfaatkan  Qibla Locator ini memang efektif untuk mengetahui ketepatan arah kiblat untuk kasus masjid yang sudah berdiri. Bagaimana dengan masjid yang baru akan dibangun atau kita menginginkan akurasi yang lebih tinggi?
Perlu diperhatikan bahwa permasalahan terkait arah kiblat sering kali tidak selesai dengan diketahuinya arah yang tepat. Ini terjadi pada kasus masjid yang sudah dibangun dan ternyata keliru arah kiblatnya. Sering kali, pengurus masjid bingung memutuskan, apakah akan menyesuaikan arah shaf atau tidak. Mereka membutuhkan pedoman yang jelas tentang ini. Misalnya, apakah setiap selisih harus diakomodasi? Jika kemiringan kurang dari dua derajat, apakah harus dilakukan perubahan arah shaf? Ukuran masjid yang kecil dan dipenuhi jamaah juga dapat menjadi faktor pertimbangan jika koreksi sudut besar, Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Sub.bagian Tata Usaha Kemenag Kabupaten Lebak Drs.Idris Jamroni,M.Si dalam sambutan pembukaan kegiatan tersebut.Kemenag Banten : KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LEBAK MENGADAKAN PEMBINAAN PENENTUAN ARAH KIBLAT TAHUN 2013.
Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari unsur, Lembaga dan ORMAS di lingkungan Kabupaten Lebak sebanyak 30 Peserta.

Nara sumber dalam kegiatan ini menghadirkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak (Drs. H. Amin, M.Pd.I), Komisi Fatwa MUI Propinsi Banten (KH. Mas’ud),Kepala Seksi Bimas Islam (Drs. A. Tohawi, M.Si),Bidang URAIS DAN BIMBINGAN SYARI’AH (Nandang Kusyadi)
Kemenag Banten : KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LEBAK MENGADAKAN PEMBINAAN PENENTUAN ARAH KIBLAT TAHUN 2013.
.
Pada Kesempatan yang lain, H. Asep Haerudin, S.Ag  selaku Ketua Panitia Kegiatan menambahkan bahwa Pelaksanaan kegiatan Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara terpadu antara masyarakat dan pemerintah dalam menyikapi persoalan ketepatan arah kiblat dan persoalan rukyatul hilal untuk mewujudkan masyarakat Madani yang Bermoral Tinggi, Penuh Keimanan, Ketaqwaan dan Akhlak Mulia tandasnya.. .*(Anjas BP-Kemenag Kab.lebak-red)
Kemenag Banten : KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LEBAK MENGADAKAN PEMBINAAN PENENTUAN ARAH KIBLAT TAHUN 2013.

Comments