Skip to main content

Kemenag Kepri: Puncak Hari Amal Bhakti

Kemenag Kepri: Puncak Hari Amal Bhakti . Tanjungpinang_Humas—-Puncak Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-68 Kementerian Agama di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) diperingati dengan menggelar upacara bendera dengan inspektur upacara Gubernur Kepulauan Riau Drs. H. Muhammad Sani, Jumat (3/1) di Lapangan Kanwil Kemenag Kepri Jalan Daeng Kemboja Km. 15 Tanjungpinang.
Upacara dimulai tepat pukul 07.30 WIB. Dalam upacara yang berlangsung dengan suasana khidmat itu Gubernur juga menyematkan tanda satya lencana karya satya atas pengabdian Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau masing-masing selama 30 Tahun, 20 Tahun, dan 10 Tahun.
Adapun mereka yang menerima tanda satya lencana karya satya masa pengabdian 30 Tahun adalah Sarmo, BA, Hj. Siti Munawwarah, BA, dan H. Raja Al Hafidz, SE. Untuk penerima Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun adalah Dra. Indriastuti Ratna M, dan penerima Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun adalah Drs. Husaini. Kemenag Kepri: Puncak Hari Amal Bhakti
Dalam kesempatan yang baik tersebut Gubernur juga menyempatkan diri untuk mengucapkan selamat Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama dan mengucapkan selamat kepada Drs. H. Marwin Jamal atas pelantikannya sebagai kepala kanwil yang baru. “Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Drs. H. Handarlin atas pengabdiannya selama menjadi Ka. Kanwil dan selamat bertugas di Kementerian Agama RI di Jakarta”, kata Gubernur.
Gubernur Kepri yang membacakan sambutan tertulis Menag mengatakan sejarah mencatat Indonesia adalah negara pertama di dunia yang memiliki kementerian tersendiri yang menangani urusan agama. “Sejarah mencatat sehari setelah pembentukan Kementerian Agama, Menag pertama KH. Muhammad Rasyidi dalam pidato yang disiarkan ke seluruh dunia oleh RRI Yogyakarta menegaskan bahwa berdirinya Kementerian Agama adalah untuk memelihara dan menjamin kepentingan agama serta pemeluk-pemeluknya”, kata H. Muhammad Sani.
Ia melanjutkan, keberadaan Kementerian Agama memperkuat bangunan ideologis negara kita sebagai negara ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, yang wajib melindungi rakyatnya dalam beragama sesuai dengan norma-norma konstitusi. “Kementerian Agama merupakan institusi terhormat, sehingga wajib dijaga reputasi dan kredibilitasnya dari masa ke masa”, ujar Gubernur.
HAB Kementerian Agama merupakan momentum terbaik yang mengingatkan bangsa Indonesia tentang posisi strategis pembangunan kehidupan beragama dalam NKRI. Melalui Kemenag pembangunan kehidupan berbangsa dan bernegara memiliki dimensi keagamaan, dimensi moral, dan dimensi spiritual yang harus selalu dijaga”, ujarnya lagi.
Kemenag Kepri: Puncak Hari Amal Bhakti . H. Muhammad Sani juga mengatakan Kementerian Agama telah menorehkan beberapa prestasi yang membanggakan melalui berbagai bidang, antara lain bidang pendidikan, pelayanan keagamaan dan pelayanan ibadah haji. “Kemenag juga telah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan zakat, wakaf dan pengelolaan dana haji yang dikelola secara professional dan akuntabel”, ucapnya.
Dalam bidang pembinaan kerukunan intern dan antar umat beragama, menurut Gubernur kita patut bersyukur bahwa kerukunan umat beragama di Indonesia dan Kepri menjadi model dan layak dicontoh oleh negara lain, dan masih banyak prestasi yang lainya.
Dalam tata kelola organisasi dan sumber daya manusia, Kemenag telah menjalankan reformasi birokrasi menuju terwujudnya tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance). “Pada aspek tata kelola keuangan dan pelaksanaan anggaran sejak beberapa tahun terakhir Kemenag mampu meraih dan mempertahankan prediket hasil audit BPK dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)”, tambah Gubernur. Kemenag Kepri: Puncak Hari Amal Bhakti
Puncak Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Ke-68 di Kanwil Kemenag Kepri juga ditandai dengan kegiatan temu tokoh agama. Dalam pertemuan tersebut para tokoh agama di Provinsi Kepri mengapresiasi capaian kinerja yang telah dilakukan oleh Kanwil Kemenag Kepri. Kegiatan HAB juga akan ditandai dengan kegiatan kunjungan dan anjangsana ke kediaman para pensiunan di lingkungan Kanwil Kemenag Kepri. (h)  Kemenag Kepri: Puncak Hari Amal Bhakti

Comments