Skip to main content

Kemenag Provinsi Aceh: MGMP PAI SMA Aceh Besar Laksanakan Pelatihan Kurikulum 2013 PAI dan Budi Pekerti

Kemenag Provinsi Aceh: MGMP PAI SMA Aceh Besar Laksanakan Pelatihan Kurikulum 2013 PAI dan Budi Pekerti
Kota Jantho| Ahlul Fikri| Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) SMA Kabupaten Aceh Besar mengadakan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 PAI dan Budi Pekerti bagi guru PAI SMA Se Kabupaten Aceh Besar di Aula BPKB Lubuk Kec. Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar.
Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan sejak hari  Tgl 04 s/d 07 Januari 2014 untuk Angkatan 1 dan Tgl 08 s/d 11 Januari 2014 untuk angkatan 2 yang seluruhnya berjumlah 80 Orang peserta.
Ketua Panitia Pelaksana Mustajab, S.Ag didampingi Sekretaris Panitia Nazhifuddin, S.Ag  melaporkan, kegiatan pelatihan implementasi kurikulum 2013 PAI dan Budi Pekerti ini dilaksanakan atas bantuan dari Bidang PAI Kanwil Kemenag Prov. Aceh, Alhamdulillah MGMP PAI SMA Kabupaten Aceh Besar telah memulai kegiatan ini.
Kemenag Provinsi Aceh: MGMP PAI SMA Aceh Besar Laksanakan Pelatihan Kurikulum 2013 PAI dan Budi PekertiDalam Laporannya, Mustajab melaporkan peserta yang hadir ini terdiri dari 40 Guru Pendidikan Agama Islam Jenjang SMA Se Kabupaten Aceh Besar,kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar Drs. H. Salahuddin, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Besar yang diwakili oleh Kasi Kurikulum SMA (Satria Jaya, SP), Kasi PAI Kemenag Aceh Besar Drs. Tarmizi Sulaiman, Korwas PAI Kemenag Aceh Besar Drs. Tarmizi A. Jalil.
Ketua MGMP PAI SMA Kab. Aceh Besar  Ahlul Fikri, S.Pd.I, M.Pd melaporkan peserta pelatihan implementasi kurikulum 2013 PAI dan Budi Pekerti akan mengikuti pelatihan selama 4 hari dengan jumlah jam pelajaran 36 JP yang diasuh oleh 2 orang Narasumber dari Bidang PAI Kanwil Kemenag Prov. Aceh  yaitu Drs. Abd Rahman Hanafiah, M.Pd (Kasi PAI SMA/SMK Kanwil Kemenag Aceh) dan Mutia Erawati, SE (Staf Bidang PAIS Kanwil Kemenag Prov. Aceh).
Selain itu, Ahlul Fikri juga melaporkan bantuan untuk MGMP PAI SMA  Kab. Aceh  Besar merupakan anugerah dan kebanggaan dikarenakan kouta yang diberikan sebanyak 80 Orang GPAI.
Di samping itu dilaporkan juga tentang peran dan kiprah MGMP PAI SMA yang telah lama berkarya dan berinovasi dalam mewujudkan pendidikan Agama yang bermutu bagi peserta didik. MGMP PAI SMA Kab. Aceh Besar juga sebagai peserta Apresiasi MGMP PAI Jenjang SMA mewakili Provinsi Aceh untuk Tingkat Nasional, namun dalam penilaian akhir Direktorat PAIS Kemenag RI tidak masuk dalam babak Final, ini kemenangan yang tertunda kata Pak Ahlul Fikri (GPAI  SMAN 1 Leupung) yang juga menjabat Ketua 1 DPW AGPAII Provinsi Aceh.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kab. Aceh Besar yang diwakili Oleh Kasi Kurikulum SMA, Satria Jaya, SP memberikan apresiasi yang mendalam atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, diharapkan kelak setelah mengikuti pelatihan ini Guru Pendidikan Agama Islam Jenjang SMA mampu mengimplementasikannya dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah masing masing, terimakasih kami kepada panitia pelaksana,ucap Pak Satria. Beliau juga mengharapkan,saat USBN PAI nanti, siswa siswi di Kab. Aceh Besar mampu menaruh prestasi yang gemilang,diharapakan kepada para Guru PAI serius dalam mempersiapkan segala hal yang menyangkut dengan persiapan peserta didik untuk mengikuti ujian dimaksud.
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar Drs. H. Salahuddin, M.Pd dalam pengarahannya mengatakan, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh patut dan sang pantas memberikan kesempatan kepada MGMP PAI SMA Kab. Aceh Besar untuk terus berkreasi dan berinovasi dikarenakan MGMP PAI SMA Kabupaten Aceh Besar merupakan MGMP PAI yang sangat aktif dan punya banyak prestasi yang telah ditoreh,sehingga  mendapat kuota yang lebih dibandingkan MGMP PAI SMA Kab/Kota lainnya.Kemenag Provinsi Aceh: MGMP PAI SMA Aceh Besar Laksanakan Pelatihan Kurikulum 2013 PAI dan Budi Pekerti
Pak Sala, begitu beliau disapa,juga memberikan apresiasi yang mendalam kepada MGMP PAI SMA Kab. Aceh Besar atas penyelenggaraan kegiatan ini, setahu saya MGMP PAI SMA Aceh merupakan pemecah rekor dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, cepat, tangkas dan kreatif begitu pujian Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar.
Pak Salahuddin juga mengharapkan Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Besar, ke depan ini Guru Pendidikan Agama Islam segera dapat diangkat sebagai Kepala Sekolah untuk semua jenjang dan jabatan jabatan strategis lainnya guna terselenggarakannya pendidikan keagamaan secara baik di sekolah dan lingkungan kerja,komitmen dan harapan Bapak Sekda Kabupaten Aceh Besar juga demikian. Guru PAI sebagai Imam dan contoh bagi guru guru yang lain, kelak yang pertama sekali yang masuk syurga adalag Guru PAI,ujar Pak Sala. Selamat berkarya dan berkreasi. [y]
[Foto : Panitia Pelaksana Berfoto dengan Kakankemenag Kab. Aceh Besar, Kasi Kurikulum SMA Dinas Pendidikan Aceh Besar, Kasi PAI Kankemenag Aceh Besar, Korwas PAI Kankemenag Aceh Besar dan Narasumber]Kemenag Provinsi Aceh: MGMP PAI SMA Aceh Besar Laksanakan Pelatihan Kurikulum 2013 PAI dan Budi Pekerti

Comments