Skip to main content

Persiapan 80 persen, MTQ Nasional 2014 Siap Dilaksanakan

Persiapan 80 persen, MTQ Nasional 2014 Siap Dilaksanakan. Hidayatullah.com–Persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional yang akan diadakan di Batam pertengahan 2014 sudah mencapai 80 persen, kata Wali Kota Batam Ahmad Dahlan di Batam, Kamis.
Pembangunan astaka, menara dan gerbang di Dataran Engku Putri sudah hampir selesai, begitu pula dengan pembangunan beberapa ruas jalan untuk membuka akses ke lokasi acara.
Selain itu sarana pendukung seperti hotel, transportasi dan lainnya juga sudah siap untuk pelaksanaan agenda nasional itu.

Meskipun MTQ adalah agenda rutin Kementerian Agama, namun Pemerintah Kota Batam turut mendukung dengan menyediakan berbagai fasilitas kegiatan keagamaan itu, kata dia.
“Kami buat menara, taman dan gerbang secara permanen. Sedangkan mimbar dan astakanya yang membangun pemerintah provinsi. Nantinya mimbar dan astaka yang dibuat secara permanen akan dihibahkan oleh pemprov untuk dijadikan museum ,” kata dia dikutip Antara.Persiapan 80 persen, MTQ Nasional 2014 Siap Dilaksanakan. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam Rudi mengatakan menargetkan seluruh pelebaran jalan dan pembukaan akses jalan baru yang dibangun pemkot dapat selesai Mei 2013, agar bisa segera digunakan dalam MTQ.

“Bulan Mei mendatang semua jalan sudah siap, ” kata dia.

Sementara itu, Panitia Pelaksanaan MTQ Nasional Guntur Sakti yang juga Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau mengatakan pemerintah provinsi terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama terkait pelaksanaan agenda rutin itu.

“Persiapan terus berjalan, terutama pembangunan astaka MTQ dan fasilitas pendukung lainnya,” kata Guntur.

Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani mengharapkan pelaksanaan MTQ Nasional 2014 mampu menunjukkan kehidupan beragama di Batam berjalan sangat baik dengan masyarakat yang heterogen.
“MTQ Nasional di Batam diharapkan juga mampu meningkatkan pembinaan kepada generasi muda agar gemar membaca Al Quran selain menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan,” kata Sani.*Persiapan 80 persen, MTQ Nasional 2014 Siap Dilaksanakan.

Comments