Skip to main content

Upacara HAB Kemenag ke 68 di Kabupaten Karimun

Upacara HAB Kemenag ke 69 tahun 2015 di Kabupaten Karimun
Agam, InfoPublik - Upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-68 tingkat Kabupaten Agam dipusatkan di halaman MAN Kubang Putiah Kecamatan Banuhampu,Jumat (3/1), dan berlangsung dalam suasana khidmat.
Bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama Kabupaten Agam Drs.Asra Faber, upacara diikuti karyawan Kemenag di lingkungan Kabupaten Agam, terdiri atas unsur Kantor Kemenag, Madrasah Negeri, Kantor Urusan Agama.
Juga hadir dalam upacara tersebut, para ulama/tokoh masyarakat/tokoh dari organisasi masyarakat, para pensiunan Kantor Kemenag dan MTsN, MAN se-Kabupaten Agam. 
Kepala Kemenag Kabupaten Agam Asra Faber dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Agama Suryadharma Ali, mengatakan, sejarah mencatat Indonesia merupakan negara pertama di dunia yang memiliki kementerian tersendiri yang menanggani urusan agama. 
Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama merupakan momentum terbaik yang mengingatkan bangsa Indonesia tentang posisi strategis pembangunan kehidupan beragama dalam Negara Kesatuan Repulik Indonesia. 
Melalui peran Kemenag, pembangunan kehidupan berbangsa dan bernegara memiliki dimensi keagamaan, dimensi moral dan dimensi spiritual yang harus selalu dijaga. 
Memperingati ulang tahun kementerian bukan sekedar kegiatan rutin organisasi, tetapi harus dijadikan media intropeksi diri, sejauh mana kita telah melaksanakan tugas pokok yang diemban merespon tuntutan serta kebutuhan masyarakat melalui peran yang dijalankan. 
Melalui peringatan HAB ke-68 Kemenag yang mengambil tema “Mengabdi Dengan Profesionallitas dan Amanah”, mari tingkatkan profesionalitas dan menjaga sikap amanah, hal ini hendaknya tidak hanya sekedar slogan, tapi harus kita implementasikan di dunia nyata.
Profesionaltas berkaitan dengan komitmen dan kemampuan melaksanakan tugas sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, sedangkan amanah berkaitan dengan sikap mental, moral dan karakter. 
Asra Faber sampaikan harapan Kementerian Agam yaitu, mengajak seluruh jajaran Kemenag untuk bekerja dengan penuh integritas, loyalitas, laksanakan tugas diatas prinsip kebenaran serta membawa kebaikan bagi lingkungan dan tempat bekerja masing-masing. Serta lakukanlah pengabdian yang memberikan manfaat bagi bangsa, negara dan kehidupan beragama.(mc agam/toeb)
Upacara HAB Kemenag ke 69 tahun 2015 di Kabupaten Karimun

 Banda Aceh-KemenagNews| Meriah juga, meski dalam suasana medung dan hujan di beberapa tempat, acara jalan santai yang digelar Keluarga Besar Kanwil Kemenag Aceh bersama Kankemenag Kota dan Kankemenag Aceh besar. Jalan santai dengan start dan finish Halaman Kanwil itu, tak kurang diikuti 1.000-an penggembira. Termasuk pelajar madrasah yang memenuhi jalan-jalan protokoler sekitar Taman Sari dan Pendapa itu.
Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H Ibnu Sa’dan MPd, jelaskan bahwa ini bagian dari rangkaian kegiatan yang diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 68. Dan rute sepanjang hampirr 3 km  mendapat pengawalan dari Satlantas Polresta Banda Aceh.
“Terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat terutama kepada panitia dan para donator sehingga kegiatan jalan Santai keluarga kali ini lebih meriah apabila dibandingkan tahun lalu,” apresiasi Kakanwil, yang seusai jalan-jalan menyerahkan hadiah dari doorprize senilai puluhan juta pada pemenang.
Ini ajang kebersamaan, setelah sukses dengan aneka lomba (26-27/12), misalnya badminton di lapangan MAN 2 dan MAN Rukoh, bersama keluarga besar Kementerian Agama Prov Aceh. Demikian keterangan dari ketua panitia Drs. H. Amiruddin Husen, MA yang juga Kakankemenag Banda Aceh.
Sebelumnya, bulu tangkis di aula MAN 2, Bola volly dipusatkan di lapangan MAN Rukoh, Tenis meja juga di kompleks MAN Rukon serta pertandingan bola kaki yang dilaksanakan di lapangan bola kaki gampong Rukoh dekat MIN Rukoh.
Di samping itu, upacara pada tanggal 3 Januari 14 di lapangan Tugu Darussalam, akan melibatkan IAIN, Kankemenag Aceh Besar, dan Kankemenag Banda Aceh. Juga BDK dan undangan.
Pada pagi Ahad (29/12) juga kegiatan sosial berupa donor darah mengumpulkan belasan kantong darah bagi sesama.
Kunjungan sosial (kunsos) pada tanggal 2 Januari 2014, pukul 09.00 WIB ke para mantan rektor, kepala Kanwil dan panti asuhan dan Jompo. Pada hari puncak peringatan HAB tanggal 3 Januari 2014 yang menjadi pembina upacara dijadwalkan Guburnur Aceh dan akan dihadiri oleh 4000 peserta upacara. Kakanwil Aceh mengharapkan kiranya acara HAB ke-68 dapat berjalan lancar dan khidmat. Beliau meminta agar kepanitiaan dapat bekerja maksimal.
”Dijadwalkan Gubernur Aceh akan menjadi Pembina Upacara HAB ke 68 tahun 2014 sekaligus akan membacakan sambutan Menteri Agama RI, Suryadharma Ali. Kita sudah surati resmi tentang rencana ini kepada Bapak Gubernur,” katanya.
Peringatan ini diselenggarakan secara bersama-sama Kanwil, UIN, Balai Diklat Keagamaan, Kankemenag Banda Aceh, dan Kankemenag Aceh Besar. Memperingati HAB ke 68, tema yang kita usung, ”Mengabdi dengan profesional dan amanah”.
Sekretaris Panitia HAB 2014, Juniazi, S.Ag. M.Pd menjelaskan, untuk upacara bendera akan dilaksanakan pada hari Jumat (3/1, di Lapangan Tugu Darussalam Banda Aceh, mulai pukul 07.00 Wib sampai dengan selesai.
Upacara diikuti oleh seluruh Karyawan, Civitas Akademika UIN Ar-Raniry, tenaga pendidik dan kependidikan, Siswa MIN kelas 4, 5 dan kelas 6, MAN dan MTsN Rukoh, Siswa MIN kelas 4, 5 dan kelas 6, MAN dan MTsN Tungkop serta para undangan, Pimpinan SKPA, SKP Kota Banda Aceh serta SKP Kabupaten Aceh Besar.
Selain itu, ada juga kunjungan sosial juga dilakukan ke kediaman mantan Rektor, mantan Kepala Kantor Wilyah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Panti Asuhan dan Panti Jompo dalam Kota Banda Aceh. Dalam rangkaian kegiatan HAB ke 68 juga akan diberikan penghargaan kepada PNS (dosen, karyawan, guru, siswa/i berprestasi juara 1, 2 dan 3 tingkat nasional).
Kakanwil mengharapkan peringatan HAB ke 68 yang dilaksanakan secara bersama-sama ini berlangsung sukses dan memberi kesan yang positif pada jajaran Kementerian Agama dan  kepada masyarakat… [yyy]
[foto: kakanwil mengangkat bendera ‘start’ tanda jalan santai dimulai lalu membagikan hadiah; (bawah) kakanwil donor darah;  (kiri) baliho kanwil dan baliho di kankemenag singkil/halim/y/j]

Puncak Hari Amal Bhakti (HAB) ke-68 Kabupaten Aceh Tengah diperingati dalam sebuah upacara bendera yang melibatkan seluruh keluarga Besar Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Tengah, jum'at (3/1/2014) di Lapangan Setdakab setempat

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM membacakan sambutan Menteri Agama RI, Suryadharma Ali

Upacara HAB di Aceh Tengah juga ditandai dengan pemberian penghargaan dan hadiah bagi jajaran Kemenag yang dinilai layak serta berprestasi selama satu tahun kebelakang

Kepala Kantor Kemenag Aceh Tengah, Drs. H. Hamdan mengatakan upacara yang dilaksanakan mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan HAB tahun ini

Sebelumnya, untuk menyambut peringatan HAB ke 68, pihak Kemenag Aceh Tengah telah menggelar beberapa kegiatan, diantaranya kegiatan perkemahan, kemudian mengisi Khutbah Jum'at di 20 mesjid (7 di kecamatan Linge dan 13 di Kecamatan Pegasing) hingga jalan santai bersama. Kemudian, Kemenag Aceh Tengah juga melakukan kegiatan donor darah serta anjangsana ke panti-panti asuhan

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung peringatan Hari Amal Bhakti tahun ini", demikian ujar Hamdan

Menanggapi rangkaian peringatan HAB di Aceh Tengah, Bupati Nasaruddin mengatakan perlunya seluruh keluarga besar Kemenag Aceh Tengah memaknai peringatan HAB sebagai momen untuk meningkatkan motivasi kerja dan mempererat hubungan silaturrahmi sesama jajaran Kemenag dan dengan masyarakat.(MK)
Upacara HAB Kemenag ke 69 tahun 2015 di Kabupaten Karimun

Sumber Berita: tanohgayo.com

http://tanohgayo.com/berita-upacara-bendera-menandai-puncak-hari-amal-bhakti-ke68-aceh-tengah.html#ixzz2pKChOh3G
Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Depok melaksanakan upacara dalam memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke 68 di Lapangan Balaikota Depok, Jumat (3/1/2014). Upacara diikuti oleh segenap jajaran pegawai Kemenag Kota Depok, OPD Kota Depok, guru, dan pelajar.
Dalam sambutan Menteri Agama Republik Indonesia yang dibacakan langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Abdul Cholik Mawardi mengatakan bahwa Kementrian Agama telah berdiri sejak 3 Januari 1946 yang dipelopori oleh almarhum H. M. Rasjidi. Kemenag selalu memperingati tanggal bersejarah tersebut untuk mengingatkan kepada seluruh pegawai Kementrian Agama.
“Indonesia merupakan negara pertama yang memiliki Kementrian Agama. Tugas dan fungsi Kemenag tidak dapat dihilangkan dari kehidupan negara. Kemenag hadir untuk memelihara dan menjamin kepentingan agama serta pemeluk-pemeluknya,” ucapnya dalam sambutan.
Tema pada peringatan HAB kali ini yaitu “Mengabdi dengan Profesional dan Amanah”. Tema yang diambil bertujuan untuk menumbuhkan rasa profesionalitas yang tinggi sehingga dapat mengemban amanah dengan penuh rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan masing-masing. Selain itu, seluruh pegawai aparatur negara dijajaran Kemenag harus mampu memiliki integritas yang tinggi dalam bekerja.
“Profesionalitas tanpa integritas akan membawa kerugian dan kehancuran, sedangkan integritas tanpa profesionalitas akan stagnan dan tidak bisa diajak untuk bersaing secara kompetitif,” tambahnya.
Selain itu, Kemenag selalu berupaya untuk meningkatkan kemajuan pendidikan. Hal tersebut terbukti dengan sejajarnya tingkat pendidikan yang dijalankan oleh kementrian agama dengan kementrian pendidikan, baik tingkat sekolahnya maupun prestasi yang diraih.(Diskominfo/Indri)

PASIRPANGARAIAN - Expo Hari Amal Bhakti (HAB) Kementrian Agama (Kemenag) Tingkat Riau ke-68 2014 di Astaka MTQ Pasirpangaraian Kabupaten Rokan Hulu sudah dibuka Kamis (02/01/14). Pembukaan ini diramaikan masyarakat Riau.

Pembukaan HAB Kemenag tahun ini dihadiri Bupati Rohul Achmad dan wakilnya Hafith Syukri, Kakanwil Kemenag Riau Tarmizi Tohor, Ketua Umum TP PKK Rohul Maghdalisni Achmad, Forkompinda Rohul, Kakan Kemenag se-Riau, dan kalangan Kepala Satuan Kerja di lingkungan Pemkab Rohul.

Bupati Rohul dipercaya memukul gong sebagai tanda dibukanya HAB Kemenag ke-68 tahun ini, dilanjutkan pelepasan balon oleh Kakan Kemenag Riau serta pemotongan pita di lokasi stand pameran. Setelahnya, para pejabat teras tersebut mengunjungi semua stand pameran.

Stand di Expo HAB Kemenag ke-68 bukan hanya menampilkan kreasi para pelajar di lingkungan Kemenag, namun ikut menampilkan sains, tekhnologi, dan ketrampilan pelajar lain.

Pada sambutannya, Bupati Rohul Achmad mengharapkan dari kegiatan itu terbina ukhuwah islamiyah. Menurutnya, ada lima pokok penting makna dari kegiatan itu bagi masyarakat seperti sebagai bahan informasi tentang Kemenag bahwa di sekolah agama ini bukan hanya ilmu agama saja, namun pelajar juga mengerti sains dan teknologi. Kemudian memotivasi pelajar, menjadi bahan hiburan dan jadi bahan ilmu pengetahuan.

Katanya lagi, dari kegiatan itu juga meningkatkan sektor ekonomi rakyat di bidang informal, sebab para pedagang kecil menengah bakal diuntungkan adanya keramaian tersebut. Bupati Achmad juga mengaku siap menjadi tuan rumah pada acara sama pada 2015 nanti sehingga daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Sementara, pada sambutannya, Kemenag Riau Kakan Kemenag Rohul Tarmizi Tohor berterima kasih kepada Pemkab Rohul karena mendukung penuh Expo Kemenag ke-68 tahun ini. Hal itu, katanya, akan diinformasikan kepada Menteri Agama Republik Indonesia.

"Kami sangat bangga adanya dukungan dari Bupati Rohul," kata Tarmizi Tohor dan mengatakan Upacara HAB Kemenag ke-68 baru digelar Jumat besok (03/01/14).***(zal)

 Upacara HAB Kemenag ke 69 tahun 2015 di Kabupaten Karimun

Comments