Waduh! Pengumuman Hasil Tes CPNS Honorer K2 Ditunda Lagi

Waduh! Pengumuman Hasil Tes CPNS Honorer K2 Ditunda Lagi - timlo.net - Solo –  Lagi-lagi, pengumuman seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) honorer kategori 2 (K2) diundur. Peserta seleksi diminta untuk sabar menunggu pengumuman dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan).

Kepala Bidang Dokumentasi Pengelolaan Data Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Solo, Lisino Soares mengungkapkan, penundaan pengumuman CPNS K2 sudah ketiga kalinya. Pertama, sejak 19 Desember 2013 lalu melalui surat pemberitahuan dari Kemenpan.

“Ini sudah ketiga kalinya. Menurut informasi terakhir diundur lagi sampai pertengahan Februari nanti,” katanya kepada wartawan, Jumat (24/1). Waduh! Pengumuman Hasil Tes CPNS Honorer K2 Ditunda Lagi -

Ia mengaku mendapat informasi lisan dari BKD wilayah lain bahwa Kemenpan terpaksa menunda pengumuman seleksi CPNS K2 karena masalah non teknis. Setidaknya ada 3 alasan mengapa pengumuman kelulusan harus ditunda.

Informasi yang diterimanya, sekitar 200 isian lembar jawab komputer (LJK) dari 640.000 peserta se-Indonesia dinyatakan tidak lengkap. Tim seleksi CPNS K2 Pusat terpaksa harus melakukan validasi ulang LJK yang bersangkutan.

Permasalahan lain, Kemenpan juga belum bisa menentukan berapa nilai acuan minimal passing grade kelulusannya. Diketahui, tim seleksi akan mengambil 30 persen dari seluruh peserta nasional. Berdasarkan jumlah kuota yang akan diterima sekitar 218.000 peserta akan diluluskan.

Waduh! Pengumuman Hasil Tes CPNS Honorer K2 Ditunda Lagi - Permasalahan ketiga, Menpan belum menetapkan formasi bagi peserta lulus seleksi nanti. Dari jumlah kuota, baru sekitar 100.000 kuota diusulkan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Usulan ini berkaitan dengan pembayaran gaji dari pemerintah kepada CPNS nantinya.

Karena baru separuh kuota saja yang diusulkan, kemungkinan besar sisanya akan diangkat per tahun 2015 mendatang. “Kalau pengumumannya tetap sama, tapi penerbitan SK CPNS mungkin tahun depan,” ungkapnya.

Yang jelas, pihaknya kini masih menunggu keterangan resmi dari Kemenpan dan segera menginformasikannya pada masyarakat. Sebab selama ini dirinya sering ditelepon peserta tes menanyakan kapan hasil seleksi diumumkan. Waduh! Pengumuman Hasil Tes CPNS Honorer K2 Ditunda Lagi -

Comments