Skip to main content

Kemenag Jatim: BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN TERM OF REFERENCE (TOR)

Kemenag Jatim: BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN TERM OF REFERENCE (TOR)
Kemenag Jatim: BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN TERM OF REFERENCE (TOR)
Kemenag Jatim: BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN TERM OF REFERENCE (TOR)

Kota Probolinggo, Jatim (humas) – Di era keterbukaan informasi publik pada saat ini kita selaku badan publik dituntut untuk tranparansi dalam pengelolaan anggaran yang berasal dari APBN serta dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

kegiatan ini bertujuan untuk mengsingkronisasikan DIPA Tahun 2014 antar seksi dan penyerapan anggaran serta guna mewujutkan sistem perumusan RKT dan TOR secara kolekti,f sehingga dalam Pembuatan Laporan Pertanggungjawaban bisa lebih efektif dan tertib tegas Didik Heriadi, S.Ag, M.Pd (Ka Sub Bag TU) saat memberiakn arahan sekaligus membuka kegiatan mewakili Kepala Kantor dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pembuatan TOR dengan mengambil tema melalui kegiatan bimbingan teknis penyusunan TOR bagi pegawai di lingkungnan Kankemenag Kota Probolinggo Tahun 2014 kita tingkatkan akuntabilitas kinerja dalam rangka mewujudkan tata kelola administrasi yang bersih dan berwibawa.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dimulai hari senin sampai dengan hari selasa tanggal 24-25 Pebruari 2014 bertempat di Aula Kankemenag Kota Probolinggo. Dengan sistem bedah RKA-KL, Sehingga kegiatan ini diharapkan penyusunan RKT dan TOR semua kegiatan selama setahun telah selesai dibuat sehingga memudahkan para kasih dalam Pembuatan Laporan Pertanggungjawabannya. Terobosan kegiatan ini merupakan ide dari Kasubag TU Didik Heriadi, S.Ag, M.Pd dan pertama kalinya di Kankemenag Kota Probolinggo karena berkaca pada pengalaman tahun lalu dalam Pembuatan Laporan Pertanggungjawaban setiap seksi mengalami keterlambatan sehingga menghambat kinerja Kantor.

Mari, segera selesaikan tugas Penyusunan RKT dan Tor Kegiatan setahun ini dengan baik sesuai jadwal sehingga terwujud manejemen dan tatakelola administrasi di Kankemenag Kota Probolinggo yang baik, yang bersih dan berwibawa, pesan H. Didik Heriadi, S.Ag, M.Pd (rz)

Kemenag Jatim: Bimbingan Manasik Haji bagi siswa-siswi MIN Labang

Kab.Bangkalan (MIN Labang) – Salah satu program kegiatan keagamaan di MIN Labang Bangkalan mengadakan Bimbingan Manasik Haji bagi siswa-siswi MIN Labang,mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 serta dewan guru dan staf yang ada di MIN Labang.

Kegiatan Manasik di laksanakan di area sekolahan dan di luar sekolah atas izin Masyarakat setempat sekaligus sebagai upaya memperkenalkan kepada masyarakat tentang praktek Manasik di lapangan.

Menurut Ach.Serudji S.Ag Kepala MIN Labang maksud dan tujuan program ini adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang manasik haji sehingga siswa bukan hanya paham secara teori,tetapi mereka juga paham secara praktek.

Kemenag Jatim: Rapat Koordinasi antara Bimas, Islam peny Syariah dan Penyuluh Fungsional Kantor Kementerian Agama

Kabupaten Bangkalan (Humas) – Bertempat di ruang meeting Kemenag Kabupaten Bangkalan,Kamis 27 februari 2014,telah dilaksanakan rapat koordinasi antara Bimas Islam,peny Syariah dan penyuluh fungsional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan,terkait dengan surat keputusan kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa timur,nomor : 1352 Tahun 2013 tentang Tugas kepala seksi Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggara Syariah pada kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Jawa Timur Berdasarkan PMA Nomor 13 Tahun 2012 memutuskan Bahwa : Kepala seksi Bimbingan Masyarakat Islam mempunyai tugas melakukan pelayanan,bimbingan teknis, pembinaan serta pengelolaan data dan informasi di bidang Kepenghuluan, keluarga Sakinah, Pemberdayaan Kantor Urusan Agama (KUA),Kemasjidan dan produk Halal serta penerangan dan penyuluh agama islam,kemitraan Umat Publikasi dakwah dan hari besar islam,Pengembangan seni Budaya Islam,Musabaqah Al-Quran dan Al Hadist.

Peny.Syariah mempunyai tugas melakukan Pelayanan Bimbingan Teknis dan Pembinaan serta pengelolaan data dan informasi di bidang Pembinaan Syariah,paham keagamaan,hisab rukyat dan penyumpahan Keagamaan serta Pemberdayaan Zakat dan Wakaf.

Berdasarkan SK tersebut maka penyuluh agama Islam yang sebelumnya berada di bawah naungan Peny. Bimsyar maka pindah ke Seksi Bimas islam sehingga ke depan apa yang sudah menjadi program peny.Bimsyar bersama penyuluh secara otomatis berubah menjadi program seksi Bimas Islam bersama Penyuluh.

Kemenag Jatim: SOSIALISASI PENGISIAN SPT MELALUI E-FILLING

Kab. Ngawi (HUMAS) – 27 Februari 2014. Bertempat di Masjid Al Falah Kankemenag Kab. Ngawi diselenggarakan kegiatan pelatihan tata cara pengisian SPT melalui e-filling. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 50 orang peserta yang merupakan perwakilan dari pegawai di KUA dan Satker di wilayah kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngawi dan ditambah dengan PNS di Madrasah Swasta di Kabupaten Ngawi.

Dalam sambutannya Kepala Kankemenag Kab. Ngawi lewat Kasubbag TU mengatakan bahwa dengan berlakunya surat edaran Menpan tentang kewajiban PNS untuk mematuhi peraturan UU Perpajakan, memiliki NPWP, mengisi SPT dengan baik dan benar, maka diharapkan PNS Kementerian Agama Kabupaten Ngawi dapat melaksanakan Undang-undang tersebut khususnya melalui e-filling ini dan kita bisa mengoptimalkan penyampaian SPT dengan lebih cepat dan mudah.

Kegiatan sosialisasi ini dipandu oleh dua orang Account Representative dari KPP Prataama Ngawi. Setiap peserta dipandu langkah demi langkah dapat pengisian SPT melalui e-filling. Dimulai dari permintaan nomor e-fin, sampai tahap pengiriman SPT. Kegiatan berlangsung secara interaktif, dimana setiap peserta yang hadir secara aktif dapat bertanya langsung kepada pemateri.

Kemenag Jatim: RAPAT KOORDINASI DAN EVALUASI 2014

Kota Kediri, Jatim ( Humas )- Guna mengetahui capaian program kerja pada tahun 2013 dan meyiapkan program kerja pada tahun 2014 pada hari Selasa 25 Pebruari 2014 jajaran Kementerian Agama Kota Kediri mengadakan kegiatan yang bertajuk Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Kerja tahun 2014. Sudah lama kegiatan ini tidak di agendakan sehingga pola kerja yang berlangsung hanya bersifat rutinitas tanpa ada sasaran yang ingin dicapai, itulah sepanggal arahan yang di sampaikan oleh Dr. HM. Zaini Kepala Kemenag kota Kediri. Kegiatan ini selain untuk mengevaluasi kegiatan yang telah berlangsung pada tahun 2013 juga untuk menyusun program kerja pada tahun 2014 juga untuk menyiapkan lebih dini rancangan kerja pada tahun 2015. Selain itu beliau berharap program kerja yang di susun pada kegiatan ini dapat di share kepada seluruh staf sehingga seluruh jajaran Kemenag Kota Kediri mengetahui goal setting yang ingin diraih oleh Kemenag kota Kediri pada tahun 2014.

Dengan mengambil tempat di Hotel Lotus Garden Kota Kediri acara Rakorev ini dihadiri oleh seluruh pejabat Struktural dan Fungsional Kemenag Kota Kediri berjalan penuh dinamika. Untuk memberikan pembekalan awal kepada seluruh peserta, panitia juga menghadirkan Ka. Sub Bag. Perencana dan Keuangan Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Timur. Dalam arahannya Sugianto, M. Pd. I Ka. Sub Bag. Perencana dan Keuangan Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Timur menyampaikan program kerja yang telah di susun oleh Kanwil maupun pusat, diharapakan paparan program kerja di tingkat Kanwil maupun Pusat dapat menjadi acuan jajaran Kemenag Kota Kediri dalam menyusun program kerja tahun 2014 sehingga ada sinergitas antara daerah, Kanwil dan Pusat.

Untuk lebih menajamkan dalam menyusun program kerja pada tahun 2014 panitia membagi beberapa komisi dengan harapan usulan dan masukan dari rapat komisi itu dapat dituangkan dalam program kerja yang nantinya akan menjadi buku induk bagi setiap pengampu kebijakan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Semoga dengan Rakorev ini Kementaerian Agama Kota Kediri pada tahun 2014 lebih dinamis, professional, dan bermartabat sehingga segala bentuk pelayanan kepada masyarakat dan umat berjalan dengan baik. ( Dian Fatawi )

Kemenag Jatim: PEMBINAAN GURU PNS DIPERBANTUKAN DI MI/MTS/ MAS DILINGKUNGAN KANTOR KEMENAG KAB.TUBAN

Kab.Tuban,Jatim ( Humas ) – Bertempat di Aula Kantor Kemenag Kab.Tuban telah dilaksanakan pembinaan Guru PNS yang diperbantukan di sekolah Madradah swata . Dalam sambutannya Kepala KanKemenag Kab.Tuban, Drs. Abd. Hamid,M.Pd.I, tujuan diadakan pertemuan bagi guru PNS yang diperbantukan , agar tidak ketiggalan imformasi / ada aturan yang baru, jadi sama dengan guru yang bertugas di Sekolah Madrasah Negeri. Dan beliau menghimbau kepada para Guru Negeri yang diperbantukan, agar meningkatkan kinerja,tingkatkan proses belajar/mengajar, tingkatkan Ilmu pengetahuan serta tingkatkan kwalitas di Madrsah, karena kita dianggap mampu/menjadi sumber regolasi kependidikan.

Dalam akhir sambutan Bpk Kepala Kemenag mengajak mensukseskan program Kemenag yaitu, Meningkatkan Kwalitas Pendidikan,karena dengan kemajuan Iptek secara global. Mencapai Misi Kemenag yaitu meningkatkan Kwalitas beragama, Hadir dalam acara tersebut Kasi Pendidikan Madrasah ( Kat )

Rombongan DWP Pusat Kementerian Agama RI Mengunjungi Lokasi Bencana Gunung Kelud

Kab. Kediri, (Humas) – Sepuluh hari setelah gunung kelud meletus, pada hari senin tanggal 24 Februari 2014 rombongan DWP Pusat Kementerian Agama RI dipimpin Ibu Dirjen Pendais Ny. Nursam, mengunjungi lokasi bencana gunung kelud di Kecamatan Puncu Kab. Kediri, yang merupakan salah satu daerah terdampak terparah erupsi gunung Kelud di wilayah Kabupaten Kediri.Turut serta dalam kunjungan tersebut adalah DWP Kanwil. Kemenag. Prov. Jatim, DWP Sunan Ampel Surabaya dan Kepala MAN Bangkalan Madura. Rombongan tiba dilokasi sekitar pk. 15.00 wib. Sebelum rombongan tiba di lokasi, telah menunggu rombongan Ibu-Ibu DWP Persatuan Kankemenag. Kabupaten Kediri. Sesaat kemudian rombongan Ibu-Ibu DW tersebut dipandu oleh Kasi Pendma Kankemenag. Kab. Kediri Drs. H. Imam Maksum, M.Pd.I langsung menuju lokasi-lokasi yang menjadi sasaran kunjungan tersebut.

Dalam kunjungan tersebut Ny. Nursam, an. DWP Pusat Kementerian Agama RI, menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp. 25.000.000,- kepada RA Kusuma Mulya Lestari Desa Wonorejo Kecamatan Puncu, yang diterima langsung oleh Kepala RA Kusuma Mulya Lestari. Saat memberikan bantuan, Ny. Nursam menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian keluarga besar DWP Pusat Kementerian Agama RI, dan mengharapkan semoga bantuan ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan pendidikan RA Kusuma Mulya Lestari Wonorejo Kecamatan Puncu.

Pada saat yang sama, rombongan Ibu-Ibu DWP Kanwil. Kemenag. Prov. Jatim, DWP UIN Surabaya dan Kepala MAN Bangkalan Madura yang dipimpin Ny. Sudjak, menyerahkan bantuan kepada RA GUPPI Kec. Puncu, RA Perwanida Kec. Kepung ,MTsN Puncu Kec. Puncu, MTsN Kanigoro Kec. Kras dan MA Miftahul Huda Kec. Kandat. Pada kesempatan itu Ny. Sudjak menyampaikan bahwa, bantuan yang diberikan kepada para korban merupakan bentuk dukungan dan doa dari keluarga besar DWP provinsi, DWP UIN Sunan Ampel dan MAN Bangkalan Madura, kepada para korban bencana, dan berharap agar dapat meringankan beban saudara-saudara korban bencana erupsi gunung kelud.

Para korban merasa sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Ibu-Ibu baik DWP Pusat maupun DWP Provnsi, serta berjanji akan memanfaatkan bantuan tersebut dengan sabaik-baiknya untuk kepentingan pendidikan dan anak didik.

Setelah selesai memberikan bantuan, rombongan berkeliling melihat tempat-tempat yang telah hancur-lebur akibat amukan erupsi gunung kelud, dan berbincang-bincang dengan para warga korban bencana disekitar lokasi kunjungan. Dan sekitar pk. 16.00wib rombongan berpamitan kembali ke surabaya.

Kemenag Jatim: PEMBINAAN ADMINISTRASI HBI

Kab. Pasuruan (Humas) -  Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kab. Pasuruan mengadakan kegiatan pembinaan administrasi Hari Besar Islam (HBI) bagi tokoh masyarakat Islam yang dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 27 Februari 2014, pukul 09.00 WIB di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Pasuruan. Kasi Bimas Islam H. Achmad Sarjono, S.Ag menyampaikan setiap akan melaksnakan kegiatan Hari Besar Islam (HBI) harus ditata dan dimenej dengan baik, sebab pelaksanaan kegiatan HBI ini berkaitan dengan orang banyak, lebih-lebih berkaitan dengan agama Islam, oleh karena itu tata kelolanya harus ditata dengan baik, professional dan akuntabel.

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2010 tentang visi dan misi Kementerian Agama, muatan nilai-nilainya diyakini mampu memberi inspirasi kebutuhan hidup kearah tersebut karena meliputi bidang pembinaan mental spiritual. Pada nilai-nilai ajaran Agama Islam misalnya, Allah SWT memerintahkan sekaligus memberi isyarat kepada umat muslim agar dapat memahami dan membangun ibadahnya dengan benar yakni membangun mental serta akhlak mulia sebagaimana yang dituntunkan agama Islam dalam korelasi implementasinya dicontohkan tuntas oleh Nabi Muhammad SAW. Bukan sebatas pemenuhan rohani, untuk kebutuhan jasmani pun telah dicontohkan Nabi agar diberi asupan sehat, karena pemenuhan kebutuhan mental spiritual semata dipandang belum cukup, karenannya wajib didukung pemenuhan kebutuhan jasmaniah. Untuk hal itulah umat Islam menyelenggarakan peringatan dan pelaksanaan Hari Besar Islam (HBI) baik di tingkat Kenegaraan (nasional), Provinsi sampai di daerah-daerah seperti peringatan dan pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra Mi’raj, Nuzul Al Qur’an, Idul Fitri, Idul Adha dan Tahun Baru Islam. Dengan peringatan dan pelaksanaan itu diharapkan selalu dapat menggugah kembali hikmah ideal dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist untuk diimplementasikan masyarakat. (fin)

Kemenag Jatim: PEMBINAAN PENGELOLAAN DATA PERENCANAAN MADRASAH NEGERI

Kab. Banyuwangi Jatim (Humas) – Sebanyak 38 orang terdiri dari KTU, Operator pada Madrasah Negeri se Kabupaten Banyuwangi mengikuti Pembinaan Pengelolaan Data Perencanaan Madrasah Negeri di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Banyuwangi tahun anggaran 2015, di Aula setempat (26/2). Menurut Ketua Panitia Sufiyanto, S.Pd, kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang keuangan Negara. Dimana Pemerintah wajib menyusun anggaran dengan menggunakan pendekatan anggaran terpadu, kerangka pengeluaran jangka menengah, dan pengeluaran berbasisi kinerja.

Sufi juga menjelaskan, tujuan diselenggarakannya acara ini adalah agar pengelolaan data perencanaan lebih bekualitas, efektif dan efisien berdasarkan ketentuan yang berlaku. Selain itu, lanjutnya, dengan pembinaan ini akan tersedia data yang akurat, sehingga perencanaan dan kebijakan akan sinergi dan tepat sasaran.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi H. Santoso, S.Ag, M.Pd saat membuka acara ini meminta kapada seluruh peserta untuk mengikuti pembinaan ini sampai tuntas. Dalam kegiatan ini, dua nara sumber yakni, Drs. H.Slamet, MHI (Kasubag TU) menyampaikan materi Peran Dat Perencanaan, sedangkan Achlis Yusrianto, SE, MM menyajikan Teknis Penyusunan Data Perencanaan sekaligua Praktek Penyusunannya. (Yas)

Kemenag Jatim: BANTUAN KEMANUSIAAN GUNUNG KELUD

Kab. Nganjuk, Jatim ( Humas ) – Rombongan keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk mengadakan kunjungan pada korban erupsi gunung kelud pada hari senin tanggal 25 Februari 2014 dengan memberikan bantuan berupa bahan makanan dan minuman yang langsung diserahkan ke panitia yang bertempat di Masjid Al Huda ds. kebonrejo Kecamatan Kepung dan Kecamatan Puncu Kab. Kediri. Panitia serta para korban bencana gunung kelud yang kebetulan sebagian berada di lokasi nampak gembira menyambut kehadiran rombongan keluarga besar Kemenag kab. Nganjuk sebagai bentuk kepedulian kepada mereka, bantuan diterima dengan senang hati oleh panitia meskipun hanya berupa makanan dan minuman serta bahan lainnya sekedar untuk meringankan bebannya.

Rumah para korban banyak yang hancur terutama atap rumah rata – rata genting banyak yang hancur dan runtuh sehingga tempat tinggal mereka tidak dapat digunakan dan saat ini sebagaian masyarakat korban gunung kelud sudah kembali ke rumah mereka dengan membuat tenda darurat di samping rumah dengan alat seadanya sebagai tempat tinggal sementara dan sebagian lagi masih banyak berada di beberapa titik pengungsian sambil menunggu rumah mereka diperbaiki. Kasi Bimas Islam Drs. H. Imam Mujaib, M.HI sebagi kordinator dalam rombongan memberikan semangat kepada para korban agar bersabar dan bertawakal dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan dibalik semuanya kita ambil hikmahnya dan semoga kita akan selalu mendapatkan hidayah dan maunahnya.Amin “ujarnya”. Nur

Comments