Skip to main content

Kemenag Jatim: PEMBINAAN PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI)

Kemenag Jatim: (PHBI)
Kemenag Jatim: PEMBINAAN PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI)
Kemenag Jatim: PEMBINAAN PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI)
Kab. Pasuruan (Humas) – Seksi Penais, Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur mengadakan pembinaan peringatan hari besar Islam (PHBI) bagi Penyuluh Agama Islam non PNS Kabupaten Pasuruan yang dilaksanakan pada hari rabu, 26 Februari 2014, pukul 09.00 WIB di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan. Kepala Bidang Penais, Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menyampaikan dasar melaksanakan kegiatan ini adalah Instruksi Dirjen Bimas Islam N0 ; Kep/D/25/78 tentang pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah pertama Melaksanakan peringatan / perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan ketentuan sebagai berikut; 1) Berpedoman kepada Instruksi Dirjen Bimas Islam tanggal 3-2-1977 No. Kep/D/32/77, 2) Pada hakikatnya kegiatan peringatan / perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah dalam rangka menggairahkan kehidupan beragama dalam keluarga dan masyarakat, 3) Kegiatan perayaan Maulid tidak dipergunakan untuk kepentingan politik, 4) Perayaan Maulid tidak menimbulkan terjadinya kegiatan-kegiatan yang inkonstitusional dan yang dapat mengarah kepada tindakan-tindakan ekstrem, 5) tetap berusaha agar lebih meningkatkan mutu pengamalan dan penghayatan agama dalam rangka turut serta memelihara stabilitas Nasional. Kedua dalam pelaksanaannya supaya selalu berkonsultasi dan bekerjasama dengan Pemerintah daerah setempat, majelis ulama’, para muballigh dan segenap unsure-unsur masyarakat pada umumnya. (fin)


Kemenag Jatim: RAKER PENETAPAN RENCANA KERJA PROGRAM KEGIATAN TAHUN ANGGARAN 2014

Kab. Tuban, Jatim ( Humas ) – Bertempat di Wisma Mahkota Tuban,Rabu ( 26-02-2014 ) telah dilaksanakan Raker untuk Penetapan Rencana Kerja Program Kegiatan Tahun anggaran 2014, yang diikuti oleh seluruh Pejabat Fungsional dan struktural dilingkungan Kankemenag Kab.Tuban. Penetapan rencana kerja Program kegiatan bertujuan untuk meningkatkan SDM aparatur kementerian Agama Kab.Tuban, agar memahami dan termotivasi untuk menerapkan prinsip – prinsip Akuntabilitas dan Prinsip – prinsip Good Govermance, serta meningkatkan penyempurnaan dokumen perencanaan periode yang akan datang dengan menerapkan penganggaran berbasis kinerja yang sinergis, laporan ketua Panitia ( Hj.Siti Maulidiyah ,SH ).

Dalam sambutanya dan sekaligus membuka acara tersebut Kepala KanKemenag Kab.Tuban Drs. Abd. Wahib,M.Pd.I menyampaikan bahwa Program yang dirumuskan bersama akan mendapatkan Program yang dapat kita laksanakan dengan hasil yang baik, maka dari itu ikuti dengan seksama . Pada akhir sambutanya mengharapkan dengan kebersamaan atau kekompakan dalam mengemban tugas kita akan mudah untuk mencapai target dengan lancar serta baik. ( Kat )

Kemenag Jatim: RAKERDA IGRA Kabupaten Jember Tahun 2014

Kabupaten Jember, Jatim (Humas) – PD IGRA telah melaksanakan Rapat Kerja Daerah (tgl 17 dan 18 Pebruari ) yang dilanjutkan dengan Pelatihan Peningkatan Mutu Kepala dan Guru RA se Kab. Jember dengan mengambil Tema Metode Melukis dan Finger Paiting dengan Rahasia Ihklas, yang diikuti 272 peserta Kepala RA sebagai Nara Sumber KH Muhammad Imam Karimullah Ketut Sugma, Fgh., SH., beliau perlukis yang bertaraf Internasional, beliau menjelaskan secara panjang lebar kepada peserta sehingga para peserta sangat bergairah untuk mengikuti kegiatan tersebut sampai selesai.

Dalam sambutannya Kasi Pendma Kemenag Kab. Jember ( Drs. Mahfud, M.PdI) menyampaikan bahwa memberikan spirit dan aspresiasi yang luar biasa terhadap kegiatan tersebut, sehingga hasilnya dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, harapannya IGRA kedepan dapat menjadi contoh ataupun menjadi pemicu etos kerja pengurus ,kepala, dan guru di Kab. Jember, yang akan menjadi dampak positip terhadap perkembangan dan pertumbuhan RA di Kabupaten Jember, dan nantinya para guru RA ini dapat mencetak generasi bangsa yang handal . (ratna)

Kemenag Jatim: HAJATAN KE 269 SARAT NUANSA RELIGI

Kab. Pacitan (Humas) – Peringatan Hari Jadi Pacitan (Hajatan) yang ke 269 belum usai. Hingga berita ini diungah masih ada beberapa agenda kegiatan yang belum terlaksana karena memang jadwal belum sampai. Sedangkan puncak kegiatan digelar di Alon alon Pacitan pada Kamis lalu dengan acara Wilujengan dan Pesta Rakyat.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan selaku Panitia Seksi Bhakti Sosial dan Peribadatan menggelar banyak kegiatan yang bernuansa religi, di antaranya adalah Khotmil Qur’an, Pengajian Umum dan Sholawatan “Maulidur Rasul” yang dirangkaikan peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W. dengan Muballigh KH. Nadjib Zamzami dari kediri, sholat hajat dan sujud syukur, tasyakuran serta Ziarah Makam para mantan Bupati Pacitan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa Hajatan ke 269 ini bersamaan dengan banyaknya bencana yang melanda beberapa daerah di luar Pacitan. Maka dari itu kita ikut prihatin dan mendekatkan diri kepada Allah serta memperbanyak do’a agar Pacitan terhindar dari marabahaya dan bencana, tuturnya.

Alumni Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Ponpes Lirboyo Kediri yang baru pertama kali mengikuti Hajatan ini selalu aktif mengikuti setiap kegiatan keagamaan kecuali pada Kamis (14/2) pasca erupsi Gunung Kelud, saat acara Shalawatan “Maulidurrasul” yang dihadiri lebih 6000 jamaah dari Pacitan, Ponorogo, Trengalek, Tulungagung dan Nganjuk ini pihaknya harus pulang ke Kediri mengunjungi keluarga, karena terkena dampak erupsi Gunung Kelud.

Pada kegiatan Shalat Hajat dan Sujud Syukur yang digelar di Masjid Agung Darul Falah Kabupaten Pacitan, Ahmad Zuhri selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan bahwa dengan adanya banjir yang melanda di beberapa wilayah seperti Jakarta, Pekalongan, Pemalang, Jepara dan beberapa daerah di Jawa Timur ini mengingatkan pada peristiwa banjir yang melanda umat Nabi Nuh a.s. Oleh karena itu pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat Pacitan untuk selalu “Dhepe-dhepe” mendekatkan diri kepada Allah S.W.T. dengan memperbanyak ibadah dan berdo’a agar Pacitan dihindarkan dari bencana.

Hajatan yang diperingati setiap tanggal 19 Pebruari ini Kepala Kankemenag Kabupaten Pacitan memimpin do’a pada acara wilujengan dan prosesi Hajatan, juga memimpin tahlil pada ziarah makam Tumenggung Setrowijoyo, Bupati Pertama Pacitan. Cros.

Kemenag Jatim: Istighosah Manis MTsN Sumberbaru

Kabupaten Jember, Jatim (MTsN Sumberbaru) – Tepatnya Hari Jum’at, (21/2) MTsN Sumberbaru mencanangkan Istigosah Akbar untuk seluruh civitas pendidikan MTsN Sumberbaru. Tanpa terkecuali mulai dari tenaga pendidik maupun kependidikan baik penjaga keamanan MTs, satpam, tukang kebun, siswa, tata usaha, pengelola koperasi , guru sampai Kepala Madrasah berkumpul dihalaman madrasah untuk mengikuti istighosah ini.

Istighosah ini di koordinasikan oleh guru Agama Jazimul Fadil S.Pd.I dengan tongkat komando langsung Kepala Madrasah H. M. Ali Hasan S.Ag.MM. Kegiatan ini rencananya dilaksanakan setiap hari Jum’at manis, untuk itu diberi nama Istighosah manis. Dimulai tepat pukul 07.00 WIB sampai dengan 7.30, dengan persiapan sejak 6.30. sehingga tidak mengganggu jalannya kegiatan pembelajaran secara langsung. K egiatan dimulai denga sholat Dhuha dan diakhiri dengan do’a. “Dengan acara ini diharapkan Allah mengabulkan do’a-do’a yang dipanjatkan bersama. Selalu memberi kan jalan keluar kepada setiap civitas pendidikan yang sedang menyelesaikan masalah, diberikan kelancaran dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan melaksanakan tugas. Diberi kekuatan untuk selalu bisa mendekatkan diri ke Allah SWT. dalam setiap lini kehidupan”. Kata Jazimul Fadil di sela-sela acara. “Dan yang terpenting adalah kebersamaan yang harus selalu dipupuk dan di pelihara untuk melaksanakan tugas negara. Juga khususnya anak-anak diberi keridhoan, kemudahan, selalu memiliki rasa kesungguhan, kesemangatan dalam melaksanakan tugas mencari ilmu ila yaiumil qiyamah”, Sambung Kepala Madrasah H. M. Ali Hasan. (Ratna/Roni S.)

Kemenag Jatim: MODAL KPRI LAMONGAN TERUS MERANGKAK NAIK

Kab. Lamongan, Jatim (Humas)—Permodalan yang dimiliki Koperasi Pegawai Negeri Senada Kankemenag Kabupaten Lamongan terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. “Jika tahun 2012 aset total berjumlah 4,9 milyar, maka tahun 2013, naik menjadi 5,1 milyar,” kata Drs. H.M. Rusdi, M.Ag, Ketua KPRI saat menyampaikan kata sambutan pada rapat tahunan di MAN Lamongan, Minggu (23/2).

Dihadapan sekitar 400 anggota koperasi yang hadir dia menyampaikan, dari sisi keanggotaan, Koperasi yang dipimpinnya terus mengalami peningkatan yang signifikan. Jika tahun 2010 berjumlah 319 anggota maka pada tahun 2013 memiliki anggota 433 orang.

Kemajuan yang telah dicapai koperasi haruslah tetap tidak boleh melupakan tujuan utamanya. Tujuan didirikan koperasi harus profit oriented dan kesejahteraan para anggota. Demikian disampaikan Drs. H. Leksono, M.Pd.I, Kakankemenag Lamongan, yang juga hadir sembari mengingatkan pada jajaran pengurus koperasi tersebut.

Pada akhir tahun ini atau tahun 2015, menurut Suradi, Pengurus PKPRI Lamongan, menginformasikan, sesuai dengan Undang-Undang Perkoperasian yang baru, setiap koperasi harus mengubah AD/ART, salah satunya koperasi yang memiliki usaha simpan pinjam dan pertokoan, masing-masing harus ada pengurusnya sendiri-sendiri.(Yit)

Kemenag Jatim: MAN SRONO GELAR OLIMPIADE MATEMATIKA

Kab. Banyuwangi Jawa Timur (Humas/MAN Srono) – Untuk meningkatkan mutu dan kualitas anak didik, khususnya mata pelajaran Matematika perlu diadakan uji kemampuan lewat berbagai macam cara. Salah satunya dengan ajang olimpiade. Seperti yang dilaksanakan di kampus Madrasah Aliyah Negeri Srono, Minggu (23/2). Olimpiade Matematika yang digelar kali ini diikuti sebanyak 149 peserta siswa-siswi MTs-SMP se Kabupaten Banyuwangi.

Kepala MAN Srono Drs. H. Mujikan, M.PdI ketika membuka kegiatan ini mengatakan, olimpiade ini bertujuan untuk mengukur sekaligus mengasah kemampuan anak didik khususnya mata pelajaran Matematika. Tidak hanya itu, Mujikan menjelaskan, dengan olimpiade ini diharapkan kulitas mereka terus meningkat sesuai dengan standar dunia pendidikan.

Mereka yang berhasil menggondo juara pada event ini adalah siswi utusan SMP Negeri I Srono sebagai juara pertama. Kemudian diposisi kedua diraih siswi dari MTs Negeri Srono, sedangkan utusan MTs Negeri Sambirejo harus puas berada di urutan ketiga. Acara ini dihadiri oleh FORPIMKA dan perwakilan UPTD Kecamatan Srono. (Yas)

Kemenag Jatim: TIM FUTSAL MTsN PILANGKENCENG JUARA I BUPATI CUP 2014

Kab. Madiun, Jatim (MTsN Pilangkenceng)- MTsN Pilangkenceng keluar sebagai pemenang dalam lomba pertandingan Futsal memperebutkan Piala Bupati Madiun (Bupati Cup) yang diselenggarakan (17-22/2) oleh IPNU dan IPPNU Kab. Madiun. Dari 26 Tim setingkat Sekolah Tingkat Pertama (SMP), MTsN Pilangkenceng bertemu dengan SMPN1 Gemarang dalam partai Final Sabtu (22/2) dengan skor 4 – 2 untuk kemenangan MTsN Pilangkenceng. Dalam partai final tersebut Tim dari MTsN Pilangkenceng sempat ketinggalan dari SMPN 1 Gemarang dengan skor 1–1, 1–2, dan akhirnya bisa menang dengan skor 4 – 2.

Keberhasilan ini berkat kerja keras dan kekompakan Klub yang solid dan dengan sportifitas yang tinggi. Hal ini membuktikan MTsN Pilangkenceng maju sebagai Juara.Kendati demikian hal tersebut tak terlepas dari latihan latihan yang digelar sebelum pertandingan. Penyerahan hadiah oleh Sutopo selaku Ketua PSSI Kab. Madiun mewakili Bupati Madiun serta dari Bank Jatim selaku sponsor dalam kegiatan tersebut. Hadiah yang diberikan berupa Trofi dan uang pembinaan serta trofi bergilir rencana akan di terimakan pada (1/3) di Pondok Al-Mujadadiyah Jalan Raya Kare oleh H. Muhtarom selaku Bupati Madiun yang bersamaan dengan kegiatan Konfercab XV PC IPNU dan IPPNU Kab. Madiun.

Selamat kepada Tim Futsal MTsN Pilangkenceng, Bravo dan maju terus dunia olahraga khususnya Futsal di Kab. Madiun khususnya Madiun utara …(H.D Humas)

Kemenag Jatim: Penyusunan USBN PAI Kota Blitar

Kota Blitar (Humas) – Pada Sabtu (15/02), Kantor Kementerian Agama Kota Blitar menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI). Kegiatan ini dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Kota Blitar mulai pukul 08.00 hingga pukul 14.00 WIB.

Penyusunan USBN PAI ini diikuti oleh dua puluh empat (24) peserta yang merupakan anggota tim Penyusun USBN PAI yang telah ditunjuk dari masing-masing jenjang pendidikan di tingkat SD, SMP dan SMA. Kegiatan dibuka oleh M. Kanzul Fathon, S. Ag. –Kasi Haji & Umroh yang merangkap sebagai Plt. Kasi Pakis Kantor Kementerian Agama Kota Blitar.

USBN PAI, seperti disampaikan oleh M. Kanzul Fathon, S. Ag., merupakan ujian akhir sekolah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memenuhi kualitas standar nasional dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan pada setiap jenjang pendidikan. Dimana kegiatan ini terlebih dulu sebelumnya telah diawali dengan melakukan sosialisasi dan koordinasi untuk KKG/MKG PAI se-Kota Blitar yang dilakukan pada Rabu (12/02) oleh Kantor Kementerian Agama Kota Blitar.

Lebih lanjut M. Kanzul Fathon, S. Ag. menyamapaikan, tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kewibawaan PAI sebagai salah satu mata pelajaran pada tingkat satuan pendidikan. Dan yang tidak kalah penting, “Untuk meningkatkan motivasi dan kesungguhan peserta didik dalam mempelajari PAI.”. (moza)


Kemenag Jatim: Langkah Awal Dalam Penyerapan Anggaran Tahun 2014

Kabupaten Jember, Jatim (Humas) Pada Kamis (20/2) bertempat di lantai II Masjid At-Taqwa Kankemenag Kab. Jember, dilaksanakan sinkronisasi langkah sebagai awal dalam penyerapan Anggaran Tahun 2014. Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kab. Jember duduk bersama dengan para Kasi , Penyelenggara, dan PPK serta pengelola keuangan di tiap seksi menyamakan persepsi, menyatukan langkah dengan maksud dalam penyerapan DIPA Tahun 2014 akan transparan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dalam kegiatan ini, Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kab. Jember didampingi oleh Perencana ( Drs. Tohiruddin ), beserta Bendahara ( Mukaromah, SE ) menyampaikan secara panjang lebar tentang tahapan-tahapan yang harus dipenuhi ketika akan melakukan penyerapan anggaran. Pengajuan proposal, pelaksanaan kegiatan, penyelesaian tanggung jawab keuangan dan hasil akhir berupa Laporan Pertanggungjawaban dijelaskan secara terperinci, diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan tercipta tatanan administrasi keuangan yang lebih rapi, transparan dan sesuai peraturan yang berlaku (ratna)

Comments