Skip to main content

MTQ Nasional di Batam Tunggu Jadwal Presiden

MTQ Nasional ke-25 di Batam Akan Dibuka Presiden SBY
MTQ Nasional ke-25 di Batam Akan Dibuka Presiden SBY
MTQ Nasional di Batam Tunggu Jadwal Presiden
Batam, InfoPublik - Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-25, Soerya Respationo mengatakan seluruh persiapan hampir rampung, sementara pelaksanaannya tinggal menunggu jadwal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
"Persiapan terus kita lakukan untuk menyelenggarakan iven tersebut. Namun kendalanya, kapan hari H masih belum diputuskan. Karena masih menunggu keputusan dari Mensesneg yang akan mengatur jadwal Presiden untuk membuka kegiatan itu nanti," kata Soerya di Dompak, Tanjungpinang, Rabu (5/2).

Soerya mengatakan telah melakukan pertemuan dengan Menteri Agama Surya Dharma Ali di Jakarta, beberapa waktu lalu. Waktu pelaksanaannya didapati tanggal 6-15 Juni namun masih belum final karena belum ada keputusan dari Presiden.

"Mudah-mudahan dalam beberapa waktu ke depan, sudah ada keputusan tanggal berapa dimulai pembukaan kegiatan tersebut," jelasnya.

Belum adanya keputusan resmi, kata Soerya, membuat pihaknya belum berani melakukan booking hotel untuk penginapan para kafilah. "Hal itu menyangkut anggaran. Namun demikian telah dikoordinasi dengan pihak hotel di Batam. Jangan sampai hal itu menjadi ganjalan untuk kesuksesan pelaksaan MTQ," katanya

Sebelumnya, Gubernur Kepri Muhammad Sani beserta rombongan panitia MTQ Nasional menemui Menteri Agama (Menag) Surya Darma Ali di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Direktur Penerangan Agama Islam di Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) Euis Sri Mulyani mengatakan, Menteri Suryadharma Ali telah menyetujui pelaksanaan MTQN ke-25 digelar di Batam, Kepri pada 6–15 Juni 2014. Menag berharap iven dua tahunan ini bisa berjalan sukses seperti di Ambon.

MTQN ke-25 di Batam dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pihak Kementerian Agama telah membuat surat permohonan resmi yang disampaikan ke Istana Negara untuk memastikan kesediaan Presiden. (Irma/toeb) MTQ Nasional di Batam Tunggu Jadwal Presiden.
MTQ Nasional ke-25 di Batam Akan Dibuka Presiden SBY
KEPRI, (Terkini24.com)- Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan membuka MTQ tingkat nasional ke-25 di Batam pada Juni 2014 mendatang.

Kedatangan Presiden itu rencananya akan disejalankan dengan peresmian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulaulan Riau di Kabupaten Bintan. "Kita harapkan kedatangan Presiden nanti. Selain membuka pelaksaan MTQ nasional di Batam juga dapat meresmikan penegerian STAIN," ujar Gubernur Kepri, HM Sani, kepada wartawan, Jumat (17/1/2014).

Sani menuturkan, tahap persiapan MTQ itu sendiri sudah mencapai 70 persen. Dia juga optimis MTQ nasional di Batam dapat terselenggara dengan baik karena akomodasi di Batam sudah representatif.

"Yang penting bagaimana nantinya kita sukses sebagai tuan rumah, sukses sebagai pelaksana, dan sukses sebagai pemenang," kata Sani.

Sementara itu, Ketua STAIN Kepri, Razali Jaya, mengatakan, penegerian STAI Sultan Abdurrahman Kepri berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam No Dj.I/457/2010 pada 20 Juli 2010 tentang Izin Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.

Dia menjelaskan, STAIN Sultan Abdurrahman memiliki tiga fakultas, yakni Fakultas Ushuluddin program studi Ilmu Al Qur"an dan Tafsir, Fakultas Tarbiyah dengan program studi (prodi) Manajemen Pendidikan Islam, serta Fakultas Syariah dengan prodi Akhwal Syahsiyah/Hukum Keluarga dan prodi Mu"amalah/Hukum Ekonomi Syari"ah.

"Tahun akademik 2010/2011 sudah terdaftar 30 orang mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan baru. Nantinya, STAIN ini akan pindah ke Desa Tembeling di Bintan karena sudah tersedia lahan seluas 20 hektar untuk pembangunan kampus. Dan sejak 2012 sudah dilakukan pembangunan," terang Razali.

Dia menambahkan, dosen di STAIN Sultan Abdurrahman berjumlah 38 orang, dengan kualifikasi pendidikan pascasarjana sebanyak 34 orang, dan sarjana S1 empat orang.

Untuk sementara, gedung perkuliahan memanfaatkan bekas kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan di Jalan MT Haryono Batu 3 Tanjungpinang. "Kelak jika pembangunan kampusnya selesai, akan dipindahkan ke Desa Tembeling," ujarnya. (Ted) MTQ Nasional ke-25 di Batam Akan Dibuka Presiden SBY.

Comments