Skip to main content

Kemenag Kalbar: Rakor Bimas Islam Kemenag Kabupaten Pontianak

Kemenag Kalbar: Rakor Bimas Islam Kemenag Kabupaten Pontianak
Kemenag Kalbar: Rakor Bimas Islam Kemenag Kabupaten Pontianak
Kemenag Kalbar: Waspada Menjelang Pemilu

“Hendaknya kita semua waspada dengan adanya isu peredaran uang palsu berkaitan dengan Pemilu yang tak lama lagi akan dilaksanakan,’’kata Yanto ,SE Penyelenggara Bimas Budha Kankemenag Kota Pontianak dalam pembinaanya didepan para pegawai peserta apel pagi dilingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak pada hari Kamis (06/03/2014) pukul 07.30 WIB.

Selain itu Yanto,SE juga mengatakan “Hendaknya kita semua aparatur pemerintah lebih memelihara dan meningkatkan kebersamaan. Meningkatkan komunikasi dan koordinasi antara sesama pegawai Kementerian Agama dalam rangka mendukung program-program Kementerian Agama.

Dan hendaknya pegawai Kemenag harus bisa memilah dan tidak mencampur adukan antara masalah pribadi dengan masalah kantor.’’ Selain para staf Kankemenag Kota Pontianak , hadir pula pada kegiatan apel pagi Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak pada hari hari kamis (06/03/2014) tersebut Kasubbag Tata Usaha H. Abdulbar,S.Ag dan para kasi/penyelenggara lingkungan Kankemenag Kota Pontianak yaitu Kasi Bimas Islam Usman.R,S.Pd.I, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H.Ernan ,S.Ag, Penyelenggara Syari’ah Busroh, Kasi Diniyah dan Pondok Pesantren H. Syamsul Bahri,S.Ag,M.Si.

Kemenag Kalbar: Rencana Sosialisasi UN Tahun 2014

Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah /Ujian Nasional tingkat Madrasah Ibtidaiyah/Madrasah Tsanawiyah/Madrasah Aliyah maka melalui Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Ujian Nasional.

Kegiatan Sosialisasi Ujian Nasional tersebut rencananya Insya Allah akan dilaksanakan pada hari sabtu (08/03/2014) ini. Tempat pelaksanaan sosialisasi tersebut di Hotel Surya yang beralamat Jl.Sidas No.11-A Pontianak. Adapun jumlah peserta yang akan diundang mengikuti kegiatan sosialisasi ujian sebanyak 30 orang yang merupakan kepala madrasah swasta di lingkungan kankemenag kota pontianak.

“ Tujuan kegiatan tersebut adalah mensosialisasikan hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan ujian nasional. Adapun narasumber yang akan mengisi kegiatan adalah Drs. Pariyono yang merupakan Sekretaris Panitia Ujian Nasional Kota Pontianak dan Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kankemenag Kota Pontianak yang sekaligus merupakan anggota panitia ujian nasional Kota Pontianak.

Adapun target yang ingin dicapai adalah para peserta memahami dengan baik dan benar hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ujian sehingga ujian tersebut dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku” kata H.Makpul,S.Ag Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak ketika ditemui dan diminta keterangan terkait sosialisasi ujian diruang kerjanya pada Hari Rabu siang (05/03/2014) .

Kemenag Kalbar: Rakor Bimas Islam Kemenag Kabupaten Pontianak

Sejumlah agenda kegiatan di Kementerian Agama Kabupaten Pontianak sudah ada yang mulai berjalan, salah satunya adalah kegiatan Rapat Koordinasi oleh Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Pontianak. Pada hari Rabu (06/03/14), di Gedung PGRI Mempawah.

Kegiatan Rakor Bimas Islam yang diketuai oleh H. Yusman, S.Pd.I ini di buka secara resmi oleh Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Pontianak Drs. H. Kasiman, HN. Dalam sambutannya Drs. H. Kasiman HN mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang hadir, seraya berharap para peserta untuk serius dan benar-benar mengikuti acara ini hingga selesai, sehingga mendapatkan hasil pengetahuan yang maksimal, ujar H. Kasiman.

H. Kasiman juga berharap kepada seluruh peserta yang hadir untuk mengetahui sekaligus memahami produk hukum yang ada di Kementerian Agama, seperti UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan, UU No. 32 Tahun 1954 dan UU No.22 Tahun 1946 tentang pencatatan nikah, talak dan rujuk serta KMA No. 517 Tahun 2001 tentang tugas dan fungsi KUA Kecamatan.

Sementara itu H. Yusman, S.Pdi selaku ketua panitia kegiatan Rakor Bimas Islam dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh Kepala KUA, Penghulu dan Penyuluh Fungsional. Yang terdiri dari Kepala KUA Kecamatan se Kabupaten Pontianak sebanyak 7 orang, Penghulu Fungsional sebanyak 5 orang, dan Penyuluh Fungsional sebanyak 10 orang.

Dilaksanakannya kegiatan ini dengan harapan: 1) meningkatkan administrasi NR, 2) Meningkatkan koordinasi dengan instansi/lembaga terkait, 3) peningkatan SDM KUA, penghulu dan penyuluh, 4) dimilikinya peta dakwah dan peta wilayah, serta pemeluk agama Islam di wilayah masing-masing, dan 5) terdapat data valid mengenai lembaga keagamaan dan data rumah ibadah khususnya masjid dan musholla di wilayah Kab. Pontianak.

Sebagai nara sumber dari kegiatan ini adalah terdiri dari tiga Nara sumber yaitu: 1) Kabid Bimas Islam Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, 2) Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Pontianak, Kasi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Pontianak (RUDI/MPW).

Comments