Skip to main content
Kemenag Kalbar: Sosialisasi Pelaksanaan UAS, UAMBN, dan UN Kemenag Kubu Raya
Kemenag Kalbar: Sosialisasi Pelaksanaan UAS, UAMBN, dan UN Kemenag Kubu Raya
Kemenag Kalbar: Sosialisasi Pelaksanaan UAS, UAMBN, dan UN Kemenag Kubu Raya http://kalbar.kemenag.go.id

Kegiatan ini dilakukan di Restoran Bumbu Desa pada Hari Selasa tanggal 04 Maret yang dihadiri oleh Dra. Hj. Isriyah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya, H. Nursahid, S. Ag Kasubbag TU, Rakiman, S.Ag Penyelenggara Buddha sebagai undangan untuk pembukaan acara.

Peserta kegiatan 73 orang terdiri dari penyelenggara Ujian MI, MTs dan MA serta Pengawas Madrasah se-kabupaten Kubu Raya. Acara dimulai dengan sambutan Dra. Hj. Isriyah sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya. Dalam sambutannya Dra. Hj. Isriyah mengharapkan lulusan siswa siswi kita kelak akan menjadi orang yang jujur, berakhlak mulia dan begitu juga guru-gurunya bisa menjadi suri tauladan anak didiknya, ini harapnya.

Acara ini berlangsung dari jam 07.30 WIB sampai 16.00 WIB dengan tema Program Dinamika Perubahan Ujian 2014. Materi pertama disampaikan oleh H. Mujib, S Ag Kepala Seksi Pendis tentang kebijakan pemerintah dan Materi kedua sekaligus terakhir oleh H. Abdul Kholik, BA Pengawas PAI MTs-MTsN/SLTP/SLTA/MA tentang Petunjuk Tertulis Pelaksanaan Ujian 2014.

Kemenag Kalbar: Orang Tua itu Teladan Bagi Anaknya http://kalbar.kemenag.go.id

Buah itu jatuh tidak akan jauh dari pohonnya. Pepatah lama tersebut biasanya dipakai untuk menunjukkan bahwa prilaku anak tidak akan jauh berbeda dari orang tuanya. Kalau sifat atau prilaku anaknya baik biasanya terlahir dari keluarga yang baik. Sebaliknya, kalau anaknya berprilaku “kurang baik” biasanya berasal dari keluarga yang “kurang baik” pula.

Meskipun terkadang pernyataan tersebut tidak seratus persen benar. Bahkan ada pula yang bilang kalau anak-anak itu adalah sebuah mesin fotokopi hidup. Hal tersebut bisa dimaklumi. Seorang anak biasanya akan meniru apa yang dilihatnya dari orang tuanya di rumah.

Meniru kebiasaan yang dilakukan oleh ayah dan ibunya. Karena anak-anak dibentuk salah satunya melalui lingkungan keluarga. Meskipun lingkungan sosialnya juga sangat berpengaruh besar. Oleh karena itu, sebagai orang tua terutama ibu hendaknya mampu menjadi teladan atau contoh yang baik bagi anak-anaknya. Hal tersebut disampaikan Drs. M. Daud saat memberikan penyuluhan kepada dua majelis taklim binaannya di Gg. Gotong Royong I Kelurahan Sungai Jawi Luar Pontianak Barat, Selasa (4/3/2014).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Penyuluh fungsional dan Non PNS dengan KUA Pontianak Barat. Dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pontianak Barat, Drs. H. M. Zaini juga ikut memberikan penyuluhan tentang keluarga sakinah. Dilanjutkan penyerahan bantuan AlQur’an kepada dua majelis taklim, yakni Majelis Taklim Nurul Iman yang diterima ketuanya Isnawati dan Majelis Taklim Tarikatul Khairiyah, yang diterima ketuanya Hj. Jasimah.

“Alhamdulillah, sampai hari ini sudah 14 majelis taklim yang menerima bantuan AlQur’an dan Juz ‘Amma dari dua kelurahan yang kita kunjungi. Yakni Kelurahan Sungai Beliung dan Kelurahan Sungai Jawi Luar. Insya Allah kita akan upayakan bisa mengunjungi majelis taklim-majelis taklim yang ada di seluruh kelurahan di Pontianak Barat untuk melakukan pembinaan dan penyuluhan keluarga sakinah,” kata M. Zaini usai acara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Penyuluh Non PNS Kemenag Kota Pontianak, ibu Wahdah yang ikut membina majelis taklim di wilayah Kecamatan Pontianak Barat. Menurut M. Daud dan Wahdah, Selain diberikan penyuluhan agama, ibu-ibu majelis taklim juga diajarkan seni baca AlQur’an (Tilawah) dan tartil, barzanji, maulid, Shalawat juga Qasidah.*(Sumiati/Ptk)

Kemenag Kalbar: BKMT Kota Pontianak Sosialisasi Pendidikan Karakter http://kalbar.kemenag.go.id

Setelah sukses menggelar Sosialisasi Undang-Undang Perkawinan dan Hukum Waris beberapa waktu lalu, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Daerah Kota Pontianak akan menggelar Sosialisasi Pengembangan Kepribadian berdasarkan Pendidikan Karakter, dengan narasumber Dr. H. Aswandi, Dekan FKIP Untan Pontianak.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan Jumat, 7 Maret 2014, di Aula Cyber Versity Pontianak, Taman Permata Indah Jalan Abdurahman Saleh Nomor A9. Ketua BKMT Daerah Kota Pontianak, Hj. Suratminah mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja BKMT Daerah Kota Pontianak tahun 2014. Menurut rencana, kegiatan tersebut akan dihadiri dan dibuka langsung Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak, Drs. H. Ja’far. A, M.Si.

“Seluruh persiapan sudah dilakukan. Tinggal menunggu hari pelaksanaan saja. Bapak Kepala Kemenag Kota Pontianak juga menyatakan kesiapannya untuk hadir dan membuka acara tersebut,” kata Suratminah usai bertemu Kepala Kemenag Kota Pontianak, Rabu (5/3/2014).

Kegiatan yang ditujukan untuk pengurus dan anggota BKMT se Kota Pontianak tersebut akan diikuti sekitar 50 peserta. Sosialisasi akan dimulai pukul 13.30 WIB. “Kami sudah mengirim surat kepada seluruh cabang BKMT se Kota Pontianak. Setiap cabang diharapkan bisa mengirimkan lima peserta. Sisanya akan diisi oleh pengurus daerah. Kami berharap acara bisa berlangsung sesuai rencana,” tambah Suratminah.*(Sumiati/Ptk)

Comments