Skip to main content

Kemenag Kalsel: Seksi Pendidikan Islam Musyawarahkan Penyusunan Soal USBN Tahun 2013/2014

Kemenag Kalsel: Seksi Pendidikan Islam Musyawarahkan Penyusunan Soal USBN Tahun 2013/2014
Kemenag Kalsel: Seksi Pendidikan Islam Musyawarahkan Penyusunan Soal USBN Tahun 2013/2014
Kemenag Kalsel: Seksi Pendidikan Islam Musyawarahkan Penyusunan Soal USBN Tahun 2013/2014 http://kalsel.kemenag.go.id

Banjarmasin, Pelita Ihsan – Dalam rangka mempersiapkan dan mensukseskan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) PAI pada sekolah Tahun 2014, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kantor Kemenag Kota Banjarmasin yang didampingi para staf beserta para pengawas sekolah mengadakan pertemuan dengan KKG PAI SD Negeri dan Swasta, MGMP PAI SMP, MGPM SMA/SMK, dan pengawas se Kota Banjarmasin,  di Aula Bararakatan Kantor Kemenag Kota Banjarmasin, Jl. Pulau Laut No. 24, Jumat (07/14) pagi.

Dalam arahannya, Kepala Seksi Pendidikan Islam (PAIS) Kantor Kemenag Kota Banjarmasin Dra. Hj. Mariani, SH. M.Ag, menegaskan bahwa Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI) Untuk pelaksanaannya di Tahun Ajaran 2013/2014 ini, mesti dipersiapkan dengan lebih baik agar kualitas USBN PAI dapat meningkat dari waktu ke waktu. Semua elemen harus bisa bersinergi dengan baik demi terciptanya pelaksanaan USBN PAI Tahun ini yang baik dan berkualitas.

“Kegiatan Penyusunan Soal USBN Tahun 2013-2014 ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membahas segala persiapan menjelang pelaksanaan USBN PAI tingkat Kota Banjarmasin dan membedah kisi-kisi soal USBN PAI Tahun Ajaran 2013/2014 untuk jenjang SD, SMP dan SMA / SMK yang telah dikirim oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam,” kata Kasi PAIS Dra. Hj. Mariani, SH, M.Ag.

Sementara itu, Drs. H. Hermansyah, selaku Ketua Pengawas (Pokjawas) Kantor Kemenag Kota Banjarmaisn menyampaikan agar para pengurus KKG PAI SD Negeri dan Swasta, MGMP PAI SMP, MGPM SMA/SMK, se Kota Banjarmasin dalam penyusunan dan pembuatan soal USBN hendaklah mengacu sesuai dengan petunjuk dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam No. DT./II/1/PP.04/15/2013 tentang penyusunan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) PAI pada sekolah Tahun 2013-2014. “Mudah-mudahan USBN Tahun ini mendapat berkah dari Allah SWT,” ujar H. Herman. (Nandar/Abdie)

Kemenag Kalsel: Pramuka MTsN Negara Mulai Mengisi SKU Rakit http://kalsel.kemenag.go.id

Negara – Jum’at (07/03) Setelah melaksanakan kegiatan pelantikan penggalang Ramu di MTsN Negara, nampak mulai berbenah para pembina MTsN Negara yang terdiri dari 2 Pembina Utama dan 4 Bina Bantu, sebagai persiapan untuk melaksanakan pengisian SKU Rakit. SKU sendiri adalah buku persyaratan untuk meraih Tanda Kecakapan Umum yang biasa disematkan kepada anggota yang telah memenuhi syarat untuk mendapatkannya, tolak ukur syarat tersebut ada di SKU (Syarat Kecakapan Umum), dimana materi – materi yang ada dalam Buku Kecil ini adalah standart kelulusan seorang anggota Pramuka untuk menuju jenjang lebih tinggi.

MTsN Negara, sebagai salah satu gugus depan yang aktif, kini juga telah mulai memberlakukan pengisian SKU untuk anggotanya yang telah menjadi Ramu. disela – sela jam pelajaran atau jam istirahat, nampak para anggota pramuka berburu tanda tangan sesuai dengan materi yang ingin mereka uji. Memang, dalam pengujian SKU ini anggota pramukan tidak hanya berfokus pada para pembina, tapi juga kepada seluruh msyarakat sekolah, orang tua, dan unsur – unsur kemsyarakatan seperti Iman Mesjid, KUA, Kecamatan sampai ke Kelurahan.

Batas waktu pengisian tidak pernah ditentukan, selama para anggota Pramuka yang ingin lulus dalam ujian ini masih aktif, mereka diberikan kebebasan dalam menentukan waktu, namun demikian, tetap saja mereka berlomba untuk mendapatkan syarat kelulusan Tanda Kecakapan Umum Rakit ini.

Menurut keputusan dari Kwartir Nasional dalam AD dan ADRT Pramuka Indonesia, jika seorang anggota telah selesai melaksanakan semua uji materi dalam SKU, maka mereka berhak untuk dilantik, dan para Pembina mempunyai kewajiban untuk melantik mereka. Ditemui disela – sela istirahat mengajar Gusriadi selaku Pembina Gugus Depan MTsN Negara mengakui adanya perlombaan antar anggota. “memang ada persaingan positif antar anggota pramuka MTsN Negara, tapi ini bukan masalah, persaingannya tetap dalam konteks positif,” ucapnya.



Uji Materi SKU ini akan terus berlangsung sampai nantinya, para anggota gugus depan akan menduduki tingkatan Terap atau tingkatan tertinggi dari penggalang, baru kemudian tingkatan Pramuka Garuda jika mereka mampu meraihnya.  “Saya optimis kak, selama masih bisa saya akan terus kejar prestasi ini, tidak ada kata tidak tapi yang ada hanya belum,” ucap dik Astina yang ditemui saat mengisi SKU bersama teman – temannya. (Bartman)

Kemenag Kalsel: MIN Habirau Tengah Galang Dana Care http://kalsel.kemenag.go.id

Nagara, MIN HT – Hari Jum’at adalah hari yang paling utama dalam Islam. Kemuliaan hari raya mingguan umat Islam ini tidak hanya waktu mustajab untuk berdo’a, namun Allah akan memberikan pahala yang lebih kepada siapa saja yang bersedekah pada hari tersebut.

Untuk itulah setiap hari Jum’at, MIN Habirau Tengah melakukan penggalangan dana dalam bentuk sedekah dari seluruh siswa dan guru MIN Habirau Tengah. Seperti terlihat pada Jum’at (07/03) menjelang jam istirahat pertama.

Penggalangan dana atau oleh pihak madrasah disebut Dana Care ini sifatnya tidak terikat dan memaksa. Dikoordinir oleh wali kelasnya masing-masing, seluruh siswa secara sukarela dan ikhlas menyisihkan uang sakunya untuk bersedekah. Melalui kegiatan ini anak sejak dini dibiasakan untuk belajar berbagi dan peduli terhadap sesamanya.

Uang yang terkumpul akan dikelola oleh pihak madrasah melalui Ibu Siti Karni, Bendahara Dana Care. Sebagaimana tujuan dari penggalangan dana ini adalah untuk ibadah, uang tersebut akan digunakan untuk aksi-aksi sosial seperti membantu warga MIN Habirau Tengah yang kebetulan terkena musibah.

“Tidak ada ketentuan besaran sedekahnya berapa, mau seratus rupiah itu boleh saja. Yang penting ikhlas. Dana ini akan digunakan untuk aksi sosial. Setiap minggunya akan disisihkan untuk disumbangkan ke Mesjid Besar Al-Ihya. Baru-baru tadi dengan dana ini pula siswa menyumbangkan 2 buah bak sampah ukuran besar untuk Mesjid Besar Al-Ihya. Dan sampai saat ini Dana Care MIN Habirau Tengah masih mempunyai saldo”, ungkap Siti.

Menurut Dra. Hj. Ma’shumah Kepala MIN Habirau Tengah penggalangan Dana Care setiap Jum’at ini tidak lepas dari program Jum’at Mubaraknya MIN Habirau Tengah. “Madrasah kami punya program Jum’at Mubarak. Pada hari ini (Jum’at) kegiatan keagamaan di MIN Habirau Tengah lebih diperbanyak daripada hari-hari biasa. Salah satunya dengan penggalangan Dana Care ini. InsyaAllah dana tersebut akan menjadi amal jariyah bagi siswa dan guru kelak”, terang Hj. Ma’shumah. (Tim CREW (Creative Warrior) / Tim Kreatif MIN HT)

Comments