Skip to main content

Kemenag Kalsel: Tata Usaha Dimonitoring PJS

Kemenag Kalsel: Tata Usaha Dimonitoring PJS
Kemenag Kalsel: Tata Usaha Dimonitoring PJS
Kemenag Kalsel: Tata Usaha Dimonitoring PJS

Negara  - Sebagai salah satu instansi sekolah, tentu sajaTata Usaha merupakan salah satu aspek penting agar roda pendidikandisebuah sekolah berjalan dengan baik, tata usaha sendiri terdiri dari  susunan struktural pengawai ditambah tenaga bantuan yang biasa kita sebutsebagai PTT (Pegawai Tidak Tetap). Pertriwulan, biasanya akan dilaksanakanmonitoring administrasi Tata Usaha, kegiatan ini dilaksanakan langsungoleh Kepala MTsN Negara Bpk. Drs. H Mahyani B, namun karena beliau tidakada ditempat, maka PJS MTsN Negara Bpk. Zulkifli, S.Pd.I yang menggantikanposisi beliau.

Dalam kesempatan ini, Jm’at (07/03)  semua administrasi diperiksa, dari update nomorsurat masuk, berapa jumlah surat keluar, kwitansi surat, kelengkapanadministrasi sampai mengecek kelayakan peralatan elektronik sepertiKomputer, Printer dan Laptop Tata Usaha. Untuk bendahara pengeluaran PJSmemonitor pelaksanaan pengajuan Pagu Ke KPPN Barabai, LPJ dan Aplikasiupdate operator keuangan. “Kegiatan ini rutin dilakukan, sebagai seorangoperator tentunya saya harus selalu menupdate data aplikasi keuangan saya,“kata Ahmad Naziza,S.Pd selaku operator Bendahara Rutin MTsN Negara.

Kepala Tata Usaha juga mempersiapkan lembar penilaian monitoring oleh PJS,dimana nantinya nilai yang diperoleh menentukan seberapa besar revisi yangharus dilakukan oleh Tata Usaha MTsN Negara. “Hasil ini nantinya akanmenjadi acuan dalam pengelolaan Tata Usaha untuk tiga bulan yang akandatang,“ ucap ibu Rusmiati selaku Bendahara Rutin MTsN Negara.

Setelah menerima hasil penilaian PJS, nampak para pegawai tata usahamerasa puas, karena memang diakui, administrasi di MTsN Negara telahersusun rapi dan apik, dikarenakan monitoring  ini telah rutindilaksanakan mulai tahun 2010 yang lalu sehingga hanya sedikit pembenahanuntuk menambah sesuatu yang kurang.

“kita akan terus memantau keadaan Tata Usaha kita, guna menjadikannyalebih baik,“ tambah  Zulkifli setelah menyerahkan lembar penialaiankepada Kepala Tata Usaha MTsN Negara ( BATMAN )

Kemenag Kalsel: Warta MTsN Negara Resmi Diluncurkan

Negara – Sebagai sebuah instansi pemerintah yang bergerakdibidang pendidikan dan dibawah naungan Kementerian Agama, maka MTsNNegara merupakan salah satu instansi dengan jalur memasyarakat, artinyaada kalanya keadaan disekolah bisa diberitahukan atau diketahui olehmasyarakat banyak.

Memang MTsN Negara sudah mempunyai media sosial yang memadai, namun untukmengakses media tersebut diperlukan jaringan global yang disebut internet. Akan tetapi kendalanya ada disini, didaerah seperti Negara, penggunainternet kebanyakan adalah kaum muda atau generasi sekarang saja, sangatjarang orang tua siswa yang notabene adalah generasi terdahulu yang masihsangat jarang menemui sang global connection.Hal inilah yang mendoronguntuk memberikan sebuah inovasi baru bagi terciptanya koneksi antara masyarakatdan sekolah.Setelah melalui penelaahan referensi maka timbullah sebuahide untuk menerbitkan sebuah bacaan untuk segala umur, sehingga lahirlahWarta MTsN Negara.

Warta MTsN Negara sendiri adalah sebuah koran sekolah yang berisikantentang informasi, dimana informasi tersebut layak dibaca oleh masyarakatluas, Warta ini sendiri lahir dari referensi setelah melihat HabarAntaluddin milik Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Para redaksi Warta ini difungsikan dari Staff Tata Usaha MTsN Negara,dimana Ketua dipegang oleh Kepala Tata Usaha selaku kepala Redaksi WartaMTsN Negara, diisikan oleh anggota – anggota yang berkompeten dibidangmasing – masing.

“Ini merupakan ide yang inovatif bagi sekolah, karenasepengetahuan saya hanya MTsN Negara yang menjadi motivator Warta Sekolah”Ucap Bpk Drs. H. Mahyani B sebelum keberangkatan beliau ke acaraSosialisai Kinerja Pegawai ( SKP ) di Hotel Mentari Banjarmasin Kamis (06/03) kemarin.

Dilainpihak salah satu wartawan Warta MTsN Negara Hamidah merasa ini merupakaninovasi brillian dari pihak sekolah untuk memajukan MTsN Negara. “ini akanmemudahkan komunikasi antara dunia luar dengan pihak sekolah,” ungkap Hamidah.

Warta ini sendiri akan diterbitkan dengan deathline 3 bulan 1 kali,  sehingga bagi yang ingin membaca mesti menunggu selama satu triwulan,sesuai hasil rapat tim gabungan redaksi MTsN Negara. (BATMAN )


Kemenag Kalsel: Siswa Kelas VI MIN Habirau Tengah Adakan Ziarah

Nagara, MIN HT – Komplek Pendidikan Islam Parigi (PIP) tidak hanya mempunyai berbagai tingkatan madrasah. Namun ada sisi lain dari komplek pendidikan ini yaitu adanya makam para Wali Allah di sini. Makam-makam para alim tersebut diantaranya seperti makam Tuan Surgi Datu Na’am, KH. M. Yahya, KH. Umar bin Marhasan serta Mu’allim KH Syamsuni.

Dekatnya jarak gedung MIN Habirau Tengah dengan makam-makam ulama tersebut membuat siswa/i MIN Habirau Tengah dengan mudah melakukan ziarah.  Seperti terlihat pada Jum’at (07/03) setelah jam pulang dibunyikan, seluruh siswa/i kelas VI A mengadakan ziarah bersama. Didampingi oleh Wali Kelas, Jastan, S.Pd.I, mereka menziarahi makam Mu’allim KH. Syamsuni yang terletak di sebelah selatan Komplek PIP.

Dalam keadaan wudhu siswa kemudian membacakan surah Yasin secara bersama-sama. Tampak pelaksanaan ziarah ini berjalan dengan hikmat dan lancar hingga selesai. Kegiatan ini sebenarnya merupakan inisiatif dari para siswa untuk meningkatkan spritual dan ketenangan jiwa apalagi menjelang Ujian Akhir yang tinggal beberapa minggu lagi.

“Jujur ada perasaan gugup saat menjelang ujian akhir ini. Untuk itu kami bersama teman-teman mengajak wali kelas untuk mengadakan ziarah ke Makam Mu’allim Syamsuni. InsyaAllah ini akan kami lakukan secara rutin, sebulan sekali mungkin”, ujar Muhammad, ketua kelas VI A.

Usai ziarah Jastan juga mengingatkan kepada anak didiknya untuk terus meminta do’a kepada kedua orang tua di rumah. “Berziarah ke makam wali Allah hukumnya sunah dan sangat bermanfaat bagi kita yang masih hidup. Berdo’a di sekitar makam para wali memang memiliki nilai mustajabahnya”, terang Jastan

“Namun ada yang lebih utama yaitu do’a kedua orang tua. Jangan sampai kalian melupakan kehadiran mereka. Karena do’a mereka lebih cepat dikabulkan oleh Allah. Bahagiakanlah mereka dengan selalu berbakti kepada keduanya. Bapak yakin jika kalian berbakti pasti merekapun akan mendoakan yang terbaik untuk kalian”, tambah beliau mengingatkan. (Tim CREW (Creative Warrior) / Tim Kreatif MIN HT)

Kemenag Kalsel: Gelar Senja Wujudkan Pramuka Yang Berani Berkreasi

Negara – Gelar senja, adalah sebuah acara yang rutindilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Daha Utara, dimanaseluruh pramuka se Daha Utara berkumpul bersama – sama menurunkan benderaMerah Putih namun dibumbui dengan unjuk gelar beberapa Gugus Depan.

Salah satu yang menarik pada gelar senja kali ini adalah sosok pembinabulan ini, yaitu Drs. H. Bustami.Beliau adalah salah satupengawas Madrasah Bawahan Kementerian Agama untuk daerah rayon Daha Utara.

Dalam sambutannya beliau memberikan pujian kepada seluruh Pramuka di DahaUtara yang mau berhadir untuk memeriahkan gelar senja bulan ini. “Saya sangat bangga denga Pramuka daha Utara ini,karena mereka berani tampil dihadapan seluruh peserta dan mengekspresikanserta mengkreasikan diri mereka untuk menunjukkan gelar – gelar yangsangat menghibur, Pramuka memang begitu, harus berani berkreasi,” kata  Bustami Jum’at (07/03).

Peserta yang hadir pada gelar senja kali ini, terdiri dari unsur siaga,penggalang, penegak, racana pandega, Saka Bhayangkara, Wira Kartika,Bhakti Husada, dan PMR MTsN Negara. Ribuan Pramuka melaksanakan acara inisetiap bulannya, dan menjadi motivator bagi Kwarran lain dibawah bimbinganKwartir Cabang Hulu Sungai Selatan.



Perlu diketahui bahwa Daha Utara merupakan salah satu basis kekuatan Pramuka HuluSungai Selatan, dimana basis kekuatan di Dominasi oleh Madrasah, yaitu MTsSatap Pandak Daun dan MTsN Negara yang meraih predikat unggulan 1 danunggulan 3 dalam setiap pegelaran acara di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.(BATMAN)

Comments