Skip to main content

Kemenag Kaltim: Ikhlas Bersama Bagikan SHU

Kemenag Kaltim: Ikhlas Bersama Bagikan SHU
Kemenag Kaltim: Ikhlas Bersama Bagikan SHU
Kemenag Kaltim: Ikhlas Bersama Bagikan SHU

Samarinda (humas) — Humas. Setelah dua tahun berjalan, Koperasi ‘Ikhlas Bersama’ laksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), Rabu (5/3). Hari itu pula, kali pertama Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi dibagikan kepada 60 persen anggota yang hadir di Aula Kanwil Kementerian Agama Prov. Kaltim. Meskipun ada sebagian anggota, SHU nya dimasukkan kepada simpanan sukarela.

Bapak Ahmad Ridani, Kabag TU Kanwil Kemenag Kaltim, selaku penasehat barharap tujuan koperasi sebagai sokoguru perekonomian benar-benar terealisasi. “Koperasi, diharapkan mampu menjadi sokoguru perekonomian nasional. Karena dalam tujuannya, memajukan kesejahteraan masyarakat, khususnya pada anggota”, tegasnya.

Bapak Ridani juga sampaikan bahwa saat ini besaran modal yang dimiliki oleh koperasi mencapai dua ratus juta. “Semakin besar modal yang dimilki koperasi yang diperoleh dari simpanan anggota, maka semakin besar pula peluang pinjaman yang akan diberikan kepada anggota”, tambahnya.

Sementara, Ketua Pengurus Koperasi, H. Budi Susanto, menjelaskan bahwa akan besaran SHU yang diterima sesuai yang disepakati pada rapat awal betrdirinya koperasi, 8 dan 21 Maret 2012.

“Saat itu kita sepakati SHU, 50 persen untuk anggota pasif, ditambah 10 persen bagi anggota aktif, 15 persen untuk dana sosial, dan 15 persen untuk pengurus”, jelas Bapak Budi.

Dan pada rapat tersebut, disepakati, untuk dana sosial diberikan khusus kepada anggota yang ditimpa sakit hingga opname atau yang meninggal dunia. Besarannya masing-masing Rp. 500.000,- . “sepanjang dana yang akan diberikan masih ada”, tegas ketua pengurus.

Kemenag Kaltim: KOORDINASI PERSIAPAN UAMBN 2013/2014 MTs/MA Se- KUBAR

Humas (Kubar, 3 Maret 2014). Menjelang akan dilaksanakannya Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2013/2014 , maka seluruh MTs/MA  di Kabupaten Kutai Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan UAMBN tanggal 3 Maret 2014 bertempat di Aula MTsN Melak. Kegiatan ini bertujuan agar pelaksanaan UAMBN tingkat MTs/MA bisa berjalan sukses dan lancar. Turut hadir pada acara tersebut Kepala Seksi Kependidikan Islam ( H. Ahmad Sofyan, S.Ag ) dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Barat. Dalam pengarahannya Sofyan menekankan agar kepada seluruh MTs/MA dapat mempersiapkan, melaksanakan dan selalu berkoordinasi dengan baik supaya UAMBN dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan. Peserta yang hadir pada kegiatan tersebut diantaranya : Kepala MAN Melak, Kepala MA Subulussalam Kecamatan Barong Tongkok, Kepala MTsN Kecamatan Melak, Kepala MTs Ar-Rahman Kecamatan Bongan, Kepala MTs DDI Tanjung Jone Kecamatan Jempang, Kepala MTs DDI Tering Seberang Kecamatan Tering, Kepala MTs Subulussalam Kecamatan Barong Tongkok, dan Wakil Kepala MTs An-Nur Muara Tae Kecamatan Jempang. Hasil dari pertemuan tersebut menyepakati beberapa keputusan penting yakni :

    Menyepakati kerahasian pelaksanaan UAMBN.
    UAMBN dilaksanakan untuk tingkat MTs dan MA.
    Penggandaan soal dilaksanakan oleh penyelenggara melalui Kelompok Kerja Madrasah (KKM).
    Membentuk Tim Pengawas Ujian.
    Pemeriksaan hasil UAMBN dilakukan oleh Tim Penyelenggara.

Kemenag Kaltim: Penutupan MTQ Ke 39 Kabupaten Bulungan, Kecamatan Tanjung Selor Kembali Bawa Piala Bergilir

Tanjung Selor (Humas) Jum’at (28/2), Dengan peroleh poin 83, akhirnya Kafilah Kecamatan Tanjung Selor kembali membawa pulang Piala bergilir MTQ ke 39, didampingi Camat Tanjung Palas dan Kakankemenag Bulungan Drs.H.A.Nabhan, Bupati Bulungan serahkan Piala Bergilir kepada Camat Tanjung Selor yang tahun lalu juga membawa pulang piala bergilir, gelaran MTQ Tingkat Kabupaten Bulungan Ke 39 di Kecamatan Tanjung Palas resmi di tutup oleh Bupati Bulungan pada kamis (27/2).

Sebelumnya, Drs.H.A.Nabhan dalam sambutannya berharap hasil MTQ ini dapat berbuat yang terbaik untuk Bulungan pada MTQ Tingkat Provinsi Kaltim dan Kaltara yang berlangsung pada bulan Mei mendatang di Sanggata Kabupaten Kutim, Beliau menegaskan juara I semua cabang mutlak mewakili Kafilah Kab. Bulungan pada MTQ tingkat provinsi dan mengikuti TC (training centre) yang akan dilaksanakan LPTQ guna meningkatkan kemampuan para peserta, kecuali cabang Fahmil, Syarhil yang akan diseleksi lagi.

Hal menarik dalam malam penutupan tersebut, Bupati Bulungan dalam sambutannya langsung memutuskan bahwa tahun depan MTQ ke 40 Kabupaten Bulungan Tahun 2015 akan dilaksanakan di Kecamatan Tanjung Palas Timur, MTQ ke 39 tahun 2014 yang semestinya di laksanakan di Kecamatan Tanjung Palas Timur, dipindahkan di Tanjung Palas karena masih banyak kendala yang di hadapi khususnya kurangnya ketersedian pasokan listrik dan kondisi jalan yang rusak, Bupati menyampaikan tahun depan Tanah Kuning Kecamatan Tanjung Palas Timur akan menjadi tuan rumah dan tidak akan ada perubahan lagi, Bupati meminta kepada semua pihak terkait, khususnya Distamben, PU dan PLN segera mengupayakan perbaikan – perbaikan agar akses jalan dan sarana penunjang pelaksanaan MTQ ke 40 Kabupaten Bulungan, beliau meminta sebelum MTQ dengan tenggang waktu yang ada, semuanya sudah bisa teratasi.Hasil MTQ Ke 39, 1. Tanjung Selor 83 poin, 2. Tanjung Palas Timur 56 poin, 3. Bunyu 27 poin, 4. Sekatak 27 poin, 5. Tanjung Palas 24 poin, 5. Peso Hilir 12 poin, 7. Tanjung Palas Tengah 9 poin, 8. Tanjung Palas Utara 8 poin, 9. Peso 1 poin, dan 10. Kecamatan Tanjung Palas Barat 1 poin. (3r)

Berita Lainnya:
PEMBUKAAN MTQ KE 10 TK. KAB. MALINAU
WABUP H. M GUFRON YUSUF MENUTUP MTQ KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA KE-36 DI KEMBANG JANGGUT
478 PESERTA MTQ KE-36 KAB. KUKAR LOLOS VERIFIKASI
MTQ KE-36 KAB. KUKAR DI KEMBANG JANGGUT RESMI DIBUKA BUPATI
Sekda Kota Bontang Tutup MTQ Ke-8 Kecamatan Bontang Barat 2014
Pembukaan MTQ ke X Tingkat Kabupaten Kutai Timur


Comments