Skip to main content

Kemenag Kaltim: RAPAT KOORDINASI HAJI KEMENAG KUBAR BERSAMA BANK KALTIM DAN BRI

Kemenag Kaltim: Audit Kinerja dan Syari ah BAZNAS Kutai Timur
Kemenag Kaltim: Audit Kinerja dan Syari ah BAZNAS Kutai Timur
Kemenag Kaltim: RAPAT KOORDINASI HAJI KEMENAG KUBAR BERSAMA BANK KALTIM DAN BRI

Humas (Kutai Barat, 5 Maret 2014). Menjelang akan dilaksanakannya persiapan haji 2014 M/1435 H, maka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Barat menggelar Rapat Koordinasi Haji yang dilaksanakan pada tanggal, 4 Maret 2014 bertempat di ruang Kepala Kantor Kemenag Kutai Barat.

Hadir pada acara tersebut Kepala Kantor Kemenag Kutai Barat (H. Muhammad Isnaini, S.Ag, M.Pd), Penyelenggara Haji dan Umroh (Sedyo Wiyanto, S.Ag) dari pihak Bank Kaltim Cabang Melak (Alfrida Kadang), dan dari KCP BRI Melak (Sopriyanita Filemon). Dalam sambutan/pengarahannya Muh.

Isnaini menjelaskan dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang sudah terjalin selama ini antara Kementerian Agama Kutai Barat dengan pihak bank khususnya dalam hal pelayanan tabungan haji. Beliau juga menekankan agar pihak bank dapat dengan segera menindaklanjuti apa yang sudah diamanahkan dalam Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Nomor : D/303 Tahun 2013 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Ketentuan BPS-BPIH tertanggal 30 Mei 2013, Surat Dirjend Pengelolaan Dana Haji Nomor : Dt.VII.III/1/HJ.00/288/2014 berdasarkan Surat Dirjend Penyelenggaraan Haji dan Umroh Nomor : Dj.VII.III/1/HJ.00/5378/2013 tanggal 29 Nopember 2013 tentang Pemberitahuan Hasil Seleksi BPS-BPIH, dan Surat Kakanwil Kemenag Prov. Kaltim Nomor : Kw.16.4/4-a/HJ.00/081/2014 tanggal 9 Januari 2014 tentang Edaran BPS-BPIH Hasil Seleksi Kementerian Agama RI.

Hasil dari rapat koordinasi tersebut membuat kesepakatan bersama yang intinya pihak bank memberikan penjelasan publik, pemindahan data dan dana jamaah calon haji dengan segera sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sementara itu dari penjelasan pihak bank akan segera berkoordinasi dan menindaklanjuti hal tersebut.(MSN).

Kemenag Kaltim: Audit Kinerja dan Syari ah BAZNAS Kutai Timur

Kutai Timur (Humas). Tim Auditor dari BAZNAS Prov. Kaltim melakukan audit laporan Kinerja dan juga keuangan syari’ah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kutai Timur yang bertempat di Kantor Kementerian Agama Kab. Kutai Timur selama 2 hari, yakni tanggal 04 hingga 05 maret.

Selain mengecek laporan kinerja, tim audit yang terdiri dari Dr. Puriyadi, M.Si, Mursyid, M.Ei dan Ahmad Barkhati melakukan audit tentang laporan keuangan syari’ah baik berbentuk laporan input, output dan pula outcome dari keuangan BAZNAS Kutai Timur.

Sesuai Peraturan Pemerintah No 14 tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU No 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat, Kelembagaan lembaga Amil Zakat haruslah memiliki 3 aspek dalam pelaksanaan pengelolaan tersebut, yakni struktur dan tata organisasi BAZNAS, kelembagaan BAZNAS Daerah serta efektivitas keanggotaan BAZNAS, dalam hal pengumpulan kemudian penyalurannya kepada para mustahik-mustahik.

Ketua BAZNAS Kutai Timur, H. Idrus Yunus mengatakan “dalam pengelolaan keuangan lembaga selalu transparansi dan juga memberikan laporannya tiap bulan, baik kepada kantor Kementerian Agama maupun pemerintah daerah, agar setiap elemen-elemen tersebut dapat secara riil dan mengetahui laporan-laporan kinerja dan keuangan syari’ah dari BAZNAS”.

Hal ini, merupakan bagian dari ketransparansian umat yang harus kami kerjakan dan zakat yang dikumpulkan tersebut nantinya akan disalurkan melalui program-program dari BAZNAS Kutai Timur, diantaranya Kutim Sehat, Kutim Cerdas, Kutim Makmur, Kutim Taqwa dan Kutim Peduli”. Terangnya. (fds)

Kemenag Kaltim: Kakanwil : Cermati Rencana Kegiatan Madrasah Tahun 2014

Balikpapan (humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Kaltim Dr.H.M.Kusasi,M.Pd meminta kepada semua Kepala Madrasah Negeri baik MIN, MTsN dan MAN dilingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur agar dapat mencermati kembali rencana kegiatan tahun 2014 ini sehingga dapat meenyelesaikan program kegiatan dan merealisasikan anggaran dengan sesuai jadwal yang telah dibuat, hal ini disampaikan pada acara Pembukaan Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah Tahun 2014 di Hotel Grand Jatra Balikpapan, rabu (5/3).

Dalam arahannya Kakanwil mengatakan Kementerian Agama Kalimantan Timur memiliki Satker sebanyak 58, diantaranya sebanyak 43 Satker itu adalah Madrasah yaitu MIN ada 11, MTsN ada 20 dan MAN ada 12, oleh karena itu peran Madrasah Negeri dalam merealisasikan anggaran sangat berpengaruh terhadapat jumlah realisasi anggaran Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, tegas nya.

Kakanwil juga mengevaluasi realisasi anggaran pada Madrasah Tahun 2013 yang lalu sembari bertanya langsung kepada peserta “ apasih masalahnya ? ujarnya.

Untuk tahun 2014 ini Kakanwil menghimbau kepada peserta Rakor untuk beberapa hal sebagai berikut :

    Segera terbitkan SK pengelola keuangan.
    Pelajari RKAKL dan lakukan revisi apabila diperlukan.
    Buat disbursement plan untuk satu tahun anggaran 2014.
    Umumkan pengadaan melalui LPSE Rencana Umum Pengadaan Barang dan Jasa (RUP) tahun 2014.
    Siapkan pedoman dan juknis pelaksanaan kegiatan.
    Berkoordinasi dan Bekerjasama untuk kelancaran pencairan dana BOS – BSM.

Laporan panitia yang disampaikan Mulyadi peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 72 orang terdiri dari para Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Madrasah Kemenag Kab./Kota dan Para Kepala Madrasah di dilingkungan Kanwil Kemenag Prov. Kaltim, hadir pada acara ini Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kaltim Hj. Ity Rukiyah, Kakankemenag Kota Balikpapan H. Saifi dan para Kasi di Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kaltim.(rd).

Kemenag Kaltim: MUSABAQAH QIRA ATIL KUTUB KABUPATEN PASER TAHUN 2014

Paser (humas) — Pada Hari Senin Tanggal 3 Maret 2014 Kantor Kementerian Agama Kab. Paser melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren telah melaksanakan Musabaqah Qira’til Kutub Kab. Paser Tahun 2014 bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser yang dibuka oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Paser Drs. H. Maslekhan dengan Jumlah Peserta 24 Orang dengan rincian sebagai berikut :

1. Tingkat ‘Ula 12 orang

2. Tingkat Wustha 11 orang

3. Tingkat Ulya 1 orang

Adapun yang diperlombakan bidang Nahwu (Al-Ajurrumiyah  karya Syaikh Abu Abdillahas-Shanhaji), Tarikh (Khulashah Nur Al-Yaqin), Fiqh (Fath Al Qarib Al-Mujib ‘Ala Al-Syarh Al-Taqrib karya Syaikh Muhammad bin Qasim), Hadis (Subulas-Salam, karya Imam As-Shan’ani), Akhlak (Ta’limulmuta’allim), dan usul Fiqh (Al-Waraqat Fi Usul Al-Fiqh, karya Imamal-Haramain Al-Juwaini) dengan dewan hakim Ustad. H. Syarifuddin, Lc, Ustad Fathurrahim, dan Ustad Nasruddin Atha, Lc

Dalam pembukaannya Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H. Maslekhan menekankan jadikanlah Musabaqah Qira’atil Kutub sebagai ajang perlombaan yang sehat untuk menumbuhkan minat belajar Qiraatul Kutub, apalagi zaman sekarang ini minat membaca kitab kuning semakin berkurang daripada belajar Bahasa Inggris. Pesantren-Pesantren di Kabupaten Paser diharapkan lebih maju daripada sekolah-sekolah umum yang mencetak generasi yang lebih maju dan berprestasi yang diperhitungkan masyarakat baik di Kabupaten Paser khususnya muapun masyarakat pada umumnya.
Berita Lainnya:
WABUP H. M GUFRON YUSUF MENUTUP MTQ KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA KE-36 DI KEMBANG JANGGUT
478 PESERTA MTQ KE-36 KAB. KUKAR LOLOS VERIFIKASI
MTQ KE-36 KAB. KUKAR DI KEMBANG JANGGUT RESMI DIBUKA BUPATI
Sekda Kota Bontang Tutup MTQ Ke-8 Kecamatan Bontang Barat 2014

Comments