Skip to main content

Kemenag NTB: Pengadilan Agama Dompu Dan Dinas Dukcapil Kab. Dompu

Kemenag NTB: Pengadilan Agama Dompu Dan Dinas Dukcapil Kab. Dompu
Kemenag NTB: Pengadilan Agama Dompu Dan Dinas Dukcapil Kab. Dompu
Kemenag NTB: Pengadilan Agama Dompu Dan Dinas Dukcapil Kab. Dompu http://ntb.kemenag.go.id

Dompu, Inmas_Dalam rangka rencana pelaksanaan pelayanan terpadu itsbat nikah. Pencatatan Nikah, Pencatatan Kelahiran di Kabupaten Dompu, Pengadilan Agama Dompu bersama Kementerian Agama kab. Dompu dan Dinas Dukcapil pada Rabu 5/2/2014, melaksanakan Rapat Koordinasi untuk menyamakan persepsi di Ruang sidang Utama Pengadilan Agama Dompu. Hadir dalam rapat tersbut, wakil Ketua PA Dompu Dra. Hj. Kartini bersama jajarannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Dompu yang diwakili oleh Kasi Bimas Islam M. Alimuddin, S.Ag bersama Kepala KUA Kec Kilo dan Kepala KUA Kec. Hu’u. Hadir juga Kepala Bidang Capil Kab. Dompu Drs. Rafii bersama Kepala Bidang Info Dukcapil kab. Dompu.

Drs. Hj. Kartini dalam sambutan  menyatakan bahwa dalam rangka menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi antara Ditjen Badilag, Ditjen Bimas Islam dan Ditjen Dukcapil yang dilaksanakan di Bogor tanggal 26 November 2013 maka Pengadilan Agama Dompu bekerjasama dengan instansi yang terkait melaksanakan rapat korrdinasi ini untuk menyamakan persepsi antara 3 instansi yang ada dalam Pelayanan terpadu ini. Dan kordinasi ini juga melibatkan Pemerintah Kabupaten Dompu. Selain itu Dra. Hj. Kartini menambahkan bahwa rapat ini diharapkan menghasilkan draft pedoman pelayanan terpadu 3 instansi yang cemerlang dan baik serta dapat dipertanggungjawabkan nantinya baik dalam pemanfaatanya dan sasarannya harus tepat karena Kabupaten Bima dan Dompu dipilih menjadi Pilot Project.

Sementara itu M. Alimuddin, S.Ag selaku Kepala Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Dompu menyatakan bahwa Kementerian Agama sangat antusias menerima kerjasama ini, karena di Kabupaten Dompu masih banyak pasutri (pasangan suami istri) yang masih belum memiliki akte nikah, kegiatan ini akan sangat membantu masyarakat yang tidak mampu di Kabupaten Dompu. Untuk periode pertama ini dalam pelaksanaannya nanti disepakati untuk setiap kecamatan diterima sebanyak 100 pasangan. (ins cancer)

Kemenag NTB: Badan Oceanografi Mataram: Berikan pembekalan secara teori dan Praktek Pada Siswa MAN Selong http://ntb.kemenag.go.id

Tanjung, Inmas— Dalam rangka membekali siswa tentang dunia kelautan, MAN Selong bangun kerjasama dengan Badan Oceanografi Mataram yang terletak di Pemenang Lombok Utara, Selasa 04 Pebruari 2014. Bentuk dari kerjasama tersebut adalah kesiapan Badan Oceanografi Mataram memberikan pembekalan secara teoritis dan praktek kepada siswa MAN Selong khusus untuk jurusan IPA terkait dengan Biota laut  dan ilmu budidaya kelautan.

Hasanussulhi, Kepala MAN Selong mengatakan bahwa latar belakang dari dibangunnya kerjasama ini adalah pertama, bahwa wilayah indoensia adalah wilayah maritim tentunya seluruh insannya harus memahami dan bisa hidup dengan kekayaan lautnya. Kedua bahwa biota laut merupakan materi yang dipelajari juga secara teoritis di jurusan IPA. Agar pemahaman siswa lebih komprehensip tentang kekayaan laut dengan mengajak siswa langsung praktik dan menimba ilmu pada tenaga peneliti di Badan Oceanografi Mataram.

Pada kesempatan tersebut Umarul faruq, selaku waka kesiswaan yang turut serta juga mendampingi siswa mengatakan bahwa banyak sekali ilmu yang bisa diperoleh oleh siswa setelah dibekali oleh peneliti-peneliti Badan Oceanografi yang kebanyakan alumni luar negeri terlebih lagi siswa diajak langsung ke laboraturium praktik oceanografi Mataram, sembari berharap kerjasama ini bisa terus dilanjutkan sehingga siswa nantinya juga punya pilihan lain dalam mempersiapkan kehidupan masa depannya pada bidang budi daya laut.(nw)

Kemenag NTB: Rapat KKM MA & MKKS SMA/MA Di MAN Kandai II Dompu http://ntb.kemenag.go.id

Dompu, Inmas_Dalam rangka pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 97 Tahun 2013 tentang pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional,maka  perlu ditetapkan keputusan Kepala Sekolah tentang Prosedur Opersional Standar (POS) ujian sekolah pada SMA/MA Tahun Pelajaran 2013/2014.

Menindaklanjuti hal tersebut, bertempat MAN Kandai II Dompu pada tanggal, 5 Februari 2014 dilaksanakan Rapat Kelompok Kerja Madrasah (KKM), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) yang dihari oleh Kepala Sekolah SMA dan MA se-Kabupaten Dompu. Hadir juga dalam acara tersebut Kabid Dikmen pada kantor Dikpora Kab. Dompu DR. Nuril Purkan. Dari hasil rapat tersebut dihasilkan SOP tentang susunan dan penetapan Panitia US/UNSMA/MA tahun pelajaran 2013/2014 yang rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 17 Maret 2014 sampai dengan 22 Maret 2014. (ins cancer)

Comments