Skip to main content

Kemenag NTT: MTQ Memperkuat Tri Kerukunan

Kemenag NTT: MTQ Memperkuat Tri Kerukunan
Kemenag NTT: MTQ Memperkuat Tri Kerukunan
Kemenag NTT: MTQ Memperkuat Tri Kerukunan

MIN Kamalaputi (Inmas) —- “Calon qori-qoriah telah melakukan latihan dengan sungguh-sungguh agar kompetisi ini lebih kompetitif untuk mencari bibit terbaik dalam rangka persiapan ke event yang lebih tinggi lagi. MTQ merupakan sebua

Demikian Kepala Kantor Kemenag Sumba Timur, Saturlino Correia, S.Th, ketika memberikan sambutan pada upacara pembukaan MTQ ke 25 tingkat kabupaten Sumba Timur, Jumat ( 28/2/2014 ).

Kakemenag juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada LPTQ Sumba Timur dan panitia penyelnggara yang telah melaksanakan kegiatan MTQ yang juga merupakan bagian dari TUSI. Kementerian Agama. Dikatakan, Kementerian Agama telah memberikan pelayanan

“Dalam kaitan dengan fenomena kerukunan umat beragama, Kabupaten Sumba Timur merupakan kabupaten percontohan diseluruh wilayah NTT. Untuk itu, melalui MTQ dengan pesan moralnya, mari kita tetap pertahankan kerukunan di Bumi Matawai Amahu Padadjarahamu yang tercinta ini. Agar hidup ini lebih aman, tentram, rukun dan damai. Kita kesana kemari dalam rangka mencari nafkah juga tidak ada gangguan apapun,”  ujarnya.

Turut hadir pada acara pembukaan MTQ kali ini adalah Bupati Kabupaten Sumba Timur, para anggota DPRD,  Saleh Husen ( anggota DPR RI ),  Kapolres, Dandim 1601, Kadis Info Kom, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kepala Sub Bagian TU Kemenag, Kepala Badan Kesbanglinmas, imam masjid, pengurus masjid, pimpinan majelis taklim dan undangan lainnya. (AA)
terhadap masyarakat dibidang agama. Baik aspek pendidikan,  Haji, dan kerukunan umat beragama, sosial maupun aspek lain yang ada hubungan dengan masalah keagamaan.
h momentum yang sangat bermartabat hendaknya dilakukan dengan baik agar hasilnya terbaik.Namun yang paling penting semua itu adalah dengan momentum MTQ ini kita jadikan wahana untuk memperkuat tri kerukunan yakni; rukun interen umat beragama, rukun antar umat beragama dan rukun antar umat beragama dengan pemerintah.”

Kemenag NTT: Dewan Hakim Menilai Sesuai Hati Nurani

MIN Kamalaputi (Inmas) -  Dewan hakim MTQ ke – 25 tingkat Kabupaten Sumba Timur dilantik oleh ketua dewan penasihat MUI Sumba Timur H. Muhammad Mudjahid, S.IP, Jum’at, ( 28/2/2014 )  jam 17.30 wita bertempat di Masjid Agung Al-jihad Waingapu.

Dewan hakim yang dilantik adalah; Nur Asiah H.B. Hakim bidang lagu,  Zainab, S.Ag, hakim bidang fashohah, H. Abdullah Kabir, hakim bidang tajwid, H. Ilyas Ismail, hakim bidang suara dan Alfian H. Dahlan  sekretaris dewan hakim.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, ketua panitia MTQ, Abdurahman Ato, Kepala KUA Kec. Lewa, Pgs. Penyelenggara Haji dan Umroh, Ibrahim Hamid, imam/pengurus masjid se – Kota Waingapu  dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan pelantikan  ini, H. Mudjahid mengatakan peristiwa pelantikan pada saat sekarang yang paling penting adalah disaksikan oleh Allah SWT, untuk itu kepada dewan hakim agar menilai secara adil, jujur, objektif dan sportif. Tidak berdasarkan keluarga, suku, tetangga dan hubungan pertemanan lainnya.

“Objek yang dinilai ini adalah qori – qoriah yang sedang melantunkan ayat-ayat Allah, saya berharap dewan hakim menilai sesuai dengan ketentuan berlaku dan dengan hati nurani, jangan sampai membenarkan yang salah atau sebailiknya menyalahkan yang benar,”  harapnya.

Kasi. Bimas. Islam yang berdarah Arab ini memberikan penguatan lagi bahwa moment MTQ tersebut bertujuan untuk memilih qori-qoriah terbaik kemudian menjadi duta Sumba Timur ke event Provinsi di Manggarai Barat nanti, untuk itu kualitas atau tidaknya duta kita nanti sangat tergantung pada proses penilaian dewan hakim.

Diakhir pelantikan, ia mengharapkan agar dewan hakim bekerja tampa pamrih, tidak mengharapkan materi karena semua kegiatan dalam penyelenggaraan MTQ adalah bagian dari Ibadah, jadi  Insya Allah dicatat sebagai nilai ibadah oleh Yang Maha Kuasa. (AA)

Kemenag NTT: RAKOR Siap Digelar

Kupang (Inmas) – Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTT, H. Hasan Manuk, S. Pd, M.Pd melalui Kasubag Informasi dan Humas, Antonius Nggaa Rua, S.Ag (Jumat, 28/02/2014) mengungkapkan bahwa panitia pelaksana kegiatan Rapat Koordinasi Pimpinan Satuan Kerja di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTT telah siap menggelar rakor yang sedianya dilangsungkan pada tanggal 03 s.d 05 Maret 2014 di Swiss Bell – Inn Kristal Hotel Kupang.

Terkait sejauh mana persiapan pelaksanaan rakor, diakuinya, panitia telah melakukan berbagai persiapan secara maksimal walaupun masih terdapat beberapa hal teknis yang membutuhkan koordinasi lebih lanjut terutama menyangkut jadwal dari narasumber pusat.

“ Pada prinsipnya Rakor siap digelar, persiapan sudah mencapai 80 %,” ungkapnya.

Masih menurut Kasubag Informasi dan Humas yang juga menjabat sebagai sekretaris panitia kegiatan Rakor, kegiatan ini melibatkan  115 peserta yang terdiri dari para Kepala Bidang/Pembimbing, para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota Se – Provinsi NTT, para Kepala Madrasah Negeri Se – Provinsi NTT, Para Kasubag Tata Usaha Kemenag Kab./Kota Se – Provinsi NTT, para Kasubag Tata Usaha Madrasah Negeri Se – Provinsi NTT, dan para Kasubag di lingkup Kanwil.

Pria kelahiran Ende yang lihai memainkan tenis meja ini menambahkan, pelaksanaan kegiatan rakor pimpinan satker tahun 2014 merupakan moment untuk memperkuat dan mempertajam pelaksanaan pelayanan pembangunan bidang agama di Provinsi NTT sehingga diharapkan melahirkan program-program kreatif yang berujung pada peningkatan pelayanan terhadap masyarakat beragama di NTT demi tercapainya Visi Masyarakat NTT yang BERNAS (Beriman, Cerdas, Rukun, dan Sejahtera) sekaligus membangun kembali komitmen pribadi aparatur Kementerian Agama Provinsi NTT menuju aparatur yang amanah dan professional.  Jw

Comments