Skip to main content

Kemenag Papua: Tahun Baru Saka Yang Menginspiratif

Kemenag Papua: Tahun Baru Saka Yang Menginspiratif

Nabire, Infomas- Tahun baru saka, merupakan hari yang istimewa bagi umat hindu, baik di Jawa, Bali bahkan sampai Papua yang merupakan pulau terujung timur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di Kabupaten Nabire di laksanakan ritual menjelang Nyepi seperti di daerah-daerah lain, tetapi di Nabire menjelang Hari raya Nyepi tanpa di hadiri Ogoh-ogoh yang identik dengan Hari Raya Nyepi di daerah-daerah lain.

Di tahun 2014, tahun baru saka 1936 yang jatuh pada tanggal 31 Maret dan bertepatan menjelang pesta demokrasi di Indonesia, hal ini sagat bermakna bagi umat hindu terutama di Kabupaten Nabire Provinsi Papua.

Berkaitan dengan sejarah tahun saka. Dahulu di India terdapat banyak suku dan salah satunya suku Saka. Pada jaman itu sering terjadi peperangan antar suku untuk mendapatkan kekuasaan tertinggi. Peperagan saling memperebutkan kekuasaan itu berlangsung lama, sehingga dengan perkembangan jaman, suku saka mulai memutar arah perjuangannya, yang dahulu harus berperang dengan suku yang berkuasa, tetapi suku saka malah melajar ilmu perbintangan dan astronomi untuk kesejahtraan sukunya.
Kemenag Papua: Tahun Baru Saka Yang Menginspiratif
Hal terbukti, bahwasanya suku saka mulai sejahtra, baik dari segi ekonomi, keilmuan dan sosialnya. Sehingga suku-suku yang awalnya terus berperang memperebutkan kekuasaan, kini mereka mengikuti jejak suku saka yang lebih mengutamakan kesejahtraan baik dari segi ekonomi, maupun sosial. Begitu juga perayaan tahun baru saka 2014 yang bertepatan dengan menjelang pemilihan legislatif di semua tingkatan. Maka umat Hindu terutama di himbau untuk bijak dan lebih arif dalam memilih wakil-wakil rakyat yang mengutamakan kesejahtraan rakyat, dan bukan mengutamakan kesejahtraan pribadi. Papar I Wayan Putru Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Nabire.

Wayan menambahkan. “pelaksanaan catur brata penyepian yang harus dilaknasakan antara lain amati geni, amati karya, amati lelungan dan amati lelangunan. Empat hal tersebut tidak semata-mata hanya di laksanakan, melainkan perlu di maknai, yang pertama amati geni, yang arti geni adalah api, maka kalau api dapur di rumah kita masing-masing tidak menyala, otomatis tidak memasak, maka kita di wajibkan berpuasa. Berpuasapun tidak hanya menahan lapar, melainkan menahan kejolak yang ada dalam diri kita”.

Begitu juga dengan amati karya yang tidak boleh bekerja, tidak boleh berpergian agar kita di rumah atau di pura itu lebih konsentrasi untuk intropeksi diri, dan tidak boleh melakukan hiburan yang semata hanya dapat menghibur saat itu saja. Acara berlangsung pada hari senin 31/03 jam 11.00 dengan jumlah anggota 120 orang dari 5 pura yang berada di kabupaten nabire dan kegiatan dipusatkan di pura agung Puja Dewata SP1 selanjutnya kembali ke pura masing-masing, acara berjalan aman tentram dan sejahtera. (Boma/Diantoro/edi). Kemenag Papua: Tahun Baru Saka Yang Menginspiratif

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…