Kemenag Prov Banten : Sinkronisasi Tata Kelola Administrasi Umum

Kemenag Prov Banten : Sinkronisasi Tata Kelola Administrasi Umum
Pandeglang (Inmas Banten) — Sub Bagian Umum Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten adakan kegiatan “Sinkronisasi Tata Kelola Administrasi Umum Pada Instansi Vertikal di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten” dengan mengusung tema “Kita Tingkatkan Efektifitas, Efesiensi dan Profesionalitas Kerja Menuju Pelayanan Prima (Excellent Service), Kamis (10/4).

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 10 sampai dengan 12 April 2014 bertempat di Hotel & Restaurant ‘S’ Rizki Pandeglang, dengan peserta sebanyak 80 orang yang terdiri dari utusan Kanwil sebanyak 3 orang, utusan Kankemenag Kab./Kota sebanyak 8 orang, dan utusan MAN, MTsN & MIN sebanyak 69 orang.

Kemenag Prov Banten : Sinkronisasi Tata Kelola Administrasi Umum
 
Dalam laporannya Ketua Panitia Budi Mulyadi Ambun mengatakan bahwa pelaksanaan tugas umum pemerintah dan pembangunan menjadi semakin luas dan komplek, di samping itu pula, tuntutan masyarakat baik internal maupun eksternal untuk mendapatkan kepuasan dan kualitas pelayanan juga semakin meningkat dan terbuka seiring dengan perkembangan nilai-nilai demokrasi dan keterbukaan. Tuntutan ini harus disikapi dan ditanggapi secara positif oleh jajaran PNS yang berkedudukan sebagai salah satu unsur aparatur negara yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara adil dan merata. Salah satu yang menjadi titik perhatian Kanwil Kementerian Agama Prov. Banten adalah meningkatkan kompetensi para pegawainya yang menjalankan tugas administrasi dan pelayanan di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Prov. Banten. Para pegawai seyogyanya mempunyai kemampuan dan pemahaman teknis yang memadai tentang tata kelola administrasi umum yang mencakup antara lain Administrasi Tata Persuratan Dinas, Kearsipan, Perlengkapan & Pemeliharaan, Kerumah Tanggaan, Keprotokoleran dan Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN).

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan menyamakan persepsi diantara pegawai di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Prov. Banten tentang tata kelola administrasi umum dan meningkatnya kemampuan teknis untuk menunjang tugas pelayanan, sehingga nantinya tersedia para aparatur pemerintah yang mampu melaksanakan tugas pelayanan dan teknis administrasi perkantoran di instansi vertikal secara profesional khususnya di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Prov. Banten, ujar Budi.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten Drs. H. Iding Mujtahidin, M.Pd. Dalam arahannya beliau mengatakan berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2012 tentang Tata Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama berada di Bagian Tata Usaha khususnya di Subbag Umum yang bertugas melakukan urusan ketatausahaan, rumah tangga, perlengkapan, dan pemeliharaan serta pengelolaan barang milik / kekayaan negara. Tugas urusan ketatausahaan mencakup keprotokolan, tata persuratan dan kearsipan, tugas ini tidaklah mudah sehingga banyak masalah yang dihadapi diantaranya yaitu kurangnya tenaga arsiparis pada masing-masing satker, kurangnya kemampuan pegawai terutama yang berkaitan dengan aplikasi, masih menggunakan sistem manual dalam penginputan surat masuk dan surat keluar, peralatan perkantoran belum sepenuhnya menunjang pekerjaan, walaupun demikian masalah tersebut dapat diatasi dengan Kerja Keras, Kerja Tuntas, Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas Pegawai Kementerian Agama, tegasnya. (Anti/Inmas Banten) Kemenag Prov Banten : Sinkronisasi Tata Kelola Administrasi Umum

Comments