Skip to main content

Kementerian Agama RI: Aparatur Kemenag Harus Pahami Kebijakan Kehumasan

Kementerian Agama RI: Aparatur Kemenag Harus Pahami Kebijakan Kehumasan

Jakarta (Pinmas) – Kepala Pusat Informasi dan Humas (Kapinmas) Kementerian Agama Zubaidi mengimbau aparatur Kemenag memahami arah kebijakan informasi dan kehumasan dengan baik. Untuk itu diperlukan sikap dan kinerja pegawai yang benar serta efektif dalam menjalankan tugasnya sehingga terbangun citra positif Kemenag.

“Membangun citra tidak sama dengan tebar pesona,” kata Zubaidi saat memberi paparan pada Rakor Kehumasan Kanwil Kementerian Agama prov DKI Jakarta, Senin Malam (14/4/2014).

Selain itu lanjut dia,  citra juga akan terbangun dengan baik manakala tata kelola kepemerintahan bisa dilakukan secara transparan dan akuntabel.

“Sekarang semua harus terbuka, tidak ada lagi yang ditutup-tutupi,” ujarnya.
Kementerian Agama RI: Aparatur Kemenag Harus Pahami Kebijakan Kehumasan
Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah komunikasi, sosialisasi, publikasi, dan bahkan promosi. “Jika kinerja sudah baik, efektif, transparan, dan akuntable,  tahapan selanjutnya adalah mengkomunikasikan, mensosialisasikan, mempublikasikan dan yang terakhir mempromosikannya,” jelas Zubaidi.

Memang dalam agama menurut Zubaidi diajarkan agar dalam berbuat baik kita harus ikhlas. Tapi kondisi saat ini berbuat baik saja tidak cukup, dan karenanya harus ditambah dengan menginformasikan perbuatan baik itu kepada masyarakat.

Zubaidi mengimbau aparatur Kemenag agar menguasai informasi dengan baik, karena jika tidak menguasai informasi tidak bisa mengolah data dengan baik. Data mendata tidak bisa dengan instan tapi butuh investasi atau penanaman dengan baik.

 “Urusan informasi atau data kalau kita tidak pernah menanam maka kita tidak pernah menuai.” ujar Kapinmas

Untuk itu lanjutnya, aparat harus memahami dan memanfaatkan media secara baik, sehingga bisa menjadi media darling. Dalam memanfaatkan media hendaknya tidak hanya media massa secara umum, tapi bisa saja memanfaatkan media sosial dan media sendiri.

“Website jangan hanya dibuat, tapi digunakan. Majalah pastikan tetap terbit lalu dibagikan ke masyarakat,” kata Zubaidi.

Kegiatan yang berlangsung 14-15 April 2014 diikuti 160 peserta pejabat Kanwil DKI, kepala KUA dan kepala madrasah dibuka oleh pgs Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab.

Saiful Mujab dalam kesempatan itu mengingatkan aparaturnya agar perlu menyamakan persepsi sehingga terwujud tata kelola pemerintahan yang baik dan berwibawa. Untuk itu, secara internal harus saling ada kesatuan, dan secara eksternal masyarakat bisa mengakses informasi.

“Kalau dulu hanya 10 % yang terbuka, sekarang bisa diakses oleh siapa pun,” ujarnya. (ks/dm/dm). Kementerian Agama RI: Aparatur Kemenag Harus Pahami Kebijakan Kehumasan

Comments

Terpopuler

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih

Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama) versi Hitam Putih



Logo Favicon Kemenag - Kementerian Agama
Logo Vector Kementerian Agama - Departemen AgamaLogo Vector / Vektor Kementerian Agama RI - Departemen Agama untuk download versi CDR klik tautan berikut : http://stoklogo.blogspot.com/2013/02/logo-vektor-departemen-agama-cdr.html


Logo Kemenag - Kementerian Agama - Depag - Departemen Agama - versi Hitam Putih (BW)





Logo Kemenag (Kementerian Agama) Depag (Departemen Agama)




Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK)

Kemenag Kab. Karimun - Ada 2 TOR (TERM OF REFERENCE) yang harus dipahami dan dikerjakan, yakni TOR untuk usulan anggaran dibuat untuk pengajuan rencana kerja dan anggaran (sebelum dipa di setujui/ disyahkan) dan TOR acuan pelaksanaan dibuat setelah dipa disyahkan/ di setujui sebelum pekerjaan dilaksanakan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Joko Riswanto, ST saat menyampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada kegiatan Penyusunan Program dan Rencana Kerja Anggaran Kemenag Kab. Karimun 18 Juni 2014 lalu di Hotel Aston.
Dihadapan 27 peserta yang terdiri Kepala Seksi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kabupaten Karimun,Ka. KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri, Joko Riswanto, ST menjelaskan secara rinci tentang Tata Cara Pembuatan Term of Reference (TOR) / Kerangka Acuan Kerja (KAK).
"Pengertian Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan m…

Lirik Lagu Mars MTQ mp3

Lirik Mars MTQMars MTQ mp3Lagu Mars MTQ

TEKS MARS MTQ (Ciptaan : Agus Sunaryo)

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI ( ILAHI )
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN AGUNG
WAHYU KALAM TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI DASAR INDONESIA
PUJAAN BANGSAKU
GEMAH RIPAH TANAH AIR KITA
AMAN DUNIA SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
NUSANTARA JAYA

GEMA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN
PANCARAN ILAHI (ILAHI)
CINTA PADA ALLAH NABI DAN NEGARA
WAJIB BAGI KITA
LIMPAH RUAH BUMI INDONESIA
ADIL MAKMUR SENTOSA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBUN GHAFUR
PASTI TERLAKSANA.

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN JAYA
FIRMAN SUCI TUHAN (TUHAN)
PANCASILA SAKTI BAGI KITA SEMUA
INDONESIA JAYA
LIMPAH RUAH ALAM KAYA RAYA
BAHAGIA SEMUA
BALDATUN TAYYIBATUN WARRABBBUN GHAFUR
CITA-CITA KITA, CITA …- CITA …….. KITA.

Penelusuran yang terkait dengan mars mtq Youtube Mars MTQ download mp3 gratis ma…