Skip to main content

JCH Kabupaten Karimun 2014 Praktek Manasik Haji

Kemenag Kab. Karimun - Setelah mengikuti pendalaman tentang manasik haji, sabtu (21/6/2014), pada hari minggu (22/6/2014) 128 Calon Jama’ah Haji (CJH) dari Kab. Karimun tahun 2014 melaksanakan langsung praktek bimbingan manasik haji yang dilaksanakan di halaman Masjid Agung Kabupaten Karimun.

Dibimbing langsung oleh Drs. H. Jamzuri selaku Plh. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun dan disampingi Drs. H. Samsudin selaku Kepala Seksi Penyelenggara Haji & Umrah serta dibantu oleh dua orang  staf penyelenggara Haji dan Umrah H. Supriadi, S.Hi  dan Naghfirni, S.Ag praktek manasik haji di mulai dengan tata cara pemakaian dan pemasangan dua helai kain ihram yang berwarna putih dan selanjutnya langsung melakukan pekerjaan tawaf  diteruskan pelaksanaan berlari antara safa dan marwah kemudian melempar jumrah, tahalul dan penjelasan tentang mabit di mina serta melakukan langsung tawaf ifadah.

Calon jama’ah haji yang mengikuti praktek manasik haji tersebut dibagi menjadi 4 regu, guna mempermudah dan mengkoordinir para jama’ah agar dapat mempelajari langsung manasik yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

"Praktek ini diupayakan bagi para Calon Jamaah Haji agar menjadi jamaah haji yang mandiri, artinya jamaah dapat melaksanakan ibadahnya nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan ilmu yang diperolehnya disaat mengikuti manasik tanpa menggantungkan kepada orang lain dalam hal ini para KARU, KAROM, Ketua Kloter, dan lain-lainnya, sehingga memperoleh predikat jamaah haji yang mabrur." jelas Drs. H. Samsudin saat ditemui di ruang kerjanya.

Lebih lanjut, Drs. H. Samsudin menjelaskan bahwa nanti akan dilaksanakan lagi praktek manasik Haji dalam bentuk Gladi Posko bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun. "Sama seperti pada tahun sebelumnya, pada tahun ini, Insya Allah akan dilaksanakan kembali Gladi Posko Manasik Haji bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Karimun." tutup H. Samsudin.

Berikut Galeri Foto Praktek Manasik Haji JCH Kabupaten Karimun Tahun 2014 di Masjid Agung Kabupaten Karimun (22/6/2014)




























Comments