JCH Kabupaten Karimun Dihimbau Segera Lunasi BPIH 2014

Kasi Pendaftaran, Dokumen dan Sistem Informasi Haji, Kanwil Kemenag Provinsi Kepri H. Syahbudi, S.Kom
Kemenag Kab. Karimun - Seluruh calon jamaah haji (Calhaj) Kabupaten Karimun yang telah mendapatkan kuota untuk bisa berangkat pada musim haji tahun ini, diminta segera melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) paling lambat hingga 09 Juli 2014. Hal ini disampaikan oleh H. Syahbudi, S.Kom, Kasi Pendaftaran, Dokumen dan Sistem Informasi Haji Kementerian Agama Provinsi Kepri, Sabtu, (21/6/2014) lalu di hadapan JCH yang sedang mengikuti Pendalaman Manasik Haji di Masjid Agung Karimun.

“Khusus kepada calhaj yang mendapat jatah berangkat tahun ini, kami minta agar segera dilunasi BPIH melalui Bank Penerima Setoran (BPS) haji,” kata H. Syahbudi, S.Kom.

H. Syahbudi, S.Kom. juga menambahkan, bagi calhaj yang telah melunasi BPIH agar selambat-lambat 4 hari kerja setelah pelunasan, segera mendaftar ulang ke Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota sesuai tempat tinggal dengan membawa bukti setoran pelunasan dari bank.

Terkait isu yang mengatakan bahwa ada pihak-pihak yang bisa mempercepat daftar tunggu keberangkatan haji, H. Syahbudi membantah hal tersebut “Kemenag Kanwil Provinsi Kepri tidak bisa mengurus percepatan keberangkatan haji seseorang, tanpa harus menunggu antre. Keberangkatan haji seseorang bergantung pada nomor porsi yang dimiliki pada saat mendaftar,” ujarnya. "Jadi, tidak benar jika Kementerian Agama dapat mengurus percepatan naik haji seseorang. Itu cuma isu. Masyarakat khususnya calhaj, dimohon untuk tidak mudah terpengaruh dengan iming-iming dari orang atau pihak-pihak tertentu yang dapat mengurus percepatan keberangkatan naik haji,” kata H. Syahbudi.

Dari 128 orang calhaj Kabupaten Karimun yang berhak berangkat tahun ini, yang telah melunasi BPIH sampai Juma'at (27/6) berjumlah 87 orang, sementara 41 orang lagi belum melunasinya. Namun Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kab. Karimun Drs. H. Samsudin menjelaskan kemungkinan jamaah telah melunasinya di bank, hanya saja belum menyampaikan bukti setoran pelunasan dari bank di Kantor Kemenag Kab. Karimun.

Comments