Skip to main content

Teknik Pengumpulan dan Analisa Data

Alfian, SE. M.Ak. AK menyampaikan materi Teknik Pengumpulan dan Analisa Data (12/6/2014) di Hotel Aston Karimun
Kemenag Kab. Karimun - Data adalah keterangan-keterangan tentang suatu hal, dapat berupa sesuatu yang diketahui atau yang dianggap atau anggapan, atau suatu fakta yang digambarkan lewat angka, simbol, kode dan lain-lain. Data yang akurat harus : Tepat waktu, Relevan dengan kebutuhan, Dapat dipercaya kebenarannya, dan harus sesuai dengan kenyataan/objektive. Demikian penjelasan Alfian, SE. M.Ak. AK memulai materi Teknik Pengumpulan dan Analisa Data pada acara Update Data Perencanaan di Hotel Aston Tg. Balai Karimun (12/6) yang diadakan oleh Kemenag Kabupaten Karimun.

"Pengumpulan Data adalah pencatatan peristiwa-peristiwa atau hal-hal atau keterangan-keterangan atau karakteristik-karakteristik sebagian atau keseluruhan elemen populasi yang akan menunjang atau mendukung penelitian. Dan pengumpulan data ini bisa didapat melalui cara: Angket (Kuesioner), Wawancara, Observasi
Studi Dokumentasi, dan Teknik Analisis Isi," jelas Alfian yang menjabat sebagai Kasubbag Perencanaan dan Keuangan di Kanwil Kemenag Provinsi Kepri.

Dalam pemaparannya Alfian juga menyampaikan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing teknik pengumpulan data diatas , "jadi masing-masing teknik pengumpulan data tersebut tetap mempunyai kelebihan dan kekurangan baik melalui teknik Angket (Kuesioner), Wawancara, Observasi ,Studi Dokumentasi, maupun Teknik Analisis Isi."

Selanjutnya Alfian menjelaskan tentang langkah-langkah dalam Analisis Data Kuantitatif, yakni dengan cara  Data Coding, Data Entering, Data Cleaning, Data Output dan Data Analyzing.

Antusias peserta yang mengikuti materi ini sangat terlihat dengan banyaknya yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Kegiatan yang diikuti 25 peserta dari Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah ini berlangsung selama dua hari yakni dari tanggal 12 dan 13 Juni 2014, bertempat di Hotel Aston Tg. Balai Karimun.

Comments