Skip to main content

Urgensi Update Data Perencanaan

Kasubbag TU Kemenag Kab. Karimun Drs. H. Jamzuri saat menyampaikan materi Urgensi Update Data  (12/6/2014)
Kemenag Kab. Karimun - Urgensi update data dalam perencanaan tidak dapat dipungkiri, karena tanpa data yang diupdate, perencanaan tentu disusun dengan basis data yang sudah kadaluarsa. Demikian yang disampaikan oleh Drs. H. Jamzuri saat menyampaikan materi tentang Urgensi Update Data Perencanaan pada kegiatan Update Data Perencanaan Kemenag Kabupaten Karimun Tahun 2014 di Hotel Aston Tg. Balai Karimun (12/6/2014) lalu. 
"Perencanaan yang baik memberikan kontribusi 50% dalam pencapaian tujuan suatu organisasi. Untuk mencapai perencanaan pembangunan yang baik, sangat diperlukan adanya dukungan data dan informasi yang lengkap, valid, dan senantiasa di update mengikuti perubahan kondisi yang terjadi." ungkap H. Jamzuri memulai materi.
Urgensi Data dalam Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Perencanaan menurut Drs. H. Jamzuri setidaknya memiliki 4 fungsi, yakni pertamaDengan data yang baik akan dapat diproyeksikan kondisi yang dicita-citakan. Kedua: Dapat ditetapkan target-target kinerja sebagai patokan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan periodesasinya. Ketiga: Sangat membantu dalam pemberian nilai bagi prestasi yang telah dicapai dan Keempat: Semakin memperbesar tingkat akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan pemerintahan.
"Penggunaan data dan informasi paling jelas terlihat dalam penetapan indikator-indikator, seperti indikator pencapaian kinerja pembangunan. Indikator yang ada kemudian dijadikan capaian target yang bisa diukur. Sehingga, saat pembangunan sedang dan selesai dilaksanakan dapat dilakukan monitoring dan evaluasi dengan pengukuran yang jelas." tambahnya.
Sementara itu, pemanfaatan data menurut penjelasan Drs. H. Jamzuri ada 6 yakni:
  1. Memudahkan perencana dalam menyusun program dan kegiatan
  2. Efisiensi waktu
  3. Memudahkan pelaksanaan program dan kegiatan
  4. Meningkatkan akuntabilitas
  5. Sasaran jelas dan tercapai
  6. Meningkatkan kualitas perencanaan
Sebagai penutup Drs. H. Jamzuri menyampaikan bahwa Pembangunan adalah proses perubahan ke arah kondisi yang lebih baik melalui upaya yang dilakukan secara terencana. Proses Perencanaan yang baik dan komprehensif merupakan titik penting  untuk berhasilnya pembangunan. Untuk dapat menghasilkan Perencanaan yang ideal tersebut maka setiap  proses harus senantiasa dilakukan dengan basis data dan informasi yang valid dan terukur dan selalu diupdate.
 

Comments