Skip to main content

Drs. H. Afrizal: Pendidikan Moral Yang Paling Efektif Bersumber Dari Agama

Drs. H. Afrizal: Pendidikan Moral Yang Paling Efektif Bersumber Dari Agama (28/8/2014)

Kemenag Kab. Karimun - Peran Pendidikan Agama  adalah mendorong  peserta  didik  untuk    taat menjalankan ajaran Agamanya dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikan Agama sebagai landasan   Etika dan Moral dalam kehidupan pribadi, keluarga bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Karena itu pendidikan moral dan etika yang terbaik itu bersumber dari ajaran agama," ungkap Drs. H. Afrizal saat menyampaikan materi Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Siswa dihadapan siswa-siswi agama Buddha, kamis (28/8/2014) di Hotel Aston Karimun.

Lebih lanjut, H. Afrizal menyampaikan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang:  1) yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2) berakhlak mulia, 3) sehat, 4) berilmu, 5)cakap, 6) kreatif, 7) mandiri, dan 8) menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

"Pendidikan Agama berfungsi membentuk Manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan Kerukunan Hubungan Intern dan antar umat beragama. Karena itu pendidikan moral adalah tanggungjawab bersama antara pemerintah, tokoh agama,  masyarakat, sekolah dan orangtua."


Comments