Skip to main content

Drs. H. Afrizal: Pengelolaan OSIS di Madrasah Harus Berkualitas

http://kemenagkarimun.blogspot.com/
Drs. H. Afrizal: Pengelolaan OSIS di Madrasah Harus Berkualitas
Kemenag Kab. Karimun - OSIS di Madrasah harus  dapat mewujudkan peranannya sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan. Untuk itu OSIS di Madrsah perlu memahami apa sebenarnya arti, peran dan manfaat yang diperoleh melalui OSIS tersebut. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ka. Kankemenag Kab. Karimun Drs. H. Afrizal saat menyampaikan materi Pembinaan Manajemen OSIS di Madrasah, selasa (18/7/2014) lau di Hotel Maximilian.

Lebih lanjut H. Afrizal menyampaikan bahwa sebagai salah satu jalur pembinaan kesi
swaan, peranan OSIS di Madrasah adalah:
  1. Sebagai Wadah Organisasi Siswa Intra Sekolah, OSIS di Madrasah merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di Madrasah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya tujuan pembinaan kesiswaan. 
  2. Sebagai Penggerak / Motivator. OSIS diminta tampil sebagai penggerak dan OSIS di Madrsah diminta mampu memainkan fungsi intelektual, yaitu mampu meningkatkan keberadaan OSIS baik secara internal maupun eksternal. 
  3. Peranan yang bersifat preventif. OSIS harus mampu pula mengadaptasi dengan lingkungan,seperti : menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya.
"Pengelolaan OSIS yang berkualitas dimulai dari Peningkatan kapasitas pengurus OSIS, dan peningkatan kapasitas pengurus OSIS ini tentu harus dimulai pula dari Peningkatan kapasitas individu-individu pengurusnya, dan setiap individu-individu pengurus ini memerlukan pelatihan kepemimpinan baik berupa pengetahuan maupun ketrampilan. Kegiatan yang kita laksanakan hari ini merupakan salah satu upaya Kementerian Agama Kabupaten Karimun dalam memberikan pembinaan berupa pengetahuan dan keterampilan dalam hal kepemimpinan bagi pengurus OSIS." jelas H. Afrizal

Comments