Tips Bagi Petugas Karu dan Karom Dalam Melayani Jamaah Haji

Sudarman (Kiri) Salah Satu Ketua Rombongan JCH Kabupaten Karimun Tahun 2014 / 1435 H
Kabupaten Karimun - Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Drs. H. Samsudin memberikan beberapa tips agar para petugas Karu dan Karom Kabupaten Karimun yang akan memberikan pelayanan kepada jemaah calon haji pada tahun 2014 M/ 1435 H ini, sehingga mereka dapat tetap  memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah haji.

Hal itu diungkapkan H. Samsudin dalam  menyampaikan materi pada acara Pemantapan Ketua Regu dan Ketua Rombongan Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun Tahun 2014 M / 1435 H bertempat di Aula an-Namirah Masjid Agung Kabupaten Karimun, jumat (15/8) pagi.

Berikut tips bagi Petugas Karu dan Karom dalam melayani Jamaah Calon Haji menurut H. Samsudin:

  1. Mendengarkan keluhan, keinginan dan harapan calon haji
  2. Ajukan pertanyaan untuk menunjukkan perhatian kepada jamaah calon haji
  3. Panggil namanya dengan benar pada waktu berbicara dengan calon haji
  4. Nyatakan terima kasih atas kerja sama mereka
  5. Berikan perhatian kepada setiap orang dalam kelompok yang dilayani
  6. Lindungi calon haji karena kelemahannya
  7. Ubah keluhan kepada jamaah calon haji menjadi senyuman 
Selain itu H. Samsudin juga menyampaikan prinsip-prinsip yang harus dipegang oleh setiap Karu dan Karom, yakni:
  1. Bekerja berasaskan prinsip kejujuran dan keadilan yang mengutamakan akhlakul karimah;
  2. Memiliki motivasi tinggi untuk menyukseskan program penyelenggaraan Haji;
  3. Melayani jamaah haji sepenuh hati secara profesional dalam regu dan rombongan;
  4. Tidak  melakukan provokasi selama menjalankan tugas;
  5. Mentaati kebijakan pemerintah dan tugas ketua kloter dan tidak mengikuti perintah dan atau pengaruh kelompok-kelompok tertentu.

Comments