Skip to main content

Ka. Kankemenag Hadiri Pembukaan Perkemahan Pemuda dan Remaja Lintas Agama se-Kabupaten Karimun


Bupati Karimun H. Nurdin Basirun memberi sambutan pada acara Pembukaan Perkemahan Pemuda dan Remaja Lintas Agama se-Kabupaten Karimun ((31/10/2014) di GOR Badang Perkasa.

Karimun – Masih dalam rangka menyemarakkan perayaan HUT Kabupaten Karimun Ke-15 Tahun 2014. Jumat (31/10/2014) digelar kegiatan Perkemahan Pemuda dan Remaja Lintas Agama se-Kabupaten Karimun.

Dengan mengangkat tema “Merajut Persaudaraan Membingkai Perdamaian, Maju Dalam Kebersamaan” kegiatan ini dilaksanakaan dari tanggal 31 Oktober hingga 02 November 2014 di GOR Badang Perkasa.

Kegiatan Perkemahan Pemuda dan Remaja Lintas Agama Se-Kabupaten Karimun ini dibuka langsung oleh Bupati Karimun dan diisi dengan berbagai kegiatan seperti Donor Darah, Out Bond, Bakhti Sosial Rumah Ibadah, Game Kebersamaan dan atraksi kesenian dari pemuda dan remaja lintas agama yang ada di Kabupaten Karimun seperti marching Band, Silat dan atraksi Barongsai.

Turut hadir dalam acara pembukaan Sekda Kabupaten Karimun, Danlanal Karimun, Kapolres Karimun, Kodim Karimun, Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun. 

Bupati Karimun dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini bisa menjalin silaturahmi antar pemuda, mudah-mudahan generasi pemuda Karimun dapat  mempertahankan dan melanjutkan pembangunan di Karimun. 

“Walaupun kita berbeda agama, ada Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu dan Konghucu. Kita harus tetap satu seperti semboyan negara kita Bhinneka Tunggal Ika yang artinya walau berbeda-beda tetapi tetap satu.”

Drs. M. Yatim selaku ketua panitia menyampaikan bahwa jumlah peserta dalam kegiatan sebanyak 150 orang yang merupakan utusan dari masing-masing agama. “Adapun harapan dari kegiatan Perkemahan Pemuda dan Remaja Lintas Agama Se-Kabupaten Karimun ini pertama agar terciptanya suasana yang damai di Kabupaten Karimun, kedua meningkatnya toleransi umat beragama di Karimun dan bisa meminimalisir konflik antar agama di Kabupaten Karimun.”

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal, saat ditemui usai mengikuti pembukaan Perkemahan Pemuda dan Remaja Lintas Agama Se-Kabupaten Karimun , Jumat (31/10/2014) menyambut positif kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut. “Kegiatan seperti ini sangat bagus karena bisa meningkatkan keakraban dan solidaritas antar umat beragama khususnya pada generasi mudanya, serta bisa meningkatkan komunikasi dan memahami perbedaan, menjalin kebersamaan dan keakraban sehingga menimbulkan toleransi.”

Comments