Skip to main content

Daftar Tunggu Calon Jamaah Haji di Kabupaten Karimun Hingga 2028


Gambar: JCH Kabupaten Karimun Tahun 1435 H/2014 M  saat melaksanakan Manasik Haji di Masjid Agung Karimun


Kabupaten Karimun - Minat masyarakat di Kabupaten Karimun untuk menunaikan ibadah haji, terus meningkat. Hal itu terlihat dari panjangnya antrian daftar tunggu haji yang kini mencapai hingga tahun 2028.

Kepala seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karimun, Drs. H. Samsudin menjelaskan, hingga akhir Januari 2015, jumlah calon jamaah haji yang masuk dalam daftar tunggu di Kabupaten Karimun sampai tahun 2028 mencapai 1.660 orang.

“Mereka berasal dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun, kalau dihitung dari tahun ini sampai 2028 sekitar tiga belas tahun daftar tunggunya,’’ kata H. Samsudin saat ditemui di ruang kerjanya hari ini, rabu (4/2). 

“Sementara JCH Kabupaten Karimun yang berangkat setiap tahunnya rata-rata atau lebih kurang 100 orang setiap tahun.” tambahnya.

H. Samsudin mengungkapkan, panjangnya daftar tunggu calon jamaah haji itu menunjukkan semakin tingginya kesadaran umat Islam di Kabupaten Kabupaten untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima. Selain itu, ini juga menjadi indikator tingkat ekonomi masyarakat Kabupaten Karimun terus meningkat dan bertambah sejahtera.

Pada tahun ini (1435 H/2015M) daftar sementara jamaah calon haji yang masuk porsi berangkat berjumlah 99 orang. 

“Untuk pelaksanaan manasik hajinya akan mulai dilaksanakan pada bulan maret dan april 2015 di tingkat kecamatan. Sedangkan untuk tingkat Kabupaten akan dimulai bulan maret sampai dengan agustus 2015.” tandasnya.

Comments