Skip to main content

Bakor Pakem Provinsi Kepri Kunjungi Kemenag Karimun

Kunjungan Bakor Pakem Provinsi Kepri di Kantor Kemenag Karimun, Kamis (26/3)
Karimun - Kemarin, Kamis (26/3) Kementerian Agama Kabupaten Karimun kedatangan tamu dari Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakor Pakem) Provinsi Kepri sebanayk 3 orang. Kedatangan Bakor Pakem Provinsi Kepri ini untuk berkoordinasi dan mengumpulkan berbagai informasi terkait dengan Aliran Kepercayaan yang ada di Kabupaten Karimun. 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut selain Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Afrizal dan Kasubbag TU Drs. H. Jamzuri, hadir perwakilan dari MUI Kabupaten Karimun Drs. H. M. Rasyid Nur, MM , Sekretaris FKUB Kabupaten Karimun Endang Sry Wahyu, S.Ag yang juga Penyelenggara Syariah. dan Kasi Bimas Islam Drs.  Kholif Ihda Rifa'i. Kasi Pendis Drs. Riadul Afkar dan Kasi Penyelenggaraan Haji Drs. H. Samsudin.


Ka. Kankemenag Karimun Drs. H. Afrizal, mengatakan bahwa di Kabupaten Karimun memiliki keberagaman etnis, budaya dan agama namun tingkat toleransi dan kerukunan umat beragama di Karimun sangat baik. Meski begitu, ia berharap agar Bakor Pakem Provinsi Kepri maupun Bakor Pakem Kabupaten Karimun dapat terus mengawasi aliran kepercayaan yang ada di Kabupaten Karimun agar tidak menimbulkan keresahan bagi masyarakat.

Sementara itu, perwakilan dari Bakor Pakem Provinsi Kepri menyampaikan bahwa kedatangan mereka selain untuk bersilaturrahmi, berkoordinasi juga untuk mengumpulkan informasi terkait dengan aliran kepercayaan yang ada di Kabupaten Karimun. Mereka meminta jika ada laporan dari masyarakat ke MUI hendaknya laporan itu di bahsa dulu bersama Kemenag Kabupaten, Pemda, Ormas Islam, FKUB dan hasilnya disampaikan ke Bakor Pakem tingkat Kabupaten. Selanjutnya Bakor Pakem tingkat Kaupaten akan membahasnya dan menyampaikannya ke Bakor Pakem tingkat Provinsi.

Untuk diketahui bahwa keberadaan Bakor Pakem guna mengantisipasi aliran kepercayaan dalam masyarakat agar tidak mengarah pada pembentukan agama baru dan mencegah penyalahgunaan atau penodaan agama. Selain itu Bakor Pakem juga bertugas melakukan pembinaan agar pelaksanaan aliran kepercayaan masyarakat benar-benar sesuai dengan dasar Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

Comments